Jurusan Teknik Metalurgi

Teknik Metalurgi

Jurusan Teknik Metalurgi – Metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan Kuliah Teknik Metalurgi dan Teknik Material sama dalam penerapan disiplin ilmunya, hanya Teknik Material lebih fokus ke keramik sedangkan Teknik Metalurgi fokus ke logam.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Metalurgi

Beberapa Mata Kuliah yg dipelajari adalah : Pengantar metalurgi, kimia analitik, Mekanika Teknik, Refraktori, Material Lanjut, Pengelasan, Heat Treatment, Pengecoran Logam, Fenomena Perpindahan, Korosi, Coating dan masih banyak lagi

Sekilas tentang lulusan Jurusan Teknik Metalurgi

Setelah lulus sebagai sarjana teknik metalurgi/material akan mendapatkan gelar S.T. Jurusan teknik metalurgi/material hanya ada 6 kampus dan 7 himpunan di Indonesia.

Selain bekerja, alumni sarjana teknik metalurgi dapat mengikuti sertifikasi profesi, seperti Welding Inspector (WI), Welding Engineer (WE), Coating Inspector, Corrosion Inspector. Tujuan sertifikasi tersebut adalah untuk mendapatkan keahlian khusus pada satu bidang tertentu saja.

 

Perguruan tinggi yang terdapat Jurusan Teknik Metalurgi

Untuk saat ini hanya ada 6 Universitas/Institut yg terdapat jurusan teknik metalurgi dan teknik material yaitu:
1. ITS Surabaya : Teknik Material dan Metalurgi (menjadi satu jurusan)
2. UNJANI Bandung : Teknik Metalurgi
3. ITB : Teknik Material, Teknik Metalurgi (dipecah menjadi 2 jurusan)
4. UI : Teknik Metalurgi dan Material (menjadi satu jurusan)
5. UNTIRTA Banten : Teknik Metalurgi
6. ITSB Bekasi : Teknik Material

Sebagai bentuk solidaritas dan kerjasama antar mahasiswa jurusan teknik metalurgi telah dibentuk Perhimpunan Mahasiswa Teknik Metalurgi dan Material (PPM3I) se-Indonesia. Jika kamu ingin bertanya atau mempunyai ketertarikan di bidang ini, kamu bisa follow atau mention @PM3I

 

========================

Demikian review singkat mengenai Jurusan Teknik Metalurgi, apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar.

Avatar

Alfred Arief

Author Since:  May 3, 2015

Alfred merupakan mahasiswa program studi S1 Teknik Metalurgi