Jurusan Psikologi

Ilmu Psikologi

Jurusan Psikologi – Mendengar kata psikologi, apa sih yang ada di benakmu? Dukun? Peramal? Tempat curhat? Orang yang bisa baca pikiran? Atau yang lainnya? Mungkin sebagian besar orang awam masih berpikiran bahwa psikologi adalah hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya. Namun, apa sih sebenarnya psikologi itu?

jurusan-psikologi

Apa psikologi dan apa aja yang dipelajari di jurusan psikologi?

Secara bahasa, psikologi berasal dari bahasa Yunani, yakni psyche dan logos. Psyche memiliki arti “jiwa”, dan logos artinya “ilmu”. Sehingga, secara sederhana dapat dikatakan bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Lebih lengkapnya, psikologi adalah salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang pemikiran dan tingkah laku manusia. Artinya, hampir segala macam hal yang dilakukan oleh manusia dipelajari di dalam ilmu psikologi.

Perilaku-perilaku yang dipelajari biasanya tergambarkan dari mata kuliah yang diambil. Misalnya, di mata kuliah Sistem Syaraf dan Tingkah Laku, kamu akan mempelajari tentang aktivitas sistem syaraf dan otak yang mempengaruhi perilaku manusia. Contoh sederhananya, kalau misalnya seseorang lagi jatuh cinta, bagian otak mana sih yang aktif? Atau misalnya ketika seseorang merasa sakit, bagaimana cara syaraf menyampaikan rasa tersebut ke otak? Dan sebagainya.

Ada lagi mata kuliah Psikologi Perkembangan, dimana kita akan belajar tentang perkembangan fisik dan psikis manusia sejak lahir hingga menjelang wafat. Misalnya, sebenarnya usia remaja itu sudah pas belum sih untuk mulai menjalin hubungan romantis (atau yang biasa disebut dengan pacaran) dengan lawan jenis? Atau ketika kamu memasuki tahapan lanjut usia, bagaimana sih perubahan fisik dan psikis yang akan terjadi? Dan sebagainya.

Ada lagi yang mungkin menarik buatmu, yakni mata kuliah Teori Kepribadian, yang mana kamu akan belajar tentang karakteristik dan kepribadian manusia secara lengkap. Misalnya, orang dengan kepribadian ekstrovert dan/atau introvert itu seperti apa sih? Dan berbagai macam teorinya akan kamu pelajari, sehingga pada nantinya, ketika kamu sudah menjadi lulusan psikologi, kamu akan bisa melihat perilaku seseorang dan “menduga” kepribadian atau karakteristiknya.

Mata kuliah Metode Intervensi mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi seorang pendengar yang baik. Makanya mungkin kamu akan merasa nyaman ketika curhat ke seorang mahasiswa ataupun Psikolog, karena kami memang mempelajari hal tersebut.

Satu lagi mata kuliah yang menarik yaitu Hubungan Interpersonal. Buat kamu yang mau belajar tentang cinta, persahabatan, cemburu, selingkuh, dan lain-lain, di mata kuliah ini kamu akan belajar secara lengkap. Misalnya, karakteristik seseorang yang lagi jatuh cinta itu seperti apa? Bisa kamu bayangkan, mahasiswanya saja mempelajari cinta untuk memastikan kualitas cinta yang diberikan kepada pasangannya selalu jadi yang terbaik, hehe.

Banyak sekali mata kuliahnya kalau harus digambarkan satu persatu. Intinya, bidang psikologi itu banyak! Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Klinis, Psikologi Eksperimen, Psikologi Perkembangan, Psikologi Olahraga, Psikologi Penerbangan, dan lain-lain. Pokoknya seru!

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Perlu kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang Psikolog (profesi), setelah menyelesaikan masa studi selama kurang lebih 4 tahun di universitas, kamu perlu melanjutkan studi ke jenjang S2 Profesi. Namun, bukan berarti lulusan jenjang S1 (Sarjana Psikologi dengan gelar S.Psi) tetap memiliki prospek kerja yang sangat banyak! Kamu bisa menekuni bidang kerja yang sesuai dengan minatmu, diantaranya:

1. HRD
Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang industri atau organisasi, nantinya kamu bisa mengambil posisi di HRD perusahaan apapun yang ada di dunia. Kenapa? Karena semua perusahaan pasti memiliki HRD untuk menjamin kesejahteraan karyawannya dan mengkondusifkan lingkungan kerja.

