Jurusan Akuntansi

jurusan akuntansi

jurusan akuntansi

Apa sih Akuntansi itu?

proses akuntansiAkuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat. Laporan tersebut digunakan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lain, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.

Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai “bahasa bisnis”. Maksudnya gimana? Dari laporan keuangan dan catatannya, kita bisa tau kondisi dan aktifitas perusahaan. Dari laporan keuangan kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya.

Nah apa aja sih yang dipelajari di jurusan akuntansi?

Pada semester 1 dan 2 lo akan dapet mata kuliah pengantar akuntansi (principle accounting). Di pengantar akuntansi ini bakal diajarin mulai dari apa itu akuntansi, siklus akuntansi, akuntansi perusahaan dagang, jasa, dll. Jadi bakal diajarin mulai dari awal banget.

Nah kalo udah tahun kedua lo akan dapet akuntansi tingkat menengah (intermediate accounting). Disini itungannya udah mulai agak rumit, udah ketemu akar dan pangkat, dengan pemahaman yg rumit pula. Misalnya pas ngitung obligasi dan turunan-turunannya.

Tahun ketiga akan dapet akuntansi tingkat lanjutan (advance accounting). Di akuntansi tingkat lanjutan ini kamu bakal mempelajari transaksi merger dan akuisisi perusahaan.

Secara umum, itung-itungan di akuntansi ga rumit, cuman butuh pemahaman yang tinggi aja. Jadi kalo gue bilang sih, jurusan akuntansi lebih ke pemahaman dari pada ngitung. Soalnya nanti ujian maupun kerja boleh pake kalkulator, bahkan pas kerja lo bakal pake software. Selain tingkat pemahaman yang tinggi juga butuh ketelitian juga, soalnya nanti di dunia kerja lo bisa jadi bakal berhadapan pada ribuan transaksi dan angka-angka.

proses auditingSelain itu, lo bakal dapet mata kuliah lain seperti ekonomi, manajemen, perpajakan dan auditing. Ekonomi dan manajemen diajarin karena memang akuntansi berhubungan dengan keuangan dan pengambilan keputusan. Perpajakan dan auditing diajarin juga di akuntansi karena nanti ilmunya bakal banyak beririsan. Pajak itu nanti ditetapkan atas laporan keuangan perusahaan. Sedangkan auditing (lap keuangan) bisa dibilang kebalikannya akuntansi, jadi dari laporan keuangan dianalisis sampai ke bukti transaksinya.

Apakah SMA IPA bisa bakal bisa menyesuaikan diri kuliah di Akuntansi?

Seperti yang telah gue jelasin di atas, di awal semester 1 semua mahasiswa bakal dapet mata kuliah akuntansi dasar, yang mana akan dijelasin akuntansi mulai dari awal banget. Kalo lo bisa mengikuti perkuliahan dari dasar tersebut dengan baik, maka harusnya sih ga akan jadi masalah. Gue saranin sih sebelum memutuskan, alangkah baiknya lo baca-baca dulu materi akuntansi SMA agar punya gambaran.

Lulusan dan Gelar di Jurusan Akuntansi

Lulusan S1 akuntansi disebut Sarjana Akuntansi. Untuk dapat disebut sebagai Akuntan, lulusan S1 Akuntansi harus menyelesaikan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) yang lamanya 2 semester atau 1 tahun. Setelah itu berhak mendapat Register Negara, dan boleh mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan.

Gelar lulusan S1 akuntansi adalah Sarjana Akuntansi (S.A), contoh Tasya Kamila S.A. Nah kalo udah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi, maka lo akan dapet gelar akuntan. Contoh: Tasya Kamila S.A., Ak.

Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Untuk dapat melamar kerja di perusahaan, lo ga mesti bergelar akuntan dulu. Setelah lulus lo udah bisa bekerja di berbagai perusahaan. Lulusan akuntansi bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan karena di setiap perusahaan dengan skala tertentu pasti membutuhkan pengelola transaksi keuangan. Selain itu lulusan akuntansi jg banyak yang berkecimpung di kantor akuntan publik (KAP) atau membuka praktik sendiri.

Nah untuk membuka praktik sendiri, lo mesti mendapatkan ijin praktik sebagai Akuntan Publik, yang mana mesti lulus pendidikan profesi akuntansi dulu.

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Akuntansi

Beberapa Universitas yang menyediakan jurusan akuntansi yang terakreditasi A yaitu

Perguruan Tinggi Akreditasi
Universitas Airlangga, Surabaya A
Universitas Andalas, Padang A
Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta A
Universitas Bengkulu, Bengkulu A
Universitas Bina Nusantara, Jakarta A
Universitas Brawijaya, Malang A
Universitas Diponegoro, Semarang A
Universitas Esa Unggul, Jakarta A
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta A
Universitas Gunadarma, Jakarta A
Universitas Hasanuddin, Makassar A
Universitas Indonesia, Jakarta Pusat A
Universitas Internasional Batam, Batam A
Universitas Islam Bandung, Bandung A
Universitas Islam Batik, Surakarta A
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta A
Universitas Islam Sultan Agung, Semarang A
Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto A
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta Selatan A
Universitas Katolik Parahyangan, Bandung A
Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang A
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Surabaya A
Universitas Komputer Indonesia, Bandung A
Universitas Kristen Petra, Surabaya A
Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga A
Universitas Lampung, Bandar Lampung A
Universitas Mercu Buana, Jakarta A
Universitas Muhammadiyah Malang, Malang A
Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta A
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta A
Universitas Muslim Indonesia, Makassar A
Universitas Padjadjaran, Bandung A
Universitas Pancasila, Jakarta Selatan A
Universitas Pasundan, Bandung A
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jatim, Surabaya A
Universitas Persada Indonesia YAI, Jakarta A
Universitas Sam Ratulangi, Manado A
Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta A
Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung A
Universitas Sebelas Maret, Surakarta A
Universitas Surabaya, Surabaya A
Universitas Tarumanagara, Jakarta A
Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta A
Universitas Trisakti, Jakarta Barat A
Universitas Udayana, Badung A
Universitas Widyatama, Bandung A

Okay, demikian ulasan singkat mengenai Jurusan Akuntansi, apabila ada yang ditanyakan, bisa langsung lo tulis aja di kolom komentar. Thanks 🙂

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • NugrohoLulut

    Kak bhas manajemen dong? Universitas yg recomended mana?