Jadwal Kegiatan Kelas 12 dan Kenapa Lo Mesti Belajar dari Sekarang

kelas-12

Jadwal Kegiatan Kelas 12 dan Kenapa Lo Mesti Belajar dari Sekarang – Bulan agustus lalu menjadi akhir dari serangkaian penerimaan masuk perguruan tinggi, sekaligus menjadi akhir dari rangkaian kegiatan kelas 12 SMA maupun sederajat. Ada yang bisa melewatinya dengan manis, namun ada juga yang terpeleset. Terpeleset disini bisa macem-macem jenisnya: bisa berarti ga dapet tempat kuliah akibat kalah bersaing, bisa jadi dapet tempat kuliah tapi bukan di tempat yg dikehendaki, bisa jadi salah milih jurusan, dll.

Banyak anak yang terpeleset di kelas 12 ini simply karena mereka ga tau medan perangnya. Manajemen waktu yang kurang menyebabkan banyak siswa yang keteteran ketika memasuki peak season kelas 12. Bayangin aja di kelas 12 ini saat dimana ada US, Ujian Praktikum, UN, SBMPTN serta Ujian-ujian Mandiri diselenggarakan hanya dalam hitungan 4 bulan. Apabila kurang perencanaan, bisa jadi persiapanmu menghadapi ujian-ujian tersebut jadi ga maksimal.

Disini gue ga bermaksud nakut-nakutin, tapi gue pengen lo mulai sadar bahwa medan tempur di depan lo itu berat, jadi harapan gue, lo bisa mulai prepare semuanya mulai dari sekarang.
[myad]

Jadwal Kegiatan Kelas 12

Sebagai bahan persiapan lo, pertama, penting buat lo mengetahui gambaran apa aja kegiatan penting yang akan lo alami selama kurang lebih sampai agustus tahun depan. Setelah itu lo bisa nyicil beberapa materi pelajaran, entah mapel apapun atau kelas berapapun. Mungkin kalo ada waktu gue bakal bikin panduang belajarnya.

Tapi yang lebih penting sekarang, lo tau dulu 11 kegiatan penting yang harus lo lalui ketika kelas 12 sampai dengan akhir Juli.

Timeline kegiatan kelas 12

1. Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah efektif dilaksanakan selama 8 bulan, yaitu mulai bulan Agustus sampai dengan Maret. Bila dikurangi dengan libur kenaikan semester dan pelaksanaan UTS dan UAS, maka praktis tinggal sekitar 7 bulan (ini juga belum dikurangi libur sekolah). Jadi belajar dengan ngandelin sekolah doank itu sangat-sangat mepet. Usahakan belajar dan ngulik-ngulik materi sendiri.

2. UTS Semester Ganjil

UTS Semester Ganjil akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2015. UTS ini penting sebagai bahan penilaian raport untuk SNMPTN, tapi harusnya sih ini ga jadi masalah bagi lo.

3. Seleksi Masuk PTS

Seleksi Masuk PTS sudah mulai dibuka pada bulan September 2015 sampai dengan Agustus 2016. Tiap-tiap PTS mempunyai timeline yang berbeda-beda terkait penerimaannya. Ada yang udah mulai agustus, ada yang baru mulai Januari. Namun secara umum seleksi PTN melalui seleksi raport serta aplikasi beasiswa biasanya dilaksanakan pada awal-awal periode pendaftaran. Selain itu di awal-awal periode pendaftaran juga relatif sedikit saingannya. Jadi rajin-rajin cek jadwal pendaftaran PTS inceran lo, dan kalo memang bener-bener naksir, usahakan daftar di awal periode tersebut. Setelah SBMPTN, biasanya sudah jarang PTS yang melakukan seleksi raport dan lebih banyak yang mengadakan seleksi melalui tes (tentunya saingan juga akan nambah).

4. UAS Semester Ganjil

UAS Semester Ganji akan dilaksanakan pada bulan Desember 2015. Yang perlu diingat bahwa, nilai semester 5 akan digunakan dalam penilaian SNMPTN sehingga usahakan nilaimu di UTS maupun UAS baik.

5. Pendaftaran SNMPTN 2016

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2016 saat ini belum ada, namun berdasarkan tren tahun-tahun sebelumnya, berikut ini perkiraan jadwal SNMPTN 2016

Pendaftaran SNMPTN 2016 Februari – Awal Maret
Periode Seleksi SNMPTN 2016 oleh PTN Awal Maret – Awal Mei
Pengumuman Hasil SNMPTN 2016 Pertengahan Mei

 

Pendaftaran SNMPTN 2016 biasanya dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan awal Maret. Setelah pendaftaran ditutup, berkas pendaftaran SNMPTN akan dikirim ke PTN pilihan I untuk diseleksi. Waktu seleksi di PTN pilihan I selama sekitar sebulan. Lalu apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas pendaftaran akan diseleksi di PTN pilihan II selama sekitar sebulan juga. Jadi total waktu seleksi di PTN adalah dua bulan sampai dengan awal bulan Mei. Lalu sekitar pertengahan Mei, hasil SNMPTN 2016 akan diumumkan di website SNMPTN.

6. Bimbingan UN Sekolah

Nah bimbingan UN di sekolah ini adalah awal dari semua masa super sibukmu di kelas 12 SMA. Tiap sekolah punya kebijakan berbeda-beda tentang bimbingan ini, namun biasanya sih diadakan selama sekitar 2-3 bulan sekitar Januari – Maret. Bimbingan ini biasanya menambah sekitar 2 jam, di luar sekolah. Jadi kalo sekolah lo biasanya pulang jam 2 siang, maka setelah adanya bimbel ini maka lo akan pulang sekitar jam 4 atau setengan 5 sore. Belum lagi kalo lo ikut bimbel di luar, bisa tiap hari pulang jam 8 malem (setidaknya itu yang gue alamin dulu hehehe). Jadi kebayang kan kalo lo ga mulai nyicil materi dari sekarang? Fisik lo dituntut bekerja keras, otak lo dijejeli materi terus dari pagi sampai malem. Selain bikin capek juga materi yg keserap jadi ga maksimal.

7. Ujian Sekolah dan Praktikum

Ujian Sekolah dan Ujian Praktikum akan dilaksanakan pada bulan Maret sebelum UN, bisa praktikum dulu atau US dulu.

8. Ujian Nasional 2016

Ujian Nasional untuk SMA/SMK/MA dan sederajat untuk tahun ajaran 2015/2016 akan dilaksanakan pada tanggal 4 April 2016 sesuai berita di Jawa Pos. Untuk SMA, UN dilaksanakan selama 3 hari dengan 2 mapel yang diujikan per hari.

Ujian Nasional ini tidak menentukan kelulusan siswa, namun apabila nilai UN lo berada dibawah 55, maka lo boleh melakukan Ujian Perbaikan yang akan dilaksanakan sekitar bulan Juni – September.

9. Bimbingan Belajar Intensif Persiapan SBMPTN

Setelah UN praktis jadwal kegiatan sekolah akan kosong banget, biasanya anak-anak mengisi kekosongan jadwal tersebut dengan mengikuti bimbel intensif SBMPTN. Meskipun begitu, bukan berarti lo harus ikut bimbel SBMPTN, semua tergantung kesiapan dan kedisiplinan belajar lo.

10. SBMPTN

Jika mengikuti tren pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN biasanya dilaksanakan pada minggu kedua atau ketiga bulan Juni. Meskipun begitu, pendaftarannya biasanya akan dibuka pada awal Mei. Jadwal lengkap pelaksanaan SBMPTN biasanya akan dirilis April.

11. Seleksi Mandiri PTN

Seleksi Mandiri S1 PTN mulai dilaksanakan setelah SBMPTN, meskipun begitu pendaftarannya biasanya sudah mulai dibuka pada bulan Mei. Beberapa hari setelah SBMPTN biasanya SIMAK UI dan UM UGM akan dilaksanakan secara bersamaan. Setelah itu, beberapa seleksi mandiri lain akan menyusul yang mana paling banyak akan dilaksanakan pada bulan Juli. Oleh karena itu sebaiknya lo juga siapin seleksi mandiri ini sejak jauh-jauh hari terutama apabila lo pengen ikut SIMAK UI atau UM UGM.

 

=================================================

Demikian tulisan gue tentang rangkaian kegiatan penting kelas 12. Sekilas kalo dibayangin memang capek, oleh karena itu, alangkah baiknya lo mulai menyicil beberapa materi mulai dari sekarang. Biasanya sih itu semua ga secapek ketika dijalanin. Moga-moga tulisan ini bisa bermanfaat bagi lo untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Satu hal yang pasti: masa-masa kelas 12 itu adalah masa-masa sekolah paling ngangenin. Ga percaya? setidaknya jumlah retweet dan reply dalam tweet dibawah bisa menjadi bukti 🙂

 

P.S.: ga semua tweet boleh ditiru 😉

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • evelita

    Ka,kasih tips buat masuk ke stan dong, sekalian ad test apa aj dan di bulan apa, nanti biar kita bisa persiapan

    • Ari Candra Arista

      untuk STAN nanti ada pembahasan tersendiri 🙂

  • Makarov

    Min ane kan ngulang sbmptn, apakah sbmptn tahun depan akan sama dengan sbm thn ini?

    • Ari Candra Arista

      Kalo secara peraturan kemungkinan sih ga bakal beda jauh, termasuk tanggal pelaksanaan, dll. Kalo materi soal (apakah materi K13 masuk SBMPTN) belum tau, tunggu aja rilis resminya, tapi sebaiknya tetep mempersiapkan diri belajar terutama basic-basicnya mulai dari sekarang.