Seleksi Mandiri PTN, Alternatif SNMPTN dan SBMPTN

Ujian Mandiri UM 2014

Seleksi Mandiri PTN, Alternatif SNMPTN dan SBMPTN – Selain jalur nasional (SNMPTN) dan jalur SBMPTN, terdapat juga satu jalur penerimaan yaitu Seleksi Mandiri PTN. Jadi buat lo yang merasa masuk di jurusan inceran lo melalui SNMPTN atau SBMPTN terlalu susah, lo bisa coba bidik Seleksi Mandiri PTN ini. Seleksi Mandiri PTN merupakan penerimaan mahasiswa baru di suatu PTN yang diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Jadi misal Universitas Negeri Malang (UM) nih ngadain penerimaan khusus UM sendiri (di luar jalur nasional dan SBMPTN) maka itu termasuk Seleksi Mandiri PTN. Gitu.

Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program S1

Dalam Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, Penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada PTN tahun 2015 terdiri dari Seleksi Nasional (SNMPTN), Seleksi Mandiri Bersama (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri PTN. SBMPTN dan Seleksi Mandiri PTN tergabung dalam 1 kategori yaitu Seleksi Mandiri, bedanya SBMPTN dikelola secara terpusat untuk semua PTN, sedangkan Seleksi Mandiri PTN dikelola oleh masing-masing PTN yang menyelenggarakan, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Jalur penerimaan PTN
Jalur penerimaan PTN

 

Jenis-jenis Seleksi Mandiri PTN

Karena dikelola sendiri oleh masing-masing PTN, maka ragam seleksi mandiri PTN berbeda-beda. Beberapa mekanisme Seleksi Mandiri PTN yaitu:

  1. Ujian Mandiri/Tulis: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan mengadakan ujian / tes. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UI (SIMAK UI), UNAIR, UNDIP, UGM (UTUL), UB (SPMK), IPB (UTMI) dll.
  2. Seleksi Raport/PMDK: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan melakukan seleksi raport / prestasi. PTN yang memakai mekanisme seleksi ini antara lain: UGM (PBUTM)
  3. Seleksi Melalui Nilai SBMPTN: Merupakan mekanisme Seleksi Mandiri PTN dengan melihat nilai SBMPTN siswa. Jadi PTN tidak mengadakan tes, tetapi cukup melihat hasil SBMPTN calon mahasiswa untuk kemudian dirangking. Jadi pendaftar harus ikut SBMPTN sebelumnya. PTN yang tahun 2014 memakai mekanisme ini antara lain: ITS, UNHAS

Maka apabila digambarkan dalam bentuk bagan, maka akan seperti ini

penerimaan-maba-PTN

Dari bagan di atas udah tau kan bedanya SNMPTN dan PMDK? Ya meskipun sama-sama seleksi raport / prestasi, namun bila lo liat di bagan, posisinya udah beda.

Nah, namun ada juga nih beberapa PTN yang penerimaan maba-nya tidak melalui Seleksi Mandiri PTN, jadi penerimaannya hanya dari SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini boleh karena memang sesuai Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015, setiap PTN boleh melaksanakan Seleksi Mandiri PTN dengan kuota maksimal 20% dari total kuota mahasiswa baru, artinya boleh tidak mengadakan alias 0%. PTN yang tidak mengadakan Seleksi Mandiri PTN antara lain: ITB, UNPAD dan UNAND

 

Apakah Seleksi Mandiri PTN selalu mahal?

Banyak anak yang skeptis apabila mendapat tawaran untuk mengikuti Seleksi Mandiri PTN. “Ga ah bro! ane ga ada duit”. Biasanya sih gitu. Tapi tunggu dulu deh, apakah semua jalur mandiri selalu mahal? Ternyata enggak kok. Ada banyak PTN yang memberlakukan perlakuan biaya kuliah yang sama bagi yang diterima di semua jalur penerimaan, misalnya di SIMAK UI (Reguler), UTMI IPB, atau di UM Malang.

Tapi memang ada juga beberapa PTN yang memberlakukan mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN itu lebih mahal bila dibanding dengan jalur SNMPTN atau SBMPTN. Di beberapa PTN tersebut, bagi yang diterima melalui Seleksi Mandiri PTN, langsung di plot di UKT (Uang Kuliah Tunggal) sekian dan sekian. Sehingga pilihan biaya nya menjadi lebih sedikit. Jadi rajin-rajin cek dulu di website masing-masing PTN sebelum kamu memutuskan daftar di Seleksi Mandiri PTN yang kamu inginkan ya.

 

=======================================

Terlepas dari anggapan biayanya yang mahal, sebenarnya Seleksi Mandiri PTN itu alternatif untuk masuk di jurusan di PTN yang lo inginkan bagi yang gagal mendapatkannya di SNMPTN atau SBMPTN. Karena memang persaingan di Seleksi Mandiri itu relatif dibawah SNMPTN dan SBMPTN (meskipun di beberapa PTN tertentu, persaingannya juga ketat). Jadi buat lo yang memang menginginkan masuk jurusan tertentu dan PTN tertentu, pelajari biaya, sistem, dan soal jalur mandirinya mulai dari sekarang ya.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Altaf rizka

    Mau tanya dong, kalo ikutan seleksi mandiri itu kita ujian tertulis di univnya langsung atau berdasarkan domisili?

  • Renandi

    UM ugm sudah menerapkan biaya kuliah yg sama untuk semua jalur seperti simak ui atau belum?
    Terima kasih

  • Oka

    Kalau sudah keterima di snmptn tapi masih mau ikut ujian mandiri bisa gak? Snmptn nya bakal angus gak??

    • Ari Candra Arista

      bisa kok, ga masalah

  • Oka

    Kalau sudah keterima di snmptn tapi masih mau ikut ujian mandiri bisa gak? Snmptn nya bakal angus gak?

  • Info yang sangat bermanfaat makasih