Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah

buku tahunan sekolah

Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah – Ga terasa nih udah hampir 3 tahun masa sekolah telah dilewatin bersama. Ada suka-duka yang dari mulai dibentak-bentak dan pake atribut aneh-aneh pas ospek dulu, seru-seruan pas kegiatan tengah semester, sampai dengan sekarang sibuk mempersiapkan UN dan masuk kuliah.

buku tahunan sekolahSetelah ini mungkin lo bakal sibuk dengan perkuliahan masing-masing, sibuk dengan teman baru masing-masing dan sibuk dengan kehidupan masing-masing. Sekian tahun dari sekarang, hal-hal yang saat ini lo anggap biasa, bisa jadi bakal lo kangenin banget.

Well, salah satu cara untuk mengabadikan momen dan kenangan masa SMA tersebut adalah dengan buku tahunan sekolah.

Buku Tahunan Sekolah (BTS) merupakan buku yang berisi biodata guru dan temen-temen seangkatan lo, serta kumpulan foto momen berkesan selama lo sekolah. Atau bisa dibilang BTS itu buku yang menyimpan semua kenangan saat lo sekolah.

Jadi, Buku Tahunan secara umum mempunyai fungsi ganda:
1. Mengabadikan momen seru
Pas masa sekolah, tentu saja banyak banget kegiatan seru yang layak dikenang sampai tua nanti.
2. Sebagai reminder
Biodata guru dan semua siswa penting banget agar ga lupa atau lost contact nantinya

Okay jadi emang penting ya buat bikin buku tahunan, tapi gimana nih caranya bikin buku tahunan yang bagu?

Nah pertanyaan ini sering banget muncul di temen – temen kelas 12. Emang penting banget sih memperhatikan kualitas BTS mengingat buku ini akan lo simpan sampe tua nanti.

Rangkaian Kegiatan Penyusunan Buku Tahunan Sekolah

Buku tahunan tentu aja nggak bisa langsung jadi gitu aja. Perlu langkah – langkah yang tepat buat nentuin pembuatan buku tahunan itu sendiri. Nah, bisa disimak nih, apa aja sih yang harus disiapin

1. Tentukan konsep atau tema

buku-tahunan-sekolah-sma-yadika-3-34-638Konsep adalah hal penting yang sering terlupakan. Konsep yang jelas akan menjadikan buku tahunan lo terlihat lebih baik karena terjadi alur dan skema yang jelas dari mulai cover sampai akhir halaman.

Dalam menyusun konsep ini, harus diomongin bareng nih antara panitia, perwakilan kelas dan vendor / media organizer guna mendapatkan tema yang baik.

Lo juga harus memilih konsep yang unik dan juga tidak menyulitkan, karena lo harus menyiapkan dress code dan tempat pemotretan yang sesuai dengan konsep.

Setelah konsep atau tema umum buku tahunan udah ditentuin, baru deh konsep tiap-tiap kelas diserahkan ke masing-masing kelas sesuai dengan kreativitas masing-masing.

2. Tentukan Konten

Setelah menentukan tema, selanjutnya tentukan pembagian konten/isi buku tahunan.

Lalu secara umum apa saja isi dari Buku Tahunan, antara lain sbb :

  1. Data sekolah
  2. Biodata guru & para staf sekolah
  3. Foto siswa per kelas
  4. Foto-foto momen seru selama masa sekolah

IMG-20141013-WA0028Untuk data sekolah dan biodata guru & para staf sekolah bisa lo minta nanti di sekolahan, sedangkan foto siswa per kelas nanti dikoordinir tiap kelas. Nah untuk foto momen-momen seru nih nanti yang bakal menjadi tugas panitia BTS buat mencollect foto-foto mulai dari saat ospek dulu, sampai merencanakan foto-foto bareng dan mengabadikan kegiatan yang akan datang.

3. Tentukan Spesifikasi

Mulailah menyusun draft halaman dari cover sampai akhir halaman, berapa halaman yang dibutuhkan, dummy atau sketsa lay out dan apa saja yang akan dimasukkan kedalam buku tahunan lo. Jangan lupa pilihlah material yang dipakai kedalam BTS, mulai dari jenis kertas, finishing sampai fitur-fitur yang ada di BTS (Pop Up, Spin Wheel, Poster, Packaging, etc). Sesuaikan spesifikasi BTS dengan budget yang akan lo keluarkan.

4. Buat Timeline Pengerjaan

Setelah menyusun daftar konten dan spesifikasi yang dibutuhkan, tentukan waktu pengerjaan masing-masing daftar konten tersebut. Pastiin kalo lo ngerjainnya ga pas masa-masa sibuk kelas 12. Sebagai gambaran, lo bisa cek jadwal kegiatan kelas 12 berikut:

Timeline kegiatan kelas 12
Timeline kegiatan kelas 12

Dari jadwal tersebut, lo bisa lihat nih masa-masa sibuk kelas 12 itu kapan. Yang jelas mulai Maret, lo bakal disibukkan oleh Ujian Sekolah, Ujian Praktek, Bimbingan, UN, dll. setelah UN pun bakalan libur panjang sehingga akan sangat susah ngumpul kalo misalnya mau buat foto angkatan. Jadi waktu yang tepat buat foto angkatan atau foto seru-seruan yaitu mulai sekarang bulan November ini. Kenapa? karena waktu lo masih longgar banget, praktis belum ada kegiatan selain kegiatan belajar mengajar.

