skip to Main Content
1-800-987-654 [email protected] Open 7AM - 8PM
Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi – Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan paling favorit di berbagai universitas negeri maupun swasta. Kalau kamu merasa suka ngoceh, bergaul, menulis, promosi, atau bahkan nonton film, ini mungkin jurusan yang tepat buat kamu. Jurusan Ilmu Komunikasi ini mempelajari tentang ilmu berkomunikasi, baik dari tentang pengirim pesan, isi pesan, media, penerima pesan, maupun hambatan-hambatannya.

Ilmu komunikasi masuk ke rumpun sosial, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kecuali di UNPAD yang sudah menjadi satu fakultas sendiri, Fikom (Fakultas Ilmu Komunikasi).

 

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

Di semester-semester awal, mata kuliah yang didapat itu biasanya pengantar-pengantar, Pengantar Ilmu Komunikasi, Pengantar Ilmu Politik, dan pelajaran-pelajaran sosial seperti sosiologi, antropologi, dan filsafat. Di sini kita juga belajar tentang penulisan, jadi jangan takut buat yang merasa nggak bisa nulis karena nanti akan belajar sama-sama.

Untuk semester lanjut, nanti ada beberapa konsentrasi yang bisa kita ambil. Khusus untuk di UGM, dibagi ke dalam dua konsentrasi, yaitu Strategis dan Media. Strategis lebih mengarah ke bidang public relation (humas) dan periklanan. Kalau media lebih ke bidang-bidang media publik seperti tv, radio (broadcasting), jurnalistik, film. Kalau di UI, peminatan dibagi 5, yaitu public relation (humas), komunikasi media, jurnalistik, penyiaran, dan periklanan. Tapi secara garis besar yang dipelajari sama. Nanti di semester lanjut, matkul-matkul yang bisa diambil itu makin asik, misalnya matkul sinematografi, filmologi, public speaking, radio, dsb.

Buat bocoran, bagi yang ambil jurusan ini ngga lagi pusing-pusing hafalan materi. Hampir semua materi yang diajarkan itu pakai analisa, logika, pengalaman, ketrampilan, dan wawasan umum. Mayoritas materi disampaikan dalam bentuk diskusi.

 

Prospek kerja setelah lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi

Setelah lulus, gelar yang diterima adalah Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.) atau Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). contoh: Lionel Messi, S.I.P. Untuk lapangan pekerjaan, lulusan jurusan komunikasi ini bisa melamar ke berbagai posisi di berbagai jenis perusahaan. Event organizer, announcer, news anchor, news caster, reporter, public relation, communication consultant, kerja di biro iklan, production house, dsb.

Alya Chandra Pinanditha

Alya merupakan mahasiswi program studi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Tahun 2013