Jurusan Teknik Kelautan

Teknik Kelautan

Jurusan Teknik Kelautan – Teknik Kelautan (Ocean Engineering) adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang rekayasa kelautan. Tapi jangan salah, ilmu yang dipelajari di Teknik Kelautan ini bukan ilmu tentang perikanan, biota laut, dan ilmu sejenisnya.

Apa itu Teknik Kelautan?

Banyak orang salah menafsirkan nama Teknik Kelautan yang dianggap sama seperti ilmu-ilmu yang dipelajari pada disiplin ilmu Ilmu Kelautan. Untuk lebih mudah dipahami, anggap saja Teknik Kelautan seperti disiplin ilmu Teknik Sipil, yang kita ketahui secara garis besar Teknik Sipil mempelajari tentang konstruksi bangunan darat. Nah, kalau di Teknik Kelautan yang dibangun adalah bangunan yang berhubungan dengan kelautan, diantaranya konstruksi bangunan lepas pantai (offshore), coastal structure seperti dermaga / bay, bangunan pemecah ombak (breakwater), dan lain lain.

 

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Kelautan

Mata kuliah yang dipelajari pada umumnya di Jurusan Teknik Kelautan (karena tiap perguruan tinggi bisa aja beda) adalah Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Mekanika Bahan, Dinamika Struktur, Hidrodinamika, Perencanaan Bangunan Lepas Pantai, Struktur Pantai, Teknologi Reservoir, Mekanika Tanah dan Sistem Pondasi, Oseanografi, dan masih banyak lagi dan tentunya seru untuk dipelajari. Beda jauh kan dari apa yang banyak orang bayangin?

Tidak hanya itu saja, di Teknik Kelautan secara umum dibagi menjadi beberapa bidang keahlian / bidang minat yang berfokus pada dunia kerja yang diinginkan, seperti bidang struktur, perencanaan bangunan, manajemen pantai (biasanya belajar software juga untuk permodelan, software yang umum dipelajari: AutoCAD;AnSys;StruCAD;SMS;3DMax;Etabs;dll), perpipaan / pipeline, dan yang ga’ kalah menarik adalah bidang energi kelautan.

 

Prospek kerja lulusan Jurusan Teknik Kelautan

Nah, sekarang pastinya pada bertanya-tanya nih, kerjanya lulusan Teknik Kelautan di mana ya? Apa di laut terus? Secara umum dan pasti jawabannya adalah iya, tapi ga’ melulu di laut, tergantung lapangan kerja yang digeluti. Lulusan Teknik Kelautan dapat menjadi konsultan teknik atau kontraktor. Untuk perusahaan yang menjadi lahan kerja lulusan Teknik Kelautan sebagian besar bergerak di bidang industri minyak dan gas (oil and gas company), seperti Schlumberger, Chevron, Total, Pertamina, dan lain-lain. Dan itu ga’ semuanya kerja di laut lho, bisa kerja kantoran juga. Kalau di pemerintahan bisa bekerja di bawah naungan Kementrian Kelautan.

 

Perguruan Tinggi yang terdapat Jurusan Teknik Kelautan

Di Indonesia, terdapat 4 Perguruan Tinggi yang menyediakan S-1 Teknik Kelautan, yaitu:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB) akreditasi A
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akreditasi A
  3. Universitas Hasanuddin (Unhas) akreditasi A
  4. Institut Teknologi Minaesa, Tomohon akreditasi C

==================

Demikian review singkat mengenai Jurusan Teknik Kelautan, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Avatar

Satrio Agi Nugraha

Author Since:  May 4, 2015

Agi merupakan mahasiswa program studi S1 Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember tahun 2012