skip to Main Content
1-800-987-654 [email protected] Open 7AM - 8PM
Mekanisme Pendaftaran Panseldikdin New

Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017

Panduan Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan 2017 – Perguruan Tinggi Ikatan Dinas (PTK) atau sekarang lebih dikenal dengan Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) merupakan perguruan tinggi yang berada dibawah Kementerian / Lembaga Pemerintahan yang tujuannya mendidik mahasiswa untuk bekerja di Kementerian / Lembaga Pemerintahan tersebut.

Tahun ini, pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan dikelola oleh Kementerian Pemberdayaan dan Aparatur Negara (MenPAN). MenPAN bertugas menentukan formasi CPNS yang akan diangkat, sehingga semua ijin penyelenggaraan pendidikan kedinasan, termasuk kuota penerimaan, mesti melalui MenPAN.

Perubahan Seleksi

Mekanisme seleksi PTK mengalami perubahan mulai tahun 2016 ini. Setidaknya ada 2 perubahan mendasar:

  1. Siswa tidak bisa mendaftar lebih dari 1 perguruan tinggi kedinasan. Apabila terlanjur, lo mesti mengundurkan diri dan mengikuti satu seleksi saja.
  2. Adanya Tes Kemampuan Dasar (TKD) dilaksanakan setelah seleksi masing-masing perguruan tinggi kedinasan.

Jadwal Pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan

Tahun 2017 ini, ada 8 Kementerian yang menyelenggarakan pendidikan ikatan dinas dengan tanggal pendaftaran yang sama semua.

Kementerian / Lembaga Perguruan Tinggi Pendaftaran Kuota
Kementerian Keuangan PKN-STAN 9-31 Maret 6961
Kementerian Dalam Negeri IPDN 9-31 Maret 1689
Kementerian Perhubungan STTD 9-31 Maret 165
Kementerian Hukum dan HAM AIM dan POLTEKIP 9-31 Maret 500
Badan Pusat Statistik STIS 9-31 Maret 600
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika STMKG 9-31 Maret 250
Lembaga Sandi Negara STSN 9-31 Maret 100
Badan Intelejen Negara STIN 9-31 Maret 124

 

Alur Pendaftaran

mekanisme_pendaftaran_panseldikdin-new

  1. Sebelum mendaftar, pelajari persyaratan masing-masing PTK. Link informasi pendaftaran masing-masing PTK:
  2. Mendaftar di Portal Panselnas Menpan (panitia seleksi nasional). Tinggal isi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga. Setelah masukin 2 nomor tersebut, lo akan diminta masukan email dan PTK yang dituju. NIK cuma bisa dipake sekali, jadi hati-hati dalam mengisi formnya!
  3. Mendapat username (NIK), password, dan link registrasi di email sesuai PTK yang lo pilih.
    Contoh Bukti Pendaftaran Panselnas

    Contoh Bukti Pendaftaran Panselnas

  4. Login dan mendaftar di web PTK yang lo pilih menggunakan NIK dan password yg lo isi di panselnas.
  5. Mengikuti petunjuk selanjutnya sesuai PTK yang lo pilih.

Mekanisme Seleksi

Mekanisme seleksi PTK Tahun 2017 ini:

  1. Seleksi masing-masing PTK. Materi dan mekanisme seleksi bisa berbeda-beda tiap PTK. Biasanya seleksinya berupa ujian tertulis, tes kebugaran dan kesehatan, serta tes wawancara.
  2. Tes Kemampuan Dasar (TKD). Seleksi TKD ini adalah seleksi menjadi CPNS. Sebelumnya TKD diujikan setelah mahasiswa lulus, namun mulai tahun ini TKD dimasukkan dalam rangkaian seleksi penerimaan, yang mana jadinya ketika lo lulus PTK nanti, lo udah pasti diangkat menjadi CPNS. Materi TKD meliputi:
    • Tes Wawasan Kebangsaan (semacam mapel Sejarah Nasional dan Kewarganegaraan),
    • Tes Intelejensia Umum (semacam Tes Potensi Akademik), dan
    • Tes Karakteristik Pribadi

Sekilas tentang Perguruan Tinggi Kedinasan 2017

Karena cuma bisa memilih salah satu dari 8 PTK, maka sebaiknya lo pelajari dulu dengan cermat masing-masing PTK sebelum memutuskan mendaftar. Mulai dari persyaratan, apa aja yang dipelajari, gimana setelah lulus, dll. Lo bisa browsing atau nanya-nanya alumni di PTK yang bersangkutan. Berikut ini gue sajikan gambaran singkat masing-masing PTK.