2. Konsultan
Mahasiswa yang belajar ilmu perilaku manusia di bidang tertentu pastinya akan memiliki penguasaan lebih. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Perkembangan, maka kamu dapat memilih profesi sebagai konsultan perkembangan anak, remaja, ataupun dewasa. Jika kamu menekuni ilmu Psikologi Klinis, kamu tentu dapat menjadi konsultan permasalahan kesehatan mental ataupun gangguan kejiwaan.

3. Konselor
Jika kamu senang berinteraksi dengan individu ataupun masyarakat, menjadi konselor merupakan pilihan yang tepat. Kamu dapat menangani permasalahan individu ataupun masyarakat dengan metode konseling yang tentunya sudah diajarkan ketika menjalani perkuliahan, sehingga permasalahan yang kamu tangani dapat terselesaikan dengan efektif.

4. Analis
Keberatan dengan kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh pemerintah? Ingin membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik? Jika kamu berminat menekuni bidang pendidikan, menjadi seorang analis jadi pilihan yang tepat. Mahasiswa psikologi yang mempelajari proses perkembangan manusia sekaligus mempelajari Psikologi Pendidikan tentunya mampu melakukan analisis terhadap kebijakan kurikulum yang dibuat oleh pihak yang berwenang. Misalnya, apakah materi tertentu sudah sesuai jika harus diberikan kepada siswa tingkatan kelas tertentu, atau sebenarnya untuk anak seusia SD, materi pelajaran apa yang sesuai untuk mendukung perkembangannya secara maksimal? Kamu juga dapat melakukan analisis di bidang lain yang kamu minati.

5. Peneliti
Suka dengan dunia penelitian? Ingin membuktikan dugaan yang kamu punya terkait fenomena dalam diri manusia yang terjadi? Dengan mendalami ilmu psikologi, kamu dapat membuktikan hal-hal yang mungkin saat ini kamu percayai benar, namun ternyata setelah dilakukan penelitian hasilnya salah. Misalnya, apakah benar jika golongan darah berpengaruh terhadap kepribadian manusia? Dan fenomena menarik lainnya. Jurusan psikologi mempelajari metode penelitian dan statistika secara mendalam, sehingga para lulusannya pun diharapkan mampu untuk membuat penelitian-penelitian yang akan mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia, bahkan dunia. Semua perusahaan pun sudah mempunya bidang R&D (Research and Development) untuk melakukan penelitian yang dapat berguna bagi perusahaan, sehingga kamu yang punya minat meneliti memiliki lapangan kerja yang luas.

6. Dosen
Kamu ingin mengabdi untuk dunia pendidikan? Ingin menyampaikan kembali ilmu yang sudah diperoleh kepada calon-calon lulusan jurusan psikologi? Maka ini pilihan tepat. Tentunya setelah proses belajar selama kurang lebih 4 tahun, disertai dengan masa studi S2, kapasitasmu untuk menjadi seorang pengajar mata kuliah yang berkaitan dengan psikologi di universitas tidak perlu diragukan lagi. Kamu hanya perlu untuk belajar menjadi seorang penyampai ajaran yang baik untuk mendukung ilmu yang sudah kamu punya. Tentunya dengan semakin berkembangnya ilmu psikologi, institusi-institusi membutuhkan para pengajar yang kompeten. Apakah kamu salah satunya?

7. Guru Bimbingan dan Konseling
Pernah masuk ruang guru BK saat SMA? Ingin menjadi sosok yang teduh dan menyenangkan untuk siswa agar bisa meningkatkan potensi belajarnya? Maka kamu bisa menjadi guru BK setelah menyelesaikan studi di jurusan psikologi. Berkembangnya dunia pendidikan tentu memberikan efek tertentu terhadap para siswa, sehingga sangat memungkinkan terjadinya masalah-masalah belajar seperti kurangnya motivasi, kesalahan metode belajar, dsb. Nah, tugas guru BK salah satunya adalah membimbing siswa untuk bisa memotivasi dirinya sendiri dan menemukan potensi terbaiknya.

