Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil

Jurusan Teknik Sipil – Banyak yang belum mengetahui bahkan memahami mengenai seluk-beluk ilmu yang satu ini. Ada yang malah beranggapan sarjana lulusan teknik sipil kerjanya sebagai pegawai negeri sipil atau bekerja di kantor pencatatan sipil. Ya mungkin karena ada embel-embel sipilnya.

Awalnya, ilmu ini tumbuh di dunia militer dan digunakan untuk membangun pertahanan, pos-pos militer, benteng, dan bangunan-bangunan pendukung perang. Setelah perang berakhir, ilmu ini mulai berkembang. Masyarakat sipil pun bisa mempelajarinya kemudian menerapkannya dalam bangunan-bangunan sipil dimana tujuan pembangunannya ditujukan kepada masyarakat luas. Begitulah kira-kira, penjelasan mengenai pengenalan sejarah teknik sipil dari bapak dosen sewaktu mengajar semester satu dulu.

Teknik sipil adalah salah satu cabang teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Cabang-cabang ilmu yang dipelajari dalam teknik sipil;

  1. Stuktur bangunan mempelajari masalah struktur dari material (baja, beton, kaca, kayu, atau bahan lainnya) diantaranya, mengenai sifat-sifat material yang cocok digunakan untuk pembangunan.
  2. Geoteknik mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah. Ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki keadaan-keadaan tanah di daerah sebelum didirikan bangunan, kondisi tanah akan mempengaruhi suatu pondasi bangunan.
  3. Manajemen Konstruksi mempelajari masalah dalam proyek konstruksi mencakup finansial, penjadwalan pembangunan supaya tepat waktu, dan biaya proyek.
  4. Hidrologi/Hidrolika, bisa ditebak mempelajari apa ? Tepat, mempelajari tentang air meliputi distribusi, masalah, dan pengendaliannya. Penerapan ilmu ini digunakan untuk bangunan air seperti pelabuhan, waduk, bendungan.
  5. Transportasi, mempelajari sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Penerapan ilmu ini digunakan dalam konstruksi pengaturan jalan raya, konstruksi bandara, dan manajemennya.

Jurusan Teknik SipilBerbeda dengan arsitektur yang erat hubungannya dalam hal rancang-merancang, teknik sipil lebih ke dalam pelaksanaan dalam mengeksekusi rancangan arsitektur. Jadi, seorang teknik sipil harus bisa mentranslatekan rancangan bangunan di atas kertas ke lapangan, memberikan perbaikan/saran dalam pelaksanaan perencanaan bangunan, mengkonsep manajemen finansial dan waktu sebuah proyek, mengamati jalannya proyek. Seru kan ? Serunya tidak hanya itu saja, ada kegiatan praktik diluar juga selain kuliah, seperti praktik ilmu ukur tanah, praktik rekayasa lingkungan, praktik teknologi bahan konstruksi, praktik ilmu desain bangunan, dan masih banyak lagi.

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Teknik Sipil

Perguruan Tinggi Nama Prodi Akreditasi
Institut Teknologi Bandung, Bandung Teknik Sipil A
Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya Teknik Sipil A
Universitas Andalas, Padang Teknik Sipil A
Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta Teknik Sipil A
Universitas Bina Nusantara, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Brawijaya, Malang Teknik Sipil A
Universitas Diponegoro, Semarang Teknik Sipil A
Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Teknik Sipil A
Universitas Gunadarma, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Hasanuddin, Makassar Teknik Sipil A
Universitas Indonesia, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta Teknik Sipil A
Universitas Islam Sultan Agung, Semarang Teknik Sipil A
Universitas Katolik Parahyangan, Bandung Teknik Sipil A
Universitas Kristen Petra, Surabaya Teknik Sipil A
Universitas Mercu Buana, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Pelita Harapan, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Sebelas Maret, Surakarta Teknik Sipil A
Universitas Sriwijaya, Palembang Teknik Sipil A
Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh Teknik Sipil A
Universitas Tarumanagara, Jakarta Teknik Sipil A
Universitas Trisakti, Jakarta Barat Teknik Sipil A
Avatar

Prayogo Luri Lumintu

Author Since:  Dec 18, 2015

Contributor
Prayogo adalah Mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Sipil, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

  • Maajid Jati Laksamana

    menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Konstruksi dan perencanaan
    silahkan kunjungi website di bawah ini
    http://ftsp.gunadarma.ac.id/sipil/

  • FikryKurnianda

    Ka, apakah ada nilai + buat anak smk yg jurusan nya teknik gambar bangunan? Kan klo misil sipil nyambung jurusannya, trus juga kami udah ada dasarnya sdikit2 lah hehe

  • saya jurusan ips dan saya pengen mask teknik sipil,apakah bisa ?
    saya ingin msk di slah satu pts ,jd apakah jurusan saya bermasalah ?

    • Ari Candra Arista

      1. bisa, asal kamu bisa lolos seleksi tesnya aja
      2. ga bermasalah kok

      • ssri_sukk

        terimakasih atas jawabannya 🙂

  • Mia Miranti

    Saya sekolah SMK , jurusan Teknik Kontruksi Kayu. klo saya lanjut kuliah ddijurusan teknik sipil bagaimana? prospeknya untuk perempuan bagaimana? terimakasih

    • Ari Candra Arista

      Ya ga masalah, Udah banyak kok cewek yang ke teknik sipil