skip to Main Content
1-800-987-654 [email protected] Open 7AM - 8PM
Pilihan SBMPTN Pertama Kedua Ketiga

Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan Ketiga

Dalam SNMPTN, lo pasti sering mengenal istilah “PTN yang ga mau dinomorduakan”. Artinya siswa yang memilih PTN di Pilihan I, akan lebih diprioritaskan untuk lolos. Hasilnya, mayoritas siswa yang diterima di SNMPTN, diterima di Pilihan I mereka. Berdasarkan survei SNMPTN, 96% diterima di PTN pilihan I, siswanya 4% diterima di PTN Pilihan II nya.

Nah apakah hal tersebut juga berlaku di SBMPTN?

Sekilas tentang aturan pemilihan jurusan SBMPTN

Dalam SBMPTN, lo dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi. Lo bisa memilih ketiga program studi tersebut di PTN yang sama, atau beda semua. Urutan dalam pemilihan program studi yang lo pilih menyatakan prioritas pilihan.

Apakah peluang diterima SBMPTN pilihan pertama, kedua dan ketiga sama?

Untuk mengetahui hal tersebut, gue melakukan survei kepada siswa yang diterima di SBMPTN 2015 kemarin. Survei ini terdiri dari 1.563 responden yang diterima di berbagai PTN di Indonesia.

Pilihan SBMPTN Pertama Kedua Ketiga

Berdasarkan hasil survei, terlihat bahwa jumlah penerimaan di masing-masing pilihan relatif berimbang. Diterima SBMPTN di pilihan pertama ada 38%, diterima SBMPTN di pilihan kedua ada 34% dan diterima SBMPTN di pilihan ketiga ada 28%.

Sekarang bandingkan persentasenya dengan SNMPTN.

Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Kedua

Nah njomplang banget kan. Di SNMPTN, PTN sangat memprioritaskan siswa yang memilih PTN sebagai pilihan I. (Baca: analisis penerimaan SNMPTN) Dengan melihat perbandingan penerimaan SBMPTN tersebut, secara umum terlihat bahwa peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 adalah relatif sama besar. Artinya PTN ga terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga.

Agar tambah yakin gue mention akun official UI yang aktif di twitter




Penerimaan Berdasarkan Pilihan di beberapa PTN

Okay, sekarang secara umum sepakat ya kalo PTN ga terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga. Nah gimana dengan PTN-PTN tertentu yang menjadi favorit? apakah PTN favorit juga memperlakukan siswa yang menempatkannya di pilihan 1,2 atau 3.

Gue mencoba menyortir data di beberapa PTN favorit (yang ga ada di chart di bawah, belum tentu ga favorit ya, soalnya kalo dicantumin semua lama nyortirnya)

Persentase Penerimaan SBMPTN UI

Screen Shot 2016-05-01 at 00.01.06Dari 1.563 responden, ada 104 responden yang diterima di UI. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UI pilihan pertama ada 65%, pilihan kedua 26% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

Persentase Penerimaan SBMPTN UGM

Screen Shot 2016-05-01 at 00.13.45Dari 1.563 responden, ada 71 responden yang diterima di UGM. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UGM pilihan pertama ada 63%, pilihan kedua 27% dan pilihan ketiga 10%.

Hampir sama seperti UI, persentase siswa yang diterima di pilihan I UGM relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%).

Persentase Penerimaan SBMPTN ITB

Screen Shot 2016-05-01 at 00.19.23Dari 1.563 responden, ada 73 responden yang diterima SBMPTN di ITB. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN ITB pilihan pertama ada 73%, pilihan kedua 18% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I diatas UI maupun UGM dan tentu saja relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

Salah satu alasannya mungkin adanya program peminatan di ITB, yang mana siswa yang memilih program studi tertentu, akan diprioritaskan diterima. Nah kalo jurusan yang lo minati di ITB termasuk dalam program peminatan, lo wajib banget kirimkan form peminatan tersebut. Lebih lanjut tentang program peminatan ITB bisa lo baca sendiri di sini.

