Jurusan Pariwisata

jurusan pariwisata

Jurusan Pariwisata – Oke, review jurusan kuliah kali ini, akan mengulas tentang Jurusan Pariwisata.

Universitas yang menyelenggarakan Program Studi Pariwisata:

1. STP (sekolah tinggi pariwisata) Nusa Dua, Bali
2. STP Bandung
3. Akpar (akademi pariwisata) Medan
4. Akpar Makassar.
STP ini berada langsung di bawah naungan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Di universitas lain atau STP lainnya mungkin ada, tetapi nama jurusan / prodinya berbeda.

 

Gambaran Umum Jurusan Pariwisata

Di STP Nusa Dua – Bali ini, jurusan Manajemen Usaha Perjalanan (MUP) mempunyai 2 prodi, yaitu Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) dan Manajemen Konvensi & Perhelatan (MKH). Secara garis besar, keduanya memiliki kurikulum yang hampir sama, hanya saja porsinya dibedakan. Kalau MBP lebh fokus ke travel, MKH lebih fokus ke MICE. Di MBP ini, kami diajarkan cara-cara reservation, ticketing, cargo, guiding, dsb. Keunggulan dari jurusan MBP ini adalah, saat belajar guiding nanti, kami akan mengadakan tour untuk mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Bali tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, semua dibiayai kampus. Jadi kami bisa jalan-jalan sekaligus belajar. Jumlah murid di kelas MBP pun dibatasi karena itu.

 

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Untuk jurusan MBP, banyak sekali peluang kerja yang ada, mulai dari bagian reservation di hotel, guide tetap / freelance guide di suatu travel, bagian ticketing dan cargo di bandara / travel, sampai bekerja di bidang MICE pun bisa karena semuanya kita dapatkan di kurikulum kita.

 

Kesan-kesan

Kesan saya selama kuliah di prodi MBP ini adalah sangat luar biasa. Dosen-dosennya ramah dan mata kuliahnya pun sangat menarik. Apalagi saya sangat menyukai jalan-jalan. Prodi MBP ini sering sekali jalan-jalan, mulai dari ke objek-objek wisata, tracking, rafting, overland tour, dsb.

Demikian pembahasan Jurusan Pariwisata, semoga bermanfaat 🙂

Review oleh:
Marsela Giovanni Lie
Manajemen Usaha Perjalanan, Manajemen Bisnis Perjalanan
STP Nusa Dua – Bali

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra