Jurusan Ilmu Tanah / Manajemen Sumber Daya Lahan

ilmu-tanah

ilmu-tanah“Apa sih itu Ilmu Tanah? Belajar apa sih disana? Gali kubur?” Mungkin seperti itulah yang ada dibayangan siswa SMA masa kini. Ilmu Tanah yang pasti akan bersentuhan langsung dengan tanah, kotor-kotoran, dan lahan pertanian langsung.

Apa itu ilmu tanah?

Menurut Wiki, Ilmu Tanah/Manajemen Sumberdaya Lahan adalah pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya. Tanah adalah lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) dan atmosfer. Tanah menjadi tempat tumbuh tumbuhan dan mendukung kehidupan hewan dan manusia.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Ilmu Tanah?

Di Jurusan Ilmu Tanah ini kita tentunya akan belajar tentang Ilmu Tanah dan hal – hal yang bersangkutan dengan tanah maupun pertanian. Misal, Irigasi lahan pertanian, cuaca dan iklim, klasifikasi tanah, mikrobiologi tanah, kimia analitik, geologi dan mineralogy, pemetaan lahan, dsb. Belajar Ilmu Tanah ini termasuk mengasyikan terutama untuk kamu yang suka pendakian dan field trip. Karena di Ilmu Tanah ini kita akan banyak melakukan field trip atau perjalanan ke lapangan untuk mengambil sampel tanah (yang selanjutnya akan diteliti di laboratorium), penelitian lahan, penelitian cuaca/iklim, atau pemetaan lahan.

Bagaimana setelah lulus? Kerjanya apa? Kalau bicara lapangan kerja, Ilmu Tanah ini cukup luas lingkup pekerjaannya. Kita bias kerja di bidang pertanian, badan pertanahan nasional, perkebunan, surveyor tanah, peneliti, departemen lingkungan hidup, departemen pertanian, departemen kehutanan, pertambangan, perusahaan swasta, atau menjadi dosen/staf pengajar dan masih banyak lagi.

PTN yang menyelenggarakan prodi ini adalah IPB (dengan nama Manajemen Sumberdaya Lahan), UNS, UGM, UB, Unsyiah, Unand, dan Universitas Lambung Mangkurat.

So, jangan takut atau malu masuk jurusan Ilmu Tanah ini, karena ahli – ahli tanah dari dalam negeri semakin dibutuhkan. Viva Soil! Soil Solid!

Avatar

Ilham Abdul Malik

Author Since:  Oct 1, 2016

Ilham merupakan mahasiswa program studi Ilmu Tanah angkatan 2013 Universitas Sebelas Maret