1. PKN-STAN

PKN STANPKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Keuangan. Aktivitas keuangan negara mulai dari mendapatkan uang (Pajak, Bea Cukai), mengalokasikannya (Anggaran / Kebendaharaan Negara), Pengelolaan (Manajemen Aset), dan Pelaporan (Akuntansi), dipelajari di jurusan-jurusan di STAN.

Pendidikan di STAN berupa D1 dan D3. Lulusan STAN akan ditempatkan di Kemenkeu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STAN.

2. IPDN

LOGO-IPDNInstitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Dalam Negeri. Lulusan IPDN akan ditempatkan di instansi pemerintahan pusat atau daerah.

Fakultas di IPDN ada 2: Fakultas Politik Pemerintahan & Fakultas Manajemen Pemerintahan. Pendidikan dilaksanakan selama 4 tahun atau 8 semester.

SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di IPDN.

3. STTD

STTDSTTD merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Perhubungan.

Setelah lulus, alumni STTD bisa ditempatkan di Pemda atau Pemprov yang bekerja sama dengan STTD. Misalnya tahun 2016 ini, Pemprov DKI Jakarta merekrut alumni STTD.

SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di STTD.

4. AIM & POLTEKIP

Akademi Imigrasi AIMAkademi Imigrasi (AIM) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Kementerian Hukum dan HAM.

AIM merupakan pendidikan kedinasan Diploma III di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 3 (tiga) tahun, yang akan ditempatkan dalam Jabatan Pemeriksa Keimigrasian atau Penelaah Keimigrasian.

Sedangkan POLTEKIP merupakan pendidikan kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun dan lulusannya setara dengan Strata 1 (S-1), yang akan ditempatkan dalam Jabatan Penelaah Status Warga Binaan Pemasyarakatan atau Pembimbing Kemasyarakatan.

SMA/sederajat semua jurusan bisa mendaftar di AIM dan POLTEKIP.

5. STIS

STISSTIS merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Pusat Statistik (BPS). Lama perkuliahan di STIS selama 4 tahun atau 8 Semester.

STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika (Ekonomi dan Sosial-Kependudukan) dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi

Setelah lulus di STIS, lo akan ditempatkan di kantor BPS di seluruh Indonesia.

STIS khusus lulusan SMA-IPA.

6. STKMG

STKMG AMGSTMKG merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofifika (BMKG). BMKG merupakan badan yg bertugas memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara. Jadi nanti yg lo pelajari akan berkutat di hal tersebut.

STMKG khusus lulusan SMA-IPA.

7. STSN

STSNSTSN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg). Untuk melindungi data dan informasi penting negara, maka data dan informasi tersebut harus dilindungi menggunakan sistem sandi.

Jurusan yang tersedia di STSN ada 2, dengan masa kuliah 4 tahun atau 8 semester.

  1. Manajemenisasi Persandian
  2. Teknik Persandian
    • Teknik Kripto
    • Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi

STSN khusus lulusan SMA-IPA.

8. STIN

STIN merupakan perguruan tinggi kedinasan dibawah naungan Badan Intelejen Negara (BIN). Nah apa nih bedanya Lemsaneg dan BIN? Kalo sandi negara lebih khusus melindungi informasi kenegaraan. Sedangkan BIN lebih ke mencari informasinya dengan berbagai cara.

STIN menerima siswa SMA/SMK/MA dari berbagai jurusan.


 

Oke demikian informasi tentang pendaftaran Perguruan Tinggi Kedinasan tahun 2017. Apabila ada pertanyaan, silakan ajukan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Artikel yang berkaitan sebagai bahan pertimbangan:
Kuliah di STAN atau Sarjana PTN?

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra