Jurusan Ilmu Sejarah

Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah – Ilmu sejarah adalah ilmu yang digunakan untuk mempelajari peristiwa penting masa lalu manusia. Pengetahuan sejarah meliputi pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.

Apa itu sejarah dan ruang lingkup jurusan Ilmu Sejarah

Dalam definisinya Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Ruang lingkup pembelajaran dari jurusan ilmu sejarah sangat luas, karena dapat menyinggung berbagai aspek kehidupan manusia. Seperti politik, sosial, budaya, bahasa, ekonomi, filsafat, geografi, maritim, agraris, militer, dan lainnya.

Jurusan ilmu sejarah ada di banyak PTN di Indonesia. Beberapa yang memiliki akreditasi A adalah UGM, UI, UNDIP dan masih banyak lagi. Jurusan ilmu sejarah di Indonesia umumnya memiliki ciri khas masing – masing sesuai Universitasnya, seperti UI yang ilmu sejarahnya bercorak sejarah-politik, UGM bercorak sejarah-sosial, dan UNDIP yang bercorak sejarah-maritim.

Jurusan Ilmu Sejarah bertujuan mendidik mahasiswa agar mampu:

  • Mengungkap dan menganalisis peristiwa – peristiwa masa lalu dengan metodologi ilmu sejarah
  • Mampu membentuk kerangka berpikir ilmiah sehingga dapat merekonstruksi dan menjelaskan berbagai aspek kehidupan masa lalu masyarakat untuk mengetahui masa lalunya sekaligus memahami masa kini dan masa depannya.
  • Membantu pemerintah dan lembaga-lembaga lain dalam penyediaan tenaga ahli sejarah yang diharapkan dapat mengungkapkan peristiwa-peristiwa sejarah masa lampau secara objektif.
  • Mengurai suatu peristiwa secara kronologis
  • Memberikan pandangan terhadap suatu peristiwa secara objektif tanpa berpihak pada oknum tertentu

 

Prospek lulusan Jurusan Ilmu Sejarah

Lulusan Sejarah banyak yang mampu bersaing dalam dunia kerja, terutama bidang konvensional sejarah misalnya menjadi dosen/guru atau peneliti; maupun bidang-bidang non-konvensional sejarah lainnya. Banyak juga lulusan sejarah yang bekerja di pemerintahan, dunia penerbitan, wartawan, aktivis LSM, dan sebagainya.

Bahkan lulusan sejarah juga memiliki prospek kerja di lembaga penelitian di luar negeri. Alasannya sudah jelas, karena akan selalu dibutuhkan ahli sejarah yang mewakili negaranya masing – masing untuk mengungkapkan kepada dunia tentang sejarah Negara asal ahli sejarah.

Namun perlu diketahui dan harap dipahami bahwa jurusan ilmu sejarah sesungguhnya bukan tempat bagi mahasiswa yang hanya “kuliah untuk mencari kerja” dan dalam pembelajarannya tidak memfokuskan untuk “sekedar” mencari kerja. Karena ilmu sejarah adalah ilmu dari bidang sosio-humaniora yang mengorientasikan mahasiswanya untuk meneliti, menilai, memberikan pandangan, dan bersikap kritis terhadap suatu peristiwa ataupun permasalahan yang terjadi. Ilmu sejarah tidak mengarahkan mahasiswanya untuk bekerja dan mengejar “materi” tetapi untuk mempelajari ilmunya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.

 

Perguruan tinggi yang terdapat Jurusan Ilmu Sejarah

Saat ini terdapat beberapa PTN maupun PTS yang menyediakan jurusan Ilmu Sejarah, beberapa diantaranya yang terakreditasi A antara lain:

  1. Universitas Airlangga (Unair)
  2. Universitas Andalas (Unand)
  3. Universitas Diponegoro (Undip)
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  5. Universitas Indonesia (UI)
  6. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
  7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  8. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  10. Universitas Udayana (Unud)

 

========================

Demikian review singkat mengenai Jurusan Ilmu Sejarah, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Avatar

Azil Azlansyah

Author Since:  Apr 29, 2015

Azil merupakan mahasiswa program studi S1 Ilmu Sejarah di Universitas Gadjah Mada (UGM)

  • Talita Sharon Mantiri

    Salam kenal saya mahasiswa UT jurusan Ilmu komunikasi saya mau nanya ilmu sejarah ada gak s2 nya? Kalo pun ada apakah bisa saya ambil s2 ilmu sejarah tapi beda sama jurusan saya sebelumny?