Panduan Lengkap dan Info Pendaftaran SNMPTN 2018

panduan-lengkap-dan-info-pendaftaran-snmptn-2018

Halo! Banyak yang bilang lolos SNMPTN itu untung-untungan. Kenapa banyak yang bilang untung-untungan? Karena mereka ga paham aja penilaiannya seperti apa.

Kalo kamu bener-bener paham dengan aturan dan cara penilaian, maka kamu bakal sadar bahwa ada banyak hal-hal yang bisa dimaksimalkan agar meningkatkan peluang kamu diterima.

Nah di artikel ini aku akan merangkum hal-hal yang penting terkait aturan dan penilaian SNMPTN.

Aku saranin kamu bookmark (CTRL D) link ini atau share ke medsosmu agar sewaktu-waktu gampang untuk dibuka lagi.

Panduan-SNMPTN

1. Aturan dan Pendaftaran SNMPTN

Secara umum, aturan SNMPTN biasanya mirip dengan aturan tahun sebelumnya. Kalo ada perbedaan, biasanya terkait dengan kuota penerimaannya. Perlu kamu ketahui, ga semua siswa bisa ikut SNMPTN. Apabila sekolahmu akreditasinya A, maka 50% siswa dengan nilai tertinggi di suatu jurusan yang bisa ikut. Apabila sekolahmu akreditasinya B, maka kuotanya lebih rendah lagi yaitu 30%.

Untuk jadwal kegiatannya sendiri biasanya udah mulai pada bulan Januari berupa pengisian nilai (PDSS). Tapi pendaftaran SNMPTN sendiri biasanya baru dilaksanakan Februari – Maret.

Saat ini jadwal SNMPTN tahun 2018 belum ada. Berikut ini jadwal tahun 2017 lalu sebagai gambaran.

Pengisian PDSS 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017

Di sini kamu bisa baca panduan seputar aturan SNMPTN berdasarkan tahun 2017 lalu.

1. Aturan dan Pendaftaran SNMPTN

Salah memahami aturan SNMPTN bisa mengakibatkan kamu salah mengambil keputusan. Pahami benar-benar aturannya.

Baca di sini

2. Indikator Penilaian SNMPTN

Setelah kamu memahami aturannya, nah sekarang pertanyaannya apa aja sih yang dijadikan penilaiannya? Penilaian SNMPTN ini dilakukan sendiri oleh masing-masing PTN, jadi antara satu PTN dan PTN yang lain bisa saja beda, ga sama persis.

Yang jelas penilaiannya ga cuma nilai raport saja tapi reputasi asal sekolahmu juga akan diperhitungkan. Nilai 90 di sekolah dengan reputasi bagus tentu beda bobotnya dengan nilai 90 di sekolah dengan reputasi kurang. Trus apa aja yang menentukan reputasi sekolah? Ada prestasi sekolah, alumni yang kuliah di PTN tersebut, prestasi alumni, dll.

Dari beberapa publikasi dan informasi yang pernah dikemukanan oleh PTN baik langsung ataupun ga langsung, aku udah ngumpulin hal-hal yang dijadikan penilaian di SNMPTN beserta penjelasannya. Selengkapnya bisa kamu baca di link di bawah ini.

2. Indikator Penilaian SNMPTN

Ada beberapa hal selain nilai raport yang dijadiin penilaian di SNMPTN

Baca di sini

3. Survei ke peserta SNMPTN

Dari indikator penilaian SNMPTN di atas, aku mencoba mempertajam dengan melakukan survei terhadap ribuan siswa yang terbukti diterima. Dari survei tersebut bisa menjawab, apakah indikator penilaian SNMPTN di atas benar-benar nyata menjadi penilaian, apakah isu-isu yang sering beredar beneran terbukti, dan beberapa insight lain yang mungkin ga dipublikasikan secara resmi oleh PTN.

Hasil survei tersebut berupa data mentah maupun olahan yang bisa kamu baca di link-link di bawah ini:

Selain itu dari hasil survei juga aku bisa menulis tentang beberapa tips SNMPTN diantaranya:

4. Saran dari Kakak Kelas yang Lolos

Terakhir, dari sekian banyak artikel di atas, mungkin ada poin-poin baik teknis maupun non teknis yang ga kesebut atau terlewat. Oleh karena itu, aku juga merangkum saran dari kakak-kakak kelas kalian yang TERBUKTI lolos di SNMPTN tahun tahun sebelumnya.

Siapa tau saran mereka bisa menjadi tambahan pertimbanganmu dalam menentukan pilihan di SNMPTN.

Saran dari Kakak Kelas yang lolos

Beberapa pengalaman kakak kelas yang sebaiknya ga kamu abaikan

a. Saran siswa yang diterima SNMPTN 2015 b. Saran siswa yang diterima SNMPTN 2016 c. Saran siswa yang diterima SNMPTN 2017

Aku harap kamu baca semua link di atas sebelum mendaftar.

Artikel ini sewaktu-waktu akan aku update apabila ada artikel baru tentang SNMPTN, so, ngingetin lagi agar kamu bookmark atau share di medsosmu agar gampang buat dibaca kembali sewaktu-waktu.

Semoga bermanfaat. Good luck buat para peserta SNMPTN 2018!