Jurusan Sastra Rusia

Sastra Rusia

Jurusan Sastra Rusia – Apa yang ada di benak teman-teman ketika mendengar jurusan Sastra Rusia? Mungkin ada yang pernah dengar atau belum pernah sama sekali. Saya yakin kebanyakan teman-teman akan bertanya, “Jurusan apaan tuh?”,”Bahasa Rusia?”,”Belajarnya ngapain tuh?”, atau ”Setelah lulus kerjanya ngapain?”. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sila simak review ini. 🙂

Sastra Rusia memang tidak terlalu dikenal di masyarakat, mungkin karena hanya dua perguruan tinggi negeri yang membuka program studi ini (Universitas Padjadjaran dan Universitas Indonesia) dan minimnya pengetahuan masyarakat tentang Bahasa Rusia dan negara Rusia.

 

Yang dipelajari di Jurusan Sastra Rusia

Apa saja yang dipelajari di Sastra Rusia (contoh Sastra Rusia Unpad)? Selain Bahasa Rusia, teman-teman juga diperkenalkan kebudayaan Rusia. Selain itu juga diajarin sejarah Rusia yang mencakup politik, militer, iptek dari zaman Rusia kuno sampai sekarang. Di semester 5 nanti akan dibagi menjadi tiga peminatan, Kesusastraan, Linguistik, dan Kajian Budaya. Tidak hanya itu, kalian akan diberikan kemampuan pendukung seperti diplomasi, kewirausahaan, kepariwisataan, dan kebudayaan Sunda.

Apa harus bisa Bahasa Rusia sebelumnya? Tidak. Saat awal kalian kuliah, kalian akan diajarkan “persis kayak anak TK.” Kalian akan dikenalkan dengan huruf Sirilik dan cara membaca dan menulis yang baik dan benar. Jangan takut nggak bisa, pasti bisa! Huruf Sirilik mirip dengan Latin yang biasa kita pake sehari-hari.

 

Prospek Jurusan Sastra Rusia

Jangan takut untuk memilih program studi Sastra Rusia. Sekarang sedang dibutuhkan tenaga ahli di bidang Bahasa Rusia. Di bidang pariwisata, banyak dibutuhkan tenaga ahli bahasa Rusia untuk menangani turis-turis asal Rusia dan negara pecahan Uni Soviet. Di bidang diplomatik, lulusan Sastra Rusia sangat dibutuhkan untuk menjadi diplomat/staf kedutaan Indonesia di Rusia dan negara-negara pecahan Uni Soviet. Selain itu, kalian dapat bekerja menjadi pegawai BUMN, TNI, Polri, pegawai swasta, wartawan, dan wiraswasta.

Selain bekerja, lulusan Sastra Rusia dapat melanjutkan program studi pascasarjana baik di dalam maupun luar negeri, apalagi kalau akan melanjutkan studi di Rusia, maka pemerintah Rusia akan memprioritaskannya dengan beasiswa pemerintah Rusia.

Avatar

Goro Wiseso

Author Since:  Apr 27, 2015

Goro merupakan mahasiswa program studi S1 Sastra Rusia, Universitas Padjadjaran (UNPAD)