Persentase Penerimaan SBMPTN UNPAD

Screen Shot 2016-05-01 at 00.39.14Dari 1.563 responden, ada 184 responden yang diterima di UNPAD. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNPAD pilihan pertama ada 31%, pilihan kedua 43% dan pilihan ketiga 26%.

Nah data ini cukup menarik mengingat lebih banyak siswa yang diterima di pilihan kedua dibandingkan pilihan pertama. Persentase yang diterima di pilihan I bahkan setengahnya dari persentasi UI, ITB atau UGM.

Persentase Penerimaan SBMPTN UNAIR, UNDIP, IPB

Screen Shot 2016-05-01 at 01.06.39Dari 1.563 responden, ada 54 responden yang diterima di UNAIR. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNAIR pilihan pertama ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%.

Meskipun kata akun officialnya UNAIR memprioritaskan pilihan I, tapi pada kenyataannya, lebih dari separuh diterima UNAIR di pilihan II dan III.

Untuk UNDIP persentase diterima di pilihan I ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%. Sedangkan IPB persentase diterima di pilihan I ada 37%, pilihan kedua 37% dan pilihan ketiga 26%.

Apa artinya?

1. Jangan menganggap remeh pilihan 2 dan 3

Ga sedikit siswa yang ga terlalu mikir ketika memilih jurusan sebagai pilihan kedua dan ketiganya. Padahal, sesuai dengan penjelasan di atas, peluang diterima pilihan 2 dan 3 juga besar. Banyak kasus salah jurusan atau demotivasi kuliah karena hal ini. Jangan asal milih pilihan 2 dan 3 agar “yang penting kuliah”, tapi pilihlah jurusan yang apabila diterima, pasti akan lo ambil dan jalani dengan suka cita.

2. Mengosongi pilihan 2 dan 3, sayang banget

Dengan peluang diterima di pilihan kedua dan ketiga yang juga gede, menurut gue sih sayang banget apabila pilihan tersebut dikosongin. Mungkin ada diantara lo yang fanatik banget dengan jurusan dan PTN yang lo incer. Misal lo pengen kuliah di FK UI, titik! Sehingga mengosongi pilihan 2 dan 3. Padahal pilihan 2 dan 3 nya bisa lo pilih FK di PTN lain yang ga kalah keren.

Kenapa Peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 ga selalu sama besar?

Kalo lo lihat di keseluruhan PTN, memang kalo di total, persentase yang diterima di PTN pilihan pertama, kedua dan ketiga secara umum berimbang. Tapi kalo lo persempit cakupannya di PTN tertentu, bisa jadi persentasenya berbeda. Seperti yang terlihat di data di atas, di PTN big three (UI, UGM, ITB), persentase diterima di pilihan I berkisar antara 67-73%. Sedangkan PTN favorit lainnya non big three, persentase diterima di pilihan I juga dominan, namun masih di bawah 50%.

Kenapa bisa seperti itu? Ada 2 kemungkinan:

  1. Jumlah pendaftar di masing-masing pilihan jumlahnya berbeda cukup signifikan. Misal di PTN big three, seperti yang udah dipaparkan di atas, mayoritas PTN big three diterima di pilihan I, tapi mungkin emang karena mayoritas anak menempatkannya di pilihan I. Misalnya gini, yg menempatkan UGM di pilihan I nya ada 6.000, menempatkan UGM di pilihan II ada 3.000, menempatkan di pilihan III ada 2.000. Kalo kayak gitu, wajar kalo mayoritas diterima di pilihan I.
  2. Ada prioritas lebih bagi yang menempatkan sebagai pilihan I. Kemungkinan ini masih terbuka mengingat keputusan penerimaan dilakukan masing-masing PTN dan ga adanya data jumlah pendaftar di masing-masing pilihan.

——————————————————————————

Okay, demikian artikel tentang peluang penerimaan SBMPTN. Moga-moga tulisan ini bisa membantu lo dalam memilih jurusan di SBMPTN 2016 menjadi lebih maksimal. Apabila ada pertanyaan atau pendapat, bisa lo sampaikan di kolom komentar.

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra