Jurusan Transportasi Laut

transportasi-laut

Jurusan Transportasi Laut – Indonesia merupakan negara maritim besar dan transportasi laut mempunyai peran vital dalam pembangunan nasional dan merupakan infrastruktur dan tulang punggung kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sektor transportasi (khususnya transportasi laut bagi negara kepulauan seperti Indonesia) adalah merupakan fundamen (dasar) dari seluruh kehidupan ekonomi dan kualitas hidup suatu bangsa.

Untuk dapat mengelola sektor transportasi laut secara optimum dibutuhkan adanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi khusus yang tinggi dalam bidang transportasi laut. Salah satu cara peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah melalui pendidikan khususnya pendidikan tinggi. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam upaya memberdayakan industri pelayaran nasional.

Apa yang di pelajari di Jurusan Transportasi Laut?

Jurusan Transportasi Laut memiliki 3 kompetensi besar:

  1. Pelayaran
  2. Pelabuhan
  3. Logistik

Secara mendasar jurusan ini berbeda dengan Akademi Pelayaran, Teknik Perkapalan, Teknik Sipil maupun Teknik Industri. Jurusan ini lebih menjurus pada desain konseptual di sisi demand. Desain konseptual di sini berarti perhitungan pra desain yang dihasilkan dari permintaan akan produk tersebut. Gambaran umum sebagai berikut:

Prospek Pekerjaan Jurusan Transportasi Laut

Jadi bisa di bilang ini mirip-mirip Teknik Industri kalo di FTI ( Fakultas Teknologi Industri). Di ITS sendiri jurusan ini termasuk dalam FTK (Fakultas Teknologi Kelautan) bersama 3 jurusan kelautan lainnya; Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan. Dalam rumpun fakultas kita paling dekat sama Teknik Perkapalan karena Transportasi Laut sendiri sejarah nya merupakan prodi dari Teknik Perkapalan. Di semester 1-2 biasa nya kita masih se kelas sama anak Teknik Perkapalan. Jangan kira kalo fakultas teknik kelautan mayoritas cowok ya, emang sih mayoritas cowok tapi di jurusan transportasi laut ini jumlah cewek nya udah meningkat kok. kalo mau tau lebih jauh cek : seatrans.its.ac.id

Avatar

Karina Nur Arumsari

Author Since:  Apr 26, 2015

Kontributor
Karina merupakan mahasiswi program studi S1 Transportasi Laut ITS

  • Hieronimus Bebys

    Kak btw aku diterima di ppns konstruksi bangun kapal dan its transportasi laut, untuk kedepannya yg lebih baik kira2 saya ambil yg mana ya? Mohon solusinya makasih