Jurusan Desain Produk

desain-produk

Jurusan Desain Produk – Kali ini akan membahas jurusan desain produk. Bagi kamu yang suka men-desain, jurusan ini merupakan salah satu pilihan, selain DKV

produk.fsrd.itb.ac.id
produk.fsrd.itb.ac.id

 

Universitas yang menyelenggarakan Program studi Desain Produk:

1. Insitut Teknologi Bandung (ITB) – Bandung
2. Universitas Trisakti – Jakarta
3. Universitas Pelita Harapan (UPH) – Jakarta
4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) – Surabaya
5. Universitas Paramadina – Jakarta

 

Gambaran Umum Desain Produk

Desain produk (DP) adalah jurusan yang berfokus pada pembuatan benda. Jurusan yang sejenis antara lain Industrial Design dan Politeknik. Industrial Design dan Desain Produk memfokuskan diri pada pembuatan casing suatu benda sehingga menarik, sementara politeknik lebih condong pada sistem suatu produk.

Desainer produk mendesain barang dan menggabungkan aspek kenyamanan dan kemanan pada saat yang sama. Tidak hanya estetika yang diutamakan, namun juga kenyamanan dan keamanan pengguna barang. Selain itu, dalam desain produk juga memperhatikan target konsumen dan tujuan penciptaan barang. Produk yang dihasilkan merupakan jawaban atas “permintaan konsumen”. Contohnya misalnya, konsumen merasa repot saat mengoleskan mentega ke roti menggunakan pisau, maka desainer mengemas mentega tersebut dalam wadah roll on, sehingga mentega dapat langsung dioleskan. Apa saja contoh hasil karya desainer produk? Casing luar handphone, laptop, headset, mainan, mebel, fasilitas umum, aksesoris otomotif maupun body mobil, perhiasan, peralatan rumah tangga, bahkan sampai organ buatan seperti tangan/ kaki palsu dan masih banyak lagi.

Desain produk memiliki 2 fokus, yang pertama desain untuk massal dan desain berbasis craft. Jurusan yang menyandang nama desain produk lebih condong ke craft, sementara Industrial design lebih ke produksi massal. Persiapan mahasiswa dan ilmu yang diberikan pun menjadi sedikit berbeda.

 

Prospek Kerja

Prospek kerja desain produk cukup luas, antara lain menjadi konsultan design di perusahaan, membuka home industry/ pabrik sendiri, desainer mebel dan interior, perancang mainan dan peralatan lainnya.

 

Kesan-kesan

Tahun tahun pertama akan menjadi tahun yang cukup berat, karena semua dummy produk yang didesain harus dirampungkan sendiri di bengkel yang telah disediakan universitas. Tapi tidak ada hal yang menggantikan kepuasan saat barang yang kita buat dapat digunakan dan berfungsi, apalagi disukai oleh orang lain.

Demikian pembahasan jurusan desain produk, semoga bermanfaat 🙂

Review oleh:
Tanti Theodora
Desain Produk
Universitas Pelita Harapan

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra