Seputar Akreditasi Program Studi (Jurusan)

akreditasi jurusan

Akreditasi Program Studi (Jurusan) – Dalam memilih perguruan tinggi, seringkali calon mahasiswa dibuat bingung dengan komentar atau pendapat dari berbagai orang. Misal mau milih prodi Fisika, trus bingung diantara 2 pilihan, mau milih Fisika Unair apa ITS. Ketika nanya si A, bilangnya bagus Unair, ketika nanya si B, bilangnya bagus ITS. Nah jadi tambah bingung kan?

Pernah ga kamu ngalamin kayak gitu?

Nah sebagai standar penilaian kualitas jurusan, pemerintah membikin penilaian dalam bentuk akreditasi.

Nah apa sih akreditasi itu?

Apa sih akreditasi itu? Akreditasi adalah sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu alumni perguruan tinggi, sehingga kualitasnya antar PT tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja. Jika ibarat sebuah mobil, maka akreditasi adalah semacam keterangan kelaikan dari sebuah badan penjamin mutu bahwa mobil yang diproduksinya layak dipasarkan.

Akreditasi di perguruan tinggi ada 2, akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi institusi merupakan akreditasi terhadap institusi perguruan tingginya, misal akreditasi Universitas Indonesia. Sedangkan Akreditasi program studi merupakan akreditasi terhadap program studinya misal akreditasi Program Studi S-1 Kimia UI. Akreditasi institusi dilakukan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), sedangkan akreditasi program studi dilakukan oleh LAM PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi).

Setidaknya ada 2 tujuan akreditasi, yaitu:

  1. menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi/program studi kepada masyarakat
  2. mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja

Dalam artikel ini gue akan fokus membahas akreditasi program studi/jurusan aja.

 

Penilaian Akreditasi Program Studi

Penilaian akreditasi program studi didasarkan pada 10 standar, antara lain:

  1. Standar Isi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan
  6. Pengelolaan Program Studi
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian
  9. Standar Penelitian
  10. Standar Pengabdian Kepada Masyarakat

Nanti dari ke-10 standar tsb didropdwon lagi menjadi beberapa substandar yang lebih rinci dengan bobot nilai yang berbeda-beda.

Setelah sepuluh standar di atas dinilai, akan didapat nilai akhir (skala 0-400) yang nentuin bahwa prodi ini dapet akreditasi A, B, C, atau NA (nir-akreditasi/tak terakreditasi)

Akreditasi Nilai
A 361-400
B 301-360
C 201- 300
NA <201

 

Nah jadi dari akreditasi ini, kita bisa melihat mutu / kualitas program studi berdasarkan 10 standar penilaian di atas.

Selain untuk melihat kualitas mutu suatu jurusan, akreditasi ini juga digunakan sebagai standar untuk mengeluarkan ijazah. Untuk bisa mengeluarkan ijazah, sebuah prodi harus minimal terakreditasi C. Kalo NA ga bisa ngeluarin ijazah. Harus di proses akreditasi lagi paling cepet setaun kedepan.

Bagaimana dengan prodi baru? pada taun awal emang ga terakreditasi. Jadi harus mengajukan diri buat diakreditasi, meski belum punya lulusan. Tapi karena belum punya lulusan, memang relatif sulit untuk prodi baru langsung dapet akreditasi yg memuaskan. Namun pemerintah saat ini sudah menerapkan aturan kalau akreditasi program studi baru akan otomatis minimal terakreditasi C.

Nah nilai akreditasi ini berlaku selama 5 tahun. Jadi sebelum habis 5 tahun masa kareditasi, harus udah diakreditasi ulang agar tidak kadaluarsa. Akreditasi ulang bisa membuat nilai akreditasinya naik, tetep atau turun, tergantung penilaian saat itu, soalnya penilaian ini mulai dari awal lagi

Bagaimana jika akreditasi terlanjur kadaluarsa? Akreditasi kadaluarsa artinya nilai akreditasinya sudah lewat 5 tahun dan gak berlaku lagi, artinya sama dengan NA atau ga bisa nerbitin ijazah! Jadi yang udah terlanjur kadaluarsa harus segera minta untuk di proses akreditasi lagi.

 

Cara Melihat Akreditasi Jurusan / Program Studi

Untuk mengetahui akreditasi program studi suatu jurusan di kampus tertentu secara real-time (otomatis terupdate), silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini. (contoh: Universitas Jenderal Soedirman)

  1. Silahkan kunjungi situs pencarian BAN-PT atau bisa dengan mengetik http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
  2. Setelah itu, ketiklah “Universitas Jenderal Soedirman” di kolom Nama Universitas
  3. Kemudian, pada pilihan “status kadaluarsa” pilihlah “tampilkan semuanya” lalu setelah itu tekan tombol “Cari”
  4. Sampai sini lo udah bisa melihat akreditasi dan daftar semua prodi/jurusan yang ada di UNSOED

 


Demikian pembahasan tentang Akreditasi, apabila ada yang ditanyakan, bisa kamu tulis di comment section di bawah 🙂

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Ari Candra Arista

    Akreditasi ijazah sesuai dengan akreditasi ketika lulus

  • Indah

    kak kalo misal akreditasi prodi dr 2015-2020 kemudian masuk kuliahvpas 2018.. itu ntar lulus kuliahnya akreditasi di ijazah apa ya.. tetep A atau ngikutin perubahan akreditasi selanjutnya? thank’s

    • Ari Candra Arista

      Akreditasi ijazah sesuai dengan akreditasi ketika lulus, jadi ikut perubahannya.

  • Fara

    Hai, saya baru diterima di ptn yang baru buka fk 2 tahun lalu. Jadi fknya masih c. Nah kemungkinan akreditasi nya itu bisa meningkat per tahun atau harus nunggu 5 tahun baru bisa diperbarui dan ditingkatkan statusnya? Terus apakah fk akre c akan dibubarkan? Terus fk akre rendah bisa bersaing saat ujian nasional dokter? Terus apakah harus nunggu lulusan baru dapat memperbaiki akreditasi? Berarti angkatan awal2 dapet apesnya dong?

  • Gamaliel Deni

    Ka mau nanya kalo misalnya akreditasi jurusannya masih b apakah saat lulusnya pengujinya dari kampus lain yang akredirasinya a?

    • Ari Candra Arista

      Pengujinya dari badan akreditasi nasional, bukan dari kampus

  • Ameliaa

    Kak mau nanya, misal saya kuliah masuk tahun ini nah milih prodinya yang akred nya maish b dari tahun 2014 nah misal taun 2019 berubah jadi a itu berarti nanti saya lulus dianggepnya saya lulus dari prodi berakreditasi a atau b??

    • Ari Candra Arista

      Dari prodi akreditasi A

  • lala

    Kak, saya lala, sebentar lg bakal lulus, mau kuliah keluar kota tp dilarang ortu, trusdi tmpat saya cuma ada 2 institut ka, yg satu ada akreditas nya satu nya ga ada, yg ada itu juga jurusan manajmen akreditas c, kalo sy lulus itu akreditas dr institut berpengaruh gakalo saya mau kerja?

  • Maman Suryaman

    Saya wulan. Saya mau tanya kalo ptn yg prodinya masih C ada besar kemungkinan 3 tahun kemudian naik ke B ga?

    • Ari Candra Arista

      Kalo enggak diproses akreditasi ulang, ga naik. Masa berlaku akreditasi 5 tahun.

      • Maman Suryaman

        Kalo saya liat di internet masa kadaluarsanya thn 2019. Kan ptn, jd pas akreditasi ulang kemungkinan naiknya besar ga?

      • Ari Candra Arista

        Tergantung perubahan atau perbaikan dari kampusnya. Kalo ada perbaikan dari tahun sebelumnya, mungkin aja naik akreditasinya

  • Rohidin Bunglon

    Gan , sy mau tanya..kampus sy hanya ada 3 jurusan. Komunikasi,agribisnis,dan psikologi. Yg sy ambil adalah psikologi. Baru dibuka tahun 2009. Tp sy lulus baru tahun ini,cuti soalnya. Tp yg membuat sy bertanya2 kenapa di situs akreditasi dari BANPT utk fakultas sy itu gak ada sama sekali. Sy merasa kampus sy telah menipu. Sy ingin melaporkannya. Tp gak tahu kemana. Maklum kami ini hanya org yang tinggal di pinggiran. Coba gan cek Universitas Timika kopertis 14 gak ada prodi psikologi hanya 2 fakultas sj yang diakui. Mohon bantuannya.

    • Di BanPT akreditasi nya C

      • Rohidin Bunglon

        Terima kasih utk jawabannya. Tp sy masih bertanya2 di kampus sy, dan mereka sedang mengusahakannya. Jadi,
        Hanya Komunikasi Dan Agribisnis yang akreditasinya C. Psikologi malah gak ada.

      • Ya itulah. Susahnya di Indonesia adalah antar universitas selalu permasalahan ada di akreditasi. Tapi percayalah pada kemampuan anda. Selama Anda berbakat dan memang anda mau berjuang lebih, dari lulusan manapun ga begitu masalah. Selamat berjuang!

  • Yessy

    Hi saya Yessy. saya lulus dari kampus keguruan di cijantung. Saat ijazah saya keluar,masa akreditasi 5 tahun sudah lewat . Jadi ijazah saya keluar pas saat proses akreditasi untuk 5 tahun ke depan. Saya ingin minta klarifikasi dengan kampus karena akhirnya ijazah saya bermasalah. Complain apa yang tepat saya ajukan? Dalam proses tersebut, apakah mungkin status mengikuti yang sudah lewat.

    Terimakasih dan mohon info dan sarannya.

  • kaapiww

    gan klo universitas baru 2 angkatan dan belum mendapatkan akreditasi apa ngaruh buat lulusannya mencari kerja?

    • Banyak di skill, lulusan mana itu cuman tambahan aja. Saya juga kuliah di PTN yang akreditasi nya B tapi banyak perusahaan besar maksa lulusan kampus saya untuk jadi bagian direksi mereka kebanyakan dan juga IT. Jadi tergantung. Skill anda hebat dan koneksi kuat itu jadi daya jual anda ketika bekerja. Saya di semester 2 saja sudah banyak perusahaan ngincer dan minta kalau saya internship atau kerja nanti masuk ke perusahaan mereka. Padahal prodi saya C dan kampus saya B.

  • Rayhan Nauval

    Saya mahasiswa baru angkatan kedua di prodi yang baru buka, kampusnya kampus ternama yg ada di depok. Maaf bukan bermaksud sombong tapi saya perlu tau, paling tidak apa saat kakak kelas saya lulus nanti prodi saya akan dapat akreditasi? Dan apabila misalkan dapet c, akan terus begitu sampai 5 tahun kedepan?

    • Ari Candra Arista

      Ya, kalo mau meluluskan mahasiswa, pasti udah terakreditasi, apalagi kampusnya udah ternama. Kalo yg dimaksud UI, kayaknya sih minimal dapet B.

  • Aditya SM

    Permisi mau nanya apa bisa prodi baru langsung berakreditas B atau A ?

    • Ari Candra Arista

      Prodi baru minimal akan terakrediasi C. Tapi dimungkinkan juga bisa dapet B. Kalo langsung A, kayaknya susah.

      • Aditya SM

        Saya mau cerita perihal prodi saya yang belum ada akreditasinya. Saya adalah mahasiswa angkatan kedua di prodi tsb yang sekarang dalam proses akreditasi. Apakah jika nanti hasilnya adalah C akan berarti lulus kuliah dengan predikat akreditas prodi C ?

      • Ari Candra Arista

        Iya, karena akreditasi berlaku 5 tahun

  • SIMBIZ Asia

    kak, mau tanyaa
    kalo mau kerjasama media partner dgan HALO KAMPUS gimana ya ?
    kontak nya ke siapa ya? 🙂
    thanks!

  • 12-34-56

    min, akreditasi jurusan itu ngasih pengaruh nggak sih buat nyari kerja nanti?

    • Ari Candra Arista

      ada beberapa (relatif sedikit) institusi yg mensyaratkan