Jurusan Teknik Bioproses

Jurusan Teknik Teknologi Bioproses UB UI

Jurusan Teknik Bioproses – Kali ini saya akan membahas sebuah prodi yang mungkin masih asing untuk adik adik SMA yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, yaitu “teknik bioproses”.

Apasih Teknik Bioproses itu?

Menurut Wikipedia, Teknik bioproses atau teknik biokimia (Bahasa Inggris: biochemical engineering) adalah cabang ilmu dari teknik kimia yang berhubungan dengan perancangan dan konstruksi proses produksi yang melibatkan agen biologi. Agensia biologis dapat berupa mikroorganisme atauenzim yang dihasilkan oleh mikroorganisme. Sebelumnya, bedakan antara Teknik Bioproses di Universitas Brawijaya, dengan Teknologi Bioproses di Universitas Indonesia. Walaupun sama sama “bioproses”, tetapi penggunaan kata “Teknik” dengan “Teknologi” tentu berpengaruh.

Apa aja beda antara Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses?

  1. Teknologi Bioproses UI sudah punya lulusan, sedangkan Teknik Bioproses UB belum. Wajar, karena UI udah lebih dulu punya Bioproses ketimbang UB. Saat ini, di UB baru ada 4 angkatan, yaitu angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013 (angkatan saya).
  2. Teknologi Bioproses UI masuk di Fakultas Teknik, sedangkan Teknik Bioproses UB masuk Fakultas Teknologi Pertanian. Apakah ini mengindikasikan bahwa Teknik Bioproses UB cenderung ke Pertanian? Tidak juga. Sampai saat ini, detik ini, saya tidak menyentuh mata kuliah tentang pertanian sedikitpun. Sesungguhnya, teknik dan pertanian adalah hal yang tidak dapat dipisahkan, mungkin itu salah satu alasan mengapa Teknik Bioproses Universitas Brawijaya dibawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian.

Apa sajakah yang dipelajari di Teknik Bioproses?

Dari judulnya saja “teknik”, tentu banyak di Fisika. Kimia dan matematika juga harus kuat tentunya. Dan karena Teknik Bioproses UB dibawah naungan Fakultas Teknologi Pertanian, kita juga belajar manajemen, bisnis, pokoknya hal hal yang berhubungan dengan pertanian dan bagaimana me-manage hal tersebut. Tapi, jangan berkecil hati karena Bioproses UB berada dibawah Fakultas Teknnologi Pertanian.

Akreditasi Fakultas Teknologi Pertanian di Universitas Brawijaya sudah akreditasi internasional, bersama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dan akreditasi nasional sudah menunjukkan grade “A”, yang artinya sangat baik. Jika dilihat dari kurikulum antara UB dengan UI, ada mata kuliah yang ada di TBP UB dan tidak ada di TBP UI begitupun sebaliknya. Seperti pada TBP UB, ada mata kuliah Robotika, sedangkan di TBP UI punya mata kuliah seni/olahraga. Mata kuliah yang ada di keduanya pun pada dasarnya sama, hanya beda penyebutan. Tapi ya, setelah saya bandingkan, kayaknya TBP UB mata kuliah yang di tawarkan ‘Lebih Teknik’ di bandingkan TBP UI.

Prospek kerja lulusan Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses

Lalu, apakah prosepek kerja lulusan Teknik Bioproses dengan Teknologi Bioproses, itu sama? Jelas berbeda. Teknologi Bioproses lebih ke Teknologi nya, seperti proses-prosesnya. Sedangkan Teknik Bioproses bisa ke bagian Teknologinya dan bagian Keteknikannya. Kamu bahkan bisa merambah dunia Perbengkelan karena ada mata kuliah perbengkelan di semester 5. Kalau mau nyempil ke gizi dan pangan pun bisa, karena ada mata kuliah kimia pangan. Mau ke teknik lingkungannya? Bisa, karena TBP UB mempunyai mata kuliah analisis lingkungan.

Demikian ulasan singkat tentang Jurusan Teknik Bioproses. Semoga bermanfaat ya. Kami tunggu kamu untuk bergabung di jurusan ini. 🙂

Avatar

Nadiya Fisriana

Author Since:  Dec 11, 2015

Nadiya adalah mahasiswa program studi S1 Teknik Bioproses Universitas Brawijaya angkatan 2013