5. Sesi Photoshoot

fotoangkatan20102011Setelah mendapatkan tema baik, mulailah melakukan photoshoot. Kalo lo memerlukan foto angkatan di BTS lo, ya mau ga mau lo mesti ngumpulin satu angkatan buat foto bareng. Nah cara yang ampuh buat foto satu angkataan adalah sehabis upacara.

Sedangkan untuk foto per kelas, briefinglah kepada seluruh kelas untuk memilih sub-tema yang masih berkaitan (conoh; Tema: music, Sub-tema: Rock, Jazz, Pop). Lalu setiap kelas berkewajiban untuk memakai dress code dari tiap sub-tema, jangan sampai satu murid tidak masuk tema atau salah kostum karena bisa merusak sub-tema dari kelas itu sendiri. Pilih lah tempat yang sesuai dengan sub-tema, pilih tempat yang bisa dan mudah dijangkau, jangan memaksakan tempat yang terlalu jauh karena akan memberatkan salah satu teman sekelas lo.

6. Editing & Percetakan

Dalam tahap ini ada baiknya lo menyerahkan kepada pihak yang lo percayakan (vendor / media organizer), dalam tahap ini tugas lo adalah mendampingi dan menjelaskan visual seperti apa yang lo inginkan serta sesekali merevisi.

 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Buku Tahunan Sekolah

1. Panitia

Bentuklah sebuah panitia yang terdiri dari teman-teman yang bertanggung jawab dan sekiranya mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Panitia yang baik adalah panitia yang dapat menjalankan tugas dan target-nya dengan tepat. Pilihlah juga ketua atau pemimpin yang tepat, no leader, no good team.

2. Budget

Penting banget nih sebelum lo ngelangkah lebih jauh lagi, tentuin dulu budget lo berapa. Kenapa? Supaya lo bisa mempersempit pilihan lo nanti. Nggak harus paten berapa, tapi bisa berupa range. Nggak perlu nanya sana – sini, tapi pastikan kalo range itu tidak akan memberatkan salah satu temen angkatan lo.

Harga cetak buku tahunan sendiri bervariasi, sesuai dengan spesifikasi buku tahunannya. Kalo harga pasaran di Jakarta sih antara 70 ribu sampai 200an ribu per satuan. Harga per satuan bisa semakin murah tergantug dengan quantity nya.

Apabila lo keberatan di budget, ada 2 cara buat menyiasatinya:

a. Sponsor

Cara paling gampang mendapat sponsor di kegiatan sekolah adalah menodong siswa yang ortunya punya bisnis atau usaha tertentu, pasti tuh diantara temen lo satu angkatan, ada beberapa yg bisa jadi sasaran. Lumayan buat menyubsidi dana sekian. Namun jangan harapkan sponsor ini akan mencover semua biayanya, karena bakalan sangat susah untuk dapet gede, sementara space BTS lo pasti terbatas.

b. Ikut lomba

Promo3(1)Cara kedua yang bisa lo usahain buat pendanaan BTS yaitu dengan mengikuti lomba. Lombanya usahain yang sifatnya kolektif. Nah dari sekian lomba yg cocok buat kelas 12 yang hadiahnya gede dan pas banget related ama buku tahunan sih Lomba Buku Tahunan EYearbook Goodday.

Menurut gue sih ini lumayan banget buat jadi pemasukan angkatan, soalnya disamping hadiahnya gede, caranya juga simple banget. Lo cuma upload foto seru sekolah dan banyak-banyakin likes + share + comment. Kuncinya event ini sih gimana caranya gerakin temen-temen angkatan lo buat berkontribusi.

Periode lombanya berlangsung sampai dengan 19 Desember 2015, namun lo udah bisa daftar dan upload foto-foto dari sekarang. Jadi mending ngejar poin dari sekarang agar peluang menang gede.

Tata cara ikutannya bisa lo tonton di video dibawah. Info lebih lengkapnya bisa lo baca sendiri disini ya.


3. Vendor / Media Organizer

Jika lo merasa tidak yakin untuk membuat BTS sendiri, ga ada salahnya meng-hire vendor atau MO untuk mendapat hasil BTS yang maksimal. Pertama coba minta rekomendai kakak kelas mengenai vendor atau media organizer ini. Kalo vendor yang dipakai kakak kelas tahun lalu udah oke, sebaiknya sih ga usah nyoba-nyoba vendor lain yg sekiranya belum proven. Karena dengan biaya yang relatif mahal dan cuma sekali cetak, jadi lo mesti ati-ati milih vendor ini.

Kalo kakak kelas lo ga punya rekomendasi, lo bisa nyari sendiri vendor atau MO yang mempunyai portofolio atau pengalaman minimal 2 tahun, karena ini adalah sebuah tolak ukur lo melihat hasil dan kualitas MO.


Okay, demikian informasi tentang Tips Menyusun Buku Tahunan Sekolah, moga-moga informasi ini bermanfaat sehingga lo bisa mengabadikan momen seru dengan kesan dan kualitas terbaik.

 

Referensi:
http://retweet.co.id/?p=999
abankirenkcreative.tumblr.com/post/66279055741/tips-membuat-buku-tahunan

Gambar
https://yandriana.files.wordpress.com/2011/04/fotoangkatan20102011.jpg
http://yamsiyani.blogspot.co.id/2014/09/cerita-di-balik-buku-tahunan-sekolah.html
http://www.smariduta.sch.id/wp-content/uploads/2014/10/IMG_7897.jpg
bias.sman1jember.sch.id

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • dee dee

    Kunjungi http://bintangnusantaramap.com/ melayani jasa pembuatan map raport, map ijazah, sampul agenda & paspor, kami juga melayani pembuatan plakat dan medali. Banyak penawaran menarik untuk Anda..