8. Motivator (Public Speaker)
Suka berbicara di depan umum? Mampu mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan? Senang memotivasi orang lain? Maka pilihan karir sebagai public speaker (motivator) menjadi hal yang tepat setelah lulus dari jurusan psikologi. Kamu bisa berbagi kebaikan dengan meningkatkan motivasi di dalam diri orang lain, juga punya waktu kerja yang fleksibel sesuai dengan perjanjian dengan pihak yang mengundang.

Dan masih banyak sekali bidang-bidang pekerjaan lainnya yang kamu bisa pilih, selama masih terdapat manusia di dalamnya. Kenapa seperti itu? Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia.

Human learns about physic, chemistry, technology, biology, etc. But, we learn about them.

Daftar Kampus yang terdapat Jurusan Psikologi

Nah, kamu dapat mempelajari psikologi di universitas yang kamu inginkan. Umumnya, prodi Psikologi masuk ke dalam rumpun IPS, seperti di Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan sebagainya. Namun, beberapa universitas seperti Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Sebelas Maret (UNS) membuka prodi Psikologi dalam rumpun IPA. Jalur masuknya pun sama seperti universitas lain pada umumnya, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri masing-masing universitas. Terkait info lintas jurusan, beberapa universitas memang memperbolehkan untuk lintas jurusan melalui jalur SNMPTN. Namun memang persentase kelulusannya lebih kecil dibandingkan mereka yang berasal dari jurusan yang selaras. Oleh karena itu, jika ingin memiliki peta persaingan yang seimbang, silahkan manfaatkan jalur ujian tulis yang memang mengesampingkan jurusan saat SMA.

(Baca: Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS?)

Secara keseluruhan, ada 110 perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS, yang menyediakan program studi S-1 Psikologi. Dari 110 perguruan tinggi tersebut, ada 13 perguruan tinggi yang mempunyai jurusan psikologi dengan akreditasi A, yaitu (urutan sesuai abjad):

Perguruan Tinggi Jenis Program Studi Akreditasi
Universitas Airlangga (Unair), Surabaya PTN Psikologi A
Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta PTN Psikologi A
Universitas Gunadarma, Depok PTS Psikologi A
Universitas Indonesia (UI), Jakarta PTN Psikologi A
Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta PTS Psikologi A
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Bantul PTS Psikologi A
Universitas Muhammadiyah Malang, Malang PTS Psikologi A
Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung PTN Psikologi A
Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta PTS Psikologi A
Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta PTS Psikologi A
Universitas Surabaya (Ubaya), Surabaya PTS Psikologi A
Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta PTS Psikologi A

 

Okay, sekian informasi mengenai jurusan psikologi, semoga dapat membantu adik-adik dalam mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil saat menjalani perkuliahan nanti.

 

Avatar

Muhammad Rifqi Adiasya

Author Since:  Apr 27, 2015

Rifqi merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia angkatan 2012. Kontak: [email protected] | ask.fm/rifqiadiasya | rifqiadiasya.tumblr.com

  • Lusi Rahma

    Kak kalo psikolog itu lebih mentingin ips atau ipa?

    • Ekawati Himawari Sri WN

      Bantu jawab ya.
      Di beberapa kampus tidak terlalu mempermasalahkan basic pendidikan di tingkat SMA/K nya apa. Saya sendiri dulu SMA jurusan IPA, dan kuliah ambil Jurusan Psikologi. Teman saya ada juga yg dari SMK Jurusan Akuntansi. Selama kita lolos seleksi yang ada ya tidak masalah. Saya dulu kuliah di Universitas Negeri Surabaya.

  • Matcha cino

    Halo kak aku dari dulu pengen banget masuk Psikologi, tapi pas SMA malah dapet jurusan IPA. Nah kalo aku nanti ikut SBMPTN ngambilnya yang Soshum bisa kan kak?

    • Ari Candra Arista

      Kalo di UNS, UNPAD atau UNAND, psikologinya masuk IPA. Jadi ga perlu ambil soshum. Tapi kalo mau ke psikologi UI, UGM, dll mesti ambil soshum.

  • nailil huda

    Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat. Untuk referensi artikel psikologinya silahkan kunjungi http://www.fpsi.gunadarma.ac.id

  • Aizza wardah

    Hole hole kak.. Aku masih kelas 2 smk, sblmnya emang aku sma jurusan ips, brhubung ada something yg bikin jdi pindah skolah dan factnya skrg jdi jurusan perbankan.. Sedangkan aku pgen msuk jurusan psikolog, kira-kira bisa gak ya lulus snmptn?-_-” insya allah mau ngambil kuliah diJogja, solusinya gimana yaaa.. Dan dimana yg emg kira2 baik atau bagus.. Thanks

  • zahra

    saya sekarang masih sma kelas 2, dan saya berada di jurusan ipa, tetapi saya ingin mengambil jurusan psikologi pada saat saya akan mengikuti snmptn. apakah saya bisa lolos snmptn ke jurusan psikologi walaupun saya dari jurusan ipa? dan juga ptn mana saya yang bisa snmptn psikologi jurusan ipa. terimakasih

    • Ari Candra Arista

      Yang SNMPTNnya psikologi masuk IPA itu di UNPAD, UNS dan UNAND. Jadi biar lebih maksimal, lo bisa milih di PTN-PTN tersebut 🙂

      • yolanda

        Tpi kak tdi kok aku cek psikologi unpad masuk IPS sich?

  • Dwi Swastri M

    Maaf kak sebelumnya, mau tanya. Kalo lulusan psikologi bisa kerja dirumah sakit atau tidak, kalo bisa harus S2 atau S1 ?
    Dan kalo ambil jurusan psikologi, ada tes kesehatannya atau tidak, kalo ada mencakup apa saja?
    Terimakasih

    • Rifqi Adiasya

      Halo Dwi. Maaf baru balas, sudah lama, namun semoga infonya masih bermanfaat. Untuk bekerja di rumah sakit sebagai Psikolog, tentu harus melanjutkan ke jenjang S2 terlebih dahulu. Namun jika bekerja di rumah sakit sebagai bagian dari manajerial rumah sakit, jenjang S1 pun tetap bisa.
      Untuk masuk ke jurusan Psikologi tidak ada tes kesehatan khusus, hanya di beberapa universitas memang ada tes kesehatan, itu pun secara umum untuk keperluan universitas, bukan spesifik jurusan Psikologi.
      Semoga membantu ya 🙂

  • Amora

    Kalo anak ipa bisa lintas jurusan buat ke psikologu ui nggak? Soalnya kan psikologi ui itu ips

    • Ari Candra Arista
    • Rifqi Adiasya

      Sangat bisa. Kebetulan saya saat SMA jurusan IPA, namun saat ini masuk ke Psikologi UI yang masuk ke rumpun Sosial Humaniora.

      • yolanda

        Tpi kak itu jalur masuknya snmptn atau sbmptn? bagi2 tips nya dong kak 🙂

      • Rifqi Adiasya

        Saya masuk lewat jalur sbmptn. Tipsnya bisa kamu baca di tumblr saya rifqiadiasya.tumblr.com ya 🙂

      • yolanda

        Perasaan ngga ada kak, apa aku kurang teliti ya?

  • Adeline

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Dunia Psikolog, menurut saya bidang studi Psikologi merupakan bidang studi yang sangat menarik
    juga banyak hal yang bisa dipelajari di dunia Psikologi.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis
    mengenai bidang Psikologi yang bisa anda kunjungi di klik disini, selamat berbagi 🙂

  • Leo

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul “Ilmu Psikologi”.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Jurnal Ilmiah Psikologi

  • denger kata jurusan psikologi tu keren banget, belajar memahami manusia untuk berpikir dan membantu orang lain untuk mencapai kesehatan secara batin… itulah yang saya pikirkan tentang psikologi…