Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Baru PTN

Beasiswa Mahasiswa Baru PTN

Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Baru PTN – Pendidikan adalah jalan untuk memperbaiki kehidupan. Memalui pendidikan, seseorang bisa mengangkat derajat, ekonomi, dan kesejahteraan dirinya sendiri dan keluarnganya. Dengan pendidikan yang benar, seseorang seseorang bisa mendapatkan pengetahuan lebih luas, sehingga dapat lebih bijak dalam berpikir, mengambil keputusan dan berorganisasi. Tentu saja, pendidikan ga cuma diperoleh melalui bangku kuliah, namun memang, bangku kuliah merupakan salah satu tempat terbaik dalam mencari ilmu, networking dan pengalaman.

Nah bagaimana bagi siswa/i yang berasal dari keluarga yang kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Kabar gembiranya, kamu bisa melanjutkan pendidikan melalui berbagai macam beasiswa maupun sekolah kedinasan.

Khusus beasiswa, dalam beberapa tahun terakhir, baik pemerintah maupun pihak swasta secara gencar-gencaran memberikan beasiswa bagi siswa-siswi yang kurang mampu. Ada banyak banget kisah anak buruh tani, anak tukang becak, anak pemulung yang berhasil menggapai cita-cita lulus di perguruan tinggi.

beasiswa tidak mampuFoto-foto di atas merupakan beberapa contoh dari sekian banyak lulusan sarjana yang sukses karena, disamping kerja keras, juga bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa.

  • Kanan Atas: Raeni saat diantar ayahnya menghadiri acara wisuda Unnes tahun 2014 lalu. Raeni merupakan salah satu wisudawan terbaik Unnes dengan IPK 3,96. Raeni mendapat bantuan beasiswa Bidik Misi di Unnes. Sekarang Raeni melanjutkan pendidikan S2 di Inggris.
  • Kiri Atas: Setyaningsih, anak penjual kue apem asal Salatiga, menyelesaikan pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi UGM. Setyaningsih mendapat bantuan beasiswa melalui jalur seleksi PBUTM UGM.
  • Kanan Bawah: Agung Bakhtiyar, anak tukang becak setelah diwisuda menjadi dokter dari Fakultas Kedokteran UGM.
  • Kiri Bawah: Zumrotul Choiriyah saat menjadi wisudawati terbaik di kampus IAIN Walisongo Semarang. Zumrotul berasal dari keluarga kurang mampu. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, sementara ayahnya sebagai buruh tani serabutan. Dia mendapat beasiswa penuh pemerintah dari program Bidik Misi
[myad]

 

Beberapa Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa yang Kurang Mampu

Beasiswa pada saat awal masuk kuliah pada dasarnya memprioritaskan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun setelah menjadi mahasiswa, beasiswa-beasiswa lain nya akan lebih bertebaran, ga cuma terbatas beasiswa ga mampu aja, tergantung keaktifan kamu mencari informasinya.

Nah di Indonesia, ada beberapa beasiswa bagi calon mahasiswa baru PTN yang bisa kamu coba:

1. Beasiswa Bidik Misi

Bidikmisi adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa baru yang kurang mampu, untuk melanjutkan studinya di jenjang perguruan tinggi.

Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Persyaratan Beasiswa Bidik Misi

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2015;
  2. Lulusan tahun 2014 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    1. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
    2. Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya ;
    3. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnyaRp3.000.000,00 per bulan. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata-rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir; dan atau
    4. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
  6. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS denganketentuan:
    1. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
      1. 1)  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
      2. 2)  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
      3. 3)  Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN
    2. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.

Kuota nasional: sekitar 60.000

Cakupan Perguruan Tinggi: Semua PTN dan sebagian besar PTS

Website: www.bidikmisi.dikti.go.id

2. Beasiswa ETOS

Beasiswa Etos adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh Yayasan Dompet Dhuafa kepada mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi dengan tujuan membentuk SDM berkarakter pemimpin, mandiri, unggul, disiplin, berakhlak islami dan kontributif.

Persyaratan Beasiswa ETOS:

Persyaratan umum

  • Lulus SMA/Sederajat dan akan masuk Perguruan Tinggi melalui Jalur SNMPTN, SBMPTN dan UM jalur reguler
  • Diterima pada PTN dan jurusan yang direkomendasikan Beastudi Etos (Daftar PTN yang direkomendasikan dapat dilihat di www.beastudiindonesia.net

Persyaratan khusus

  • Formulir Biodata
  • Slip Gaji/Surat keterangan penghasilan orang tua
  • Kartu Keluarga
  • KTP/kartu identitas lain
  • Ijazah SMA (bagi yang sudah lulus SMA/sederajat) yang dilegalisir
  • Pas Foto terbaru berwarna
  • Foto Rumah (tampak keseluruhan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur)
  • Rekening listrik bulan terakhir
  • Tulisan tentang perjalan hidup minimal 2 halaman A4
  • Raport Semester (1-5) (Aspek Kognitif)

Cakupan Perguruan Tinggi: Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Mulawarman, Universitas Hassanudin, Universitas Pattimura

Kuota Nasional: ratusan penerima

Website: www.beastudiindonesia.net

3. Beasiswa Santri Berprestasi

Beasiswa Santri Berprestasi adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh Kementerian Agama bagi siswa/i atau santri yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan Pondok Pesantren.

Persyaratan Beasiswa Santri Berprestasi

  • Lulusan Madrasah Aliyah (MA) 2015 (baik IPA, IPS, bahasa, dan agama) binaan pondok pesantren, serta
  • Lulusan pondok pesantren muadalah (PPM) dan salafiyah (PPS) yang menyelenggarakan ujian paket

Cakupan Perguruan Tinggi: IPB Bogor, ITS Surabaya, UPI Bandung, UGM Jogjakarta, UIN Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Sunan Gunungjati Bandung, dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kuota Nasional 2015: sekitar 300 penerima

Periode Pendaftaran 2015: 1-20 April

Website: ditpdpontren.kemenag.go.id/

============================================================

Selain beasiswa di atas, ada beasiswa lain yang diberikan secara khusus kepada calon mahasiswa yang kurang mampu, misal apabila kamu masuk melalui PBUTM UGM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu).

Nah kalo kamu lihat dari daftar beasiswa di atas, kuota beasiswa bidik misi jumlahnya jauh lebih banyak dari pada beasiswa lainnya, karena memang dana yang dialokasikan oleh pemerintah untuk beasiswa ini besar sekali. Oleh karena itu, apabila kamu ga mampu secara ekonomi, sebaiknya minimal mendaftar beasiswa bidik misi dulu. Namun boleh juga apabila kamu daftar beberapa beasiswa sekaligus, tetapi tentunya tidak bisa diterima lebih dari satu beasiswa.

Okay demikian, jangan sampai ketidakmampuan ekonomi menghalangi cita-cita untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Sudah terlalu banyak contoh mahasiswa yang berhasil mengubah hidupnya berkat beasiswa. Semoga bermanfaat!

 

Sumber:

https://ugm.ac.id/id/berita/9078-kisah.anak.penjual.apem.meraih.%E2%80%98mimpi%E2%80%99.jadi.dokter.gigi

Wisudawan Terbaik, Raeni Ditawari Beasiswa S2 ke Inggris

http://banjarmasin.tribunnews.com/2014/08/07/anak-buruh-tani-raih-sarjana-terbaik-dengan-ip-393

http://sitasaja.blogspot.com/2011/07/agung-bakhtiyar-anak-tukang-becak-yang.html

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra