Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi – Jurusan Astronomi merupakan salah satu jurusan dalam Fakultas MIPA yang mungkin jarang diketahui oleh para calon mahasiswa. Namun siapa sangka, Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki jurusan ini. Yup! jurusan ini cuma terdapat di ITB saja.

sumber: itb.ac.id
sumber: itb.ac.id

 

Apa sih Astronomi itu?

Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit. Astronomi beda dengan astrologi ya, jadi nanti ga jadi peramal, tapi jadi orang pintar (maksudnya pinter di pelajaran astronomi). Kayak ekonomi dan ekologi kan juga beda jauh, kurang lebih perumpamaannya begitu.

 

Apa yang dipelajari di Jurusan Astronomi?

Program Studi Astronomi menerapkan pengetahuan fisika pada objek di langit dan juga mempelajari struktur, sifat fisik serta evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi guna menumbuhkan kesadaran luasnya jagat raya. Jurusan Astronomi sendiri dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu Tata Surya, Fisika Bintang serta Galaksi dan Kosmologi.

 

Apa saja yang ada di Jurusan Astronomi ITB?

Gak usah diragukan lagi, program studi ini memiliki fasilitas-fasilitas terkini, contohnya perpustakaan yang berlangganan buku maupun jurnal astronomi dan astrofisika terbaru dan mutakhir. Terus, pastinya udah pernah denger Bosscha kan? Nah Bosscha ini merupakan salah satu fasilitas milik Astronomi ITB. Penelitian observasi disini sendiri punya banyak alat-alat canggih meliputi berbagai jenis teleskop, peralatan tambahan kamera CCD, spektograf dan fotometer.

Program Studi Astronomi ITB saat ini memiliki 17 staf pengajar yang terdiri dari: 7 doktor, 4 Doctor of Science, 1 Ph.D dan 5 Master of Science.

 

Gimana sih kuliah di Jurusan Astronomi?

Perkuliahan Astronomi gak hanya dilakukan melalui pembelajaran di kelas. Jadi buat kamu yang cepet bosen belajar di kelas gak usah khawatir! Karena ada juga kegiatan praktikum di laboratorium yang mencakup perolehan data seperti kegiatan pengamatan, pemrosesan data, dan pekerjaan komputasional untuk keperluan analisa dan statistika. Selain itu, pastinya pengamatan di Bosscha bikin kegiatan perkuliahan makin seru karena bisa sekalian liburan di Lembang

 

Gimana caranya kuliah di Astronomi ITB?

Astronomi di ITB masuk FMIPA (fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam) jadi nanti pas SNMPTN/SBMPTN pilih FMIPA ITB. Setelah itu, kuliah secara umum selama setahun, kemudian ada kuisioner untuk penentuan jurusan. Pilih astronomi jika kamu pengen ke astronomi.

 

Prospek kerja lulusan jurusan astronomi

Pertama, jangan berpikiran kalo lulus jurusan astronomi jadi astronot ya, dan berpikiran jalan-jalan ke planet Mars, hang out ke galaxy andromeda, atau memakai cincin saturnus. Sarjana Astronomi bisa bekerja sebagai astronom, tenaga peneliti dan pengembangan, pendidik, tenaga di industri jasa dan manufaktur yang berhubungan dengan teknologi informasi, tenaga jurnalistik dan wirausaha. Banyak lulusan Astronomi ITB yang bekerja di berbagai perusahaan asing dan mulitnasional seperti LAPAN, BPPT, PTDI dan lainnya.
Namun, gambaran umum di atas tidaklah membatasi lulusan baik sains maupun teknik hendak menggeluti profesi apa setelah lulus.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Anonymous 1412

    dari 1-100%, berapa persen tingkat kesusahan buat masuk jurusan ini? saingannya banyak atau malah pada kurang berminat? makasihh

  • Anonymous

    apakah ilmu ini mencakup semua yang menyangkut dunia luar (planet, luar angkasa dll) juga?

    • Ari Candra Arista

      tentu saja, nanti di astronomi akan dibahas secara mendalam tentang alam semesta. Menghitung posisi bintang, gerak galaxi, blackhole, dll