Jurusan Teknik Geologi

teknik-geologi

Jurusan Teknik Geologi – Kali ini saya akan membahas sedikit nih, tentang ilmu yang sedang saya dalami, yaitu Jurusan Teknik Geologi. Untuk peminatnya sendiri memang belum sebanyak Jurusan Teknik Perminyakan / Jurusan Teknik Pertambangan, akan tetapi Jurusan ini sangatlah Fleksibel, kalian dapat mempelajari keduanya pada Jurusan ini, Jurusan Teknik Geologi.

Apa sih Geologi itu?

Geologi merupakan ilmu / Seni untuk mempelajari Bumi, meliputi segala proses yang terjadi pada bumi / sejarah pada bumi itu sendiri. Pada penjelasan di atas dijelaskan bahwa Geologi merupakan Jurusan yang fleksibel (bidang keilmuannya). Pada Jurusan ini kalian dapat mempelajari segala bidang keilmuan kebumian, meliputi dunia Perminyakan (Migas), Pertambangan, Geotermal, Mitigasi Bencana, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan ilmu yang dipelajari dalam Jurusan ini merupakan keilmuan yang kompleks (mempelajari segala yang macam yang terjadi, dan yang ada di Bumi).

Yang dipelajari di Jurusan Teknik Geologi

Di Jurusan ini, kalian akan banyak kegiatan Lapangan (Fieldtrip, Ekskursi, Kuliah Lapangan, dll.). Karena dalam dunia kerja nantinya, seorang ahli Geologi merupakan seorang ahli Eksplorasi, yang nantinya akan selalu turun ke lapangan.

Prospek Jurusan Teknik Geologi

Seorang ahli Geologi masih sangat dibutuhkan dalam dunia eksplorasi. Contoh, saat ini lapangan migas di Indonesia masih banyak yang belum tereksplorasi. Indonesia masih banyak memanfaatkan sumur migas tua yang cadangan migasnya sudah berkurang / bahkan sudah mau habis, oleh karena itu diperlukan banyak eksplorasi (tugas utama seorang ahli Geologi) dalam mencari sumur sumur migas baru.

Kampus yang terdapat Jurusan Teknik Geologi

Jika kalian berminat pada Jurusan Teknik Geologi ini, kalian dapat mendaftarkan di PTN / PTS yang menyelenggarakan pendidikan Jurusan Teknik Geologi ini. Berikut beberapa PTN / PTS tersebut :
1. Institut Teknologi Bandung (ITB) Fakultas Ilmu Teknologi Kebumian (FITB)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Universitas Pembanguan Nasional (UPN “Veteran” Yogyakarta)
4. Universitas Padjajaran (UNPAD)
5. Universitas Diponegoro (UNDIP)
6. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)
7. Universitas Sriwijaya (UNSRI)
8. Universitas Hassanudin (UNHAS)
9. Universitas Trisakti
10. STTNAS Yogyakarta

Ya itulah sedikit ulasan tentang Jurusan Teknik Geologi ini, semoga bermanfaat, inget masih banyak ahli ahli Geologi yang dibutuhkan dalam kegiatan eksplorasi negeri tercinta kita ini, I’m Proud to be a Geologist!

Avatar

Riandito Haryadi

Author Since:  Apr 26, 2015

Rian merupakan mahasiswa S1 Teknik Geologi di UPN "Veteran" Yogyakarta

  • Aaroniero Arruruerie

    saya dr jurusan geografi , sebelumnya saya pengen masuk jurusan teknik geologi , jadi saya masih sedikit bingung antara kedua jurusan ini , kelebihan dan kekurangannya