Jurusan Sastra Jepang

Sastra-Jepang

Jurusan Sastra Jepang – Kesannya serem ya kalo udah masuk ke jurusan yang berbau-bau ‘sastra’. Yang muncul di benak kalian pasti anak sastra itu harus puitis, harus bisa menciptakan kata-kata indah. Padahal kadang ngomong aja masih belepotan.

 

Apa saja yang dipelajari di jurusan Sastra Jepang

Di Jurusan ini kamu bisa belajar sekaligus mengenal plus memperdalam pengetahuan kamu tentang Negara Jepang. Biasanya di tahun kedua (semester 3 atau 4) kamu akan diarahkan ke dua bidang peminatan, sastra atau linguistik. Kalau kamu pernah les atau mengikuti kelas bahasa Jepang waktu SMA, Jurusan ini mungkin bisa kamu jadikan pilihan. Gimana kalo suka Jepang tapi sama sekali belum pernah belajar sebelumnya? Jangan khawatir, di awal tahun pertama perkuliahan, akan ada orientasi untuk melancarkan para mahasiswa dalam membaca huruf hiragana dan katakana.

 

Perguruan Tinggi yang terdapat Jurusan Sastra Jepang

Di Indonesia, terdapat 30 Perguruan Tinggi yang menyediakan Program Studi S-1 Sastra Jepang, antara lain:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM), akreditasi A
  2. Universitas Airlangga (Unair), akreditasi B
  3. Universitas Bina Nusantara (Binus), akreditasi B
  4. Universitas Brawijaya (UB), akreditasi B
  5. Universitas Diponegoro (Undip), akreditasi B
  6. Universitas Hasanuddin (Unhas), akreditasi B
  7. Universitas Indonesia (UI), akreditasi B
  8. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), akreditasi B
  9. Universitas Kristen Maranatha, akreditasi B
  10. Universitas Padjadjaran (Unpad), akreditasi B
  11. Universitas Udayana (Unud), akreditasi B
  12. Universitas Andalas (Unand), akreditasi C
  13. Universitas Sumatera Utara (USU), akreditasi C
  14. dll.

 

Prospek Lulusan Jurusan Sastra Jepang

Lulus dari jurusan ini, diharapkan kamu menjadi superterampil dalam berbahasa Jepang. Selain itu, kamu juga akan mempunyai wawasan yang berkaitan dengan kebudayaan dari bahasa Jepang yang kamu pelajari. Prospek kerja yang bisa kamu geluti nantinya meliputi, guru bahasa asing, penerjemah (lisan maupun tulisan di perusahaan Jepang, Biro Penerjemah, institusi Negara atau di penerbit), tour guide, dan juga staf dikantor kedutaan besar.

Japan Foundation bekerja sama dengan beberapa universitas di wilayah Jabodetabek pernah melalukan survei mengenai lulusan program studi bahasa Jepang di wilayah Jabodetabek saja di mulai pada bulan November 2007 sampai dengan bulan Januari 2009. Lulusan bahasa Jepang sebanyak 21,6% bekerja di bidang pendidikan, dan kurang lebih 26,7% bekerja di industri otomotif dan elektronik, sisanya adalah perusahaan-perusahaan lainnya yang tersebar merata, baik perusahaan Jepang ataupun bukan. Selain itu bentuk pekerjaan dari para lulusan tersebut dari survei dapat diihat bahwa sebanyak 16,6% merupakan pengajar, sekertaris sebanyak 13%, penerjemah ataupun interpreter sebanyak 11,9% dan yang paling banyak pekerjaan yang dilakukan adalah sebagai administrasi umum sebanyak 25%. (Eris, 2012)

Satu lagi nih, orang yang masuk di sastra Jepang tidak hanya menjadi terampil berbahasa Jepang tapi juga akan lebih menghargai budaya negeri sendiri, Indonesia. Sampai bertemu di prodi Sastra Jepang para calon ahli Bahasa. Yoroshiku !

========================

Demikian review singkat mengenai Jurusan Sastra Jepang, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Avatar

@thepostman24

Author Since:  May 4, 2015

Kontributor
@thepostman24 merupakan mahasiswa S1 Sastra Jepang Angkatan 2012 Universitas Diponegoro

  • irfan rayennd

    Apakah untuk masuk jurusan sastra jepang, harus mengikuti tes JLTP minimal N5 dulu?

    • Ari Candra Arista

      Ga ada tes lagi. Kalo udah dinyatakan masuk melalui SNMPTN / SBMPTN atau Mandiri, tinggal daftar ulang. Kalaupun ada tes, buat pemetaan aja, ga ngaruh ke penerimaan.

  • muklay alay

    ok gan thnks info nya

  • Refri_Srigama

    Kalo sya minat sama jurusan ini tapi buta banget sama bahasa jepang itu peluangnya gimana?? kira2 klo masuk, bisa buat stress ga ? takutnya ntar ada yg org laen yg waktu SMA kursus bahasa jepang atau disekolahnya belajar bahasa jepang atau malah ada org jepang beneran …

  • Septiana Praditama

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai sastra Jepang. Sastra Jepang merupakan salah satu prodi yang diminati oleh mahasiswa Indonesia. Saya memiliki beberapa pembahasan sastra yang bisa anda kunjungi di http://www.lepsab.gunadarma.ac.id