Jurusan Hubungan Internasional (HI)

Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional – Ilmu Hubungan Internasional adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi diantara aktor2 hubungan internasional. Aktor disini bukan hanya negara lo, tapi juga bisa non-negara misal organisasi internasional, perusahaan multinasional, dll. Atau dengan kata lain Ruang lingkup hubungan yg mencakup semua interaksi yang berlangsung lintas batas Negara.

sumber gambar: ironline.american.edu
sumber gambar: ironline.american.edu

 

Apa aja sih yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional?

Karena Jurusan HI merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka HI juga mempelajari politik dan sosiologi dari perspektif HI. Selain itu, di Jurusan HI, kita juga akan belajar gimana sih berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar, karena memang itulah tujuannya. beberapa matkul inti di Jurusan HI antara lain pengantar HI, bisnis internasional, hukum internasional, politik luar negeri, pkn dll. Jurusan HI juga mempelajari bahasa atau juga budaya negara lain. Misal prancis, arab, mandarin, dll tergantung kampusnya. HI akan membuat lulusannya semakin talk active, bijak membuat keputusan, kritis dengan isu2 internasional dan pintar berdiplomasi.

 

Then, gimana setelah lulus HI?

Banyak orang bilang, bahwa setelah lulus dari HI, satu-satunya pekerjaan yang tepat adalah duta besar/diplomat. Ga salah sih, soalnya memang salah satu kompetensi utama HI adalah kesitu. Tapi ga itu aja. Selain jadi Diplomat, kompetensi utama lulusan HI adalah jg Internasional Officer. Instansinya antara lain Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase (Ahli yg diperbantukan pada kedutaan untuk mewakili/ngurus bidang tertentu. Ex atase militer), INGO (int’l non-govermental org). Pekerjaan lain HI a.l. Akademisi, Politisi, Birokrat, Analisis, Jurnalis, Banker, Pebisnis Transnasional, Konsultan Internasional. Instansinya a.l. di PTN/PTS, Parpol, Lembaga Pemerintahan, NGO, Lembaga Penelitian, Media Massa, Bank, MNC (multi national corp), dll Ga menutup kemungkinan jg lulusan HI untuk jadi Public Relations, Translater, editor, Presenter, Event Organizer dll.

 

Perguruan Tinggi yang terdapat Jurusan Hubungan Internasional

Di Indonesia, terdapat banyak Perguruan Tinggi yang menyediakan S-1 Hubungan Internasional / Ilmu Hubungan Internasional. PTN dan PTS yang memiliki akreditasi A pada jurusan HI yaitu:

  1. Universitas Airlangga (Unair)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Universitas Indonesia (UI)
  4. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta)
  5. Universitas Jember (Unej)
  6. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  7. Universitas Riau (Unri)
  8. Universitas Pasundan (Unpas)
  9. Universitas Prof. Dr. Moestopo ( Beragama )
  10. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  11. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  12. Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)
  13. Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani)
  14. Universitas Jayabaya
  15. Universitas Kristen Indonesia (UKI)
  16. Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP)

 

============================

Demikian review singkat mengenai Jurusan Hubungan Internasional, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Avatar

Theodora Dyah Paramitha

Author Since:  Apr 27, 2015

Mita merupakan mahasiswi program studi S1 Hubungan Internasional Universitas Airlangga (Unair) Tahun 2011

  • Universitas Hasanuddin juga ada.

  • ask : gimana mba kuliah di Airlangga ? ane rencana juga kesana ambil HI
    #mohon pencerahannya

  • r

    Kalo mau masuk jurusan itu inggrisnya harus jago atau gimana?

    • Ari Candra Arista

      kalo masuk sih ga harus, yg penting lolos seleksinya aja (bisa SNMPTN/SBMPTN/jalur lain) tapi ketika lulus Sarjana HI sih wajib banget lancar bahasa inggrisnya

  • Frisca aprillia

    Mau ditambah aja universitas budi luhur juga ada prodi HI S1nya