Jurusan Statistika

Statistics-Denial-Statistics-Debacles--The-Coming-Flood-Of-Statistical-Malfeasance

Apa itu Statistika?

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolog-golongkan, menganalisis dan mencari keterangan yang berarti dari data yang berupa angka atau singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data. Sebenarnya juga ada program keahlian statistika di jurusan matematika, tapi di jurusan statistika ini, tentu saja akan diajarkan lebih banyak dan luas dibanding dengan program keahlian statistika di jurusan matematika.

Di sekitar kita, banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika bermain, jadi statistika mendesain agar data-data tersebut dapat berguna atau akurat dalam pengambilan keputusan. Missal nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan digunakan dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan.

Apa aja yang dipelajari di Jurusan Statistika

Bidang Minat jurusan statistika secara umum dibagi menjadi 5:
1. Analis dan perancangan survey
2. Metode numeric dan riset operasi
3. Metode simulasi dan pemodelan matematika
4. Metode statistic riset pemasaran
5. Pengendalian mutu dan kelayakan

Bidang Pekerjaan Lulusan Statistika

Dibawah ini akan dijabarkan lebih lanjut bidang kerja seorang statistisi:
1. Lembaga Pemerintahan
Lembaga pemerintahan sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang statistic untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjeknya sangat banyak dan bervariatif, mulai dari menghitung jumlah usaha kecil yang biasa dilakukan Kementerian Perdagangan, menghitung indeks pembangunan manusia oleh BPS, mengukur keberhasilan program KB oleh BKKBN, dll.

2. Perbankan dan Investasi
Dalam sector ini fungsi ilmu statistic juga cukup besar, contohnya untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang dikucurkan oleh bank, lalu berapa jumlah penabung apabila dilihat dari skala usia, penghasilan, dan lain sebagainya. dalam hal investasi misalnya mengukur tren harga saham.

3. Sektor riset dan pengembangan
Riset dan pengembangan merupakan indicator dari sebuah kemajuan. Lembaga atau perusahaan untuk riset dan pengembangan bertebaran dimana-mana. Contohnya LIPI, LAPAN, BATAN dan banyak sekali lembaga swasta yang biasa digunakan oleh perusahaan besar seperti MARS, IPSOS, AC Nielsen, YLKI, dan masih banyak lagi.

4. Perusahaan atau Organisasi Swasta
Perusahaan – perusahaan besar pasti mempunyai statistisi yang berguna untuk menganalisis misalnya penjualan, daya beli masyarakat, tren, dan hal-hal lain yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan dan strategi perusahaan tersebut.

PTN yang menyediakan Jurusan Statistika

Perguruan Tinggi Program Studi Akreditasi
Institut Pertanian Bogor, Bogor Statistika A
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Statistika A
Universitas Brawijaya, Malang Statistika A
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Statistika A
Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, Yogyakarta Statistika B
Universitas Airlangga, Surabaya Statistika B
Universitas Bina Nusantara, Jakarta Statistika B
Universitas Diponegoro, Semarang Statistika B
Universitas Hasanuddin, Makassar Statistika B
Universitas Islam Bandung, Bandung Statistika B
Universitas Islam Indonesia, Sleman Statistika B
Universitas Mulawarman, Samarinda Statistika B
Universitas Padjadjaran, Bandung Statistika B
Universitas Terbuka, Jakarta Statistika B

Demikian ulasan singkat mengenai jurusan statistika. Apabila ada pertanyaan, bisa kamu ajukan di kolom komentar. Semoga bermanfaat 🙂

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Deni setyaningsih

    kak mau tanya, kalo mau masuk statistika lewat jalur SNMPTN itu yang dipertimbangkan nilai apa aja ? terus kalau nilai matematika di semester 5 turun 3 angka daripada semester 4 apa masih punya peluang banyak diterima?
    terima kasih, mohon dijawab kak