Analisis Siswa yang Diterima SNMPTN UI

SNMPTN UI

Analisis Siswa yang Diterima SNMPTN UI – Okay, kali ini gue bakal ngelengkapin artikel tentang SNMPTN di web halo kampus ini dengan sesuatu yang lo tunggu-tunggu yaitu analisis penerimaan SNMPTN per PTN. Nah PTN pertama yang mau coba gue analisis adalah Universitas Indonesia atau UI. Jadi buat lo yang pengen daftar SNMPTN di UI, lo wajib banget baca artikel ini sampe abis.

Dalam menganalisis penerimaan SNMPTN UI ini gue menggunakan data statistik penerimaan UI yang terdapat di website SNMPTN dan hasil survei yang diadakan tiap tahun kepada para siswa yang berhasil diterima di SNMPTN. Bulan Juni 2016 lalu, Halokampus mengadakan survei ke 700an siswa yang diterima di SNMPTN 2016. Mereka mengisi form seperti data diri, pilihan, nilai raport, rangking, piagam yang dilampirkan, dll.

Dari data statistik resmi panitia SNMPTN dan hasil survei tersebut gue mencoba mengolah dan menyajikannya dalam bentuk informasi-informasi yang moga-moga bakal berguna buat lo semua dalam menentukan pilihan di SNMPTN nanti, khususnya buat lo yang milih UI. Cekidot!

sumber: simak.ui.ac.id
sumber: simak.ui.ac.id

Indikator Penerimaan SNMPTN UI

Indikator penilaian merupakan hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam penilaian SNMPTN. Secara umum, indikator penilaian SNMPTN UI ga jauh beda dengan PTN lain. Gambar di bawah ini diambil dari publikasi UI tahun 2013 lalu:

Instrumen pemerinaam mahasiswa baru UI

Bisa lo lihat di gambar di atas bahwa dalam seleksi tanpa tes (PPKB dan SNMPTN) UI menilai ga cuma nilai raport aja, tetapi juga melihat indeks sekolah. Nilai raport ini termasuk bobot mapel-mapel tertentu disesuaikan dengan jurusan. Sedangkan indeks sekolah adalah reputasi suatu sekolah di UI. Reputasi ini bisa dinilai dari banyaknya alumni suatu sekolah yang kuliah di UI, prestasi alumni suatu sekolah ketika kuliah di UI, atau prestasi sekolah di ajang perlombaan.

(Lebih lengkapnya baca hal-hal yang menjadi penilaian SNMPTN)

 

Persentase penerimaan SNMPTN UI 2013, 2014, 2015, 2016

Persentase penerimaan merupakan perbandingan antara kuota dan jumlah pendaftar. Jadi makin kecil persentase, maka bisa dibilang persaingannya semakin ketat, dari segi jumlah. Begitu pula sebaliknya, makin besar persentase, maka persaingannya semakin longgar.

Berdasarkan data resmi yang udah gue kumpulin dari berbagai sumber, berikut ini persentase penerimaan SNMPTN UI tahun 2013 sampe 2016:

Tahun Jumlah pendaftar Jumlah diterima Persentase
2013 51406 2345 4,56%
2014 42476 1764 4,15%
2015 42484 2258 5,31%
2016 30112 1803 5,99%

Dari data di atas terlihat bahwa persentase ketetatan SNMPTN UI tahun 2013-2016 berada diantara 4-6%. Sebagai gambaran, persentase penerimaan SNMPTN 2016 secara nasional adalah 17,85%. Jadi persentase penerimaan UI yang berkisar antara 4-6% jelas jauh lebih ketat dari pada nasional.

Sekarang kita coba bandingkan dengan top PTN lain seperti UGM. Total pendaftar SNMPTN UGM tahun 2016 lalu mencapai 44.381 (total pendaftar UI 30.112) dan yang diterima sebanyak 2.629 orang atau 5,92%. Jadi meskipun dari segi total pendaftar UI kalah jauh dari UGM tapi dari segi ketetatan, keduanya bisa dibilang hampir sama.

Jadi jangan langsung menyimpulkan bahwa PTN dengan peserta SNMPTN terbanyak seperti UNPAD, UB dan UGM pasti persaingannya paling ketat juga, karena bisa jadi kuota penerimaan mereka juga besar.

 

Persentase penerimaan per jurusan

Oke kita udah tau nih persentase penerimaan UI secara keseluruhan yaitu antara 4-6%. Nah kalo kita breakdown per jurusan, angkanya bisa lebih bervariasi lagi. Ada jurusan yang ketetatannya 1% tapi ada juga jurusan yang ketetatannya lebih dari 10%. Angka berikut gue dapatkan dengan merata-ratakan ketetatan tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015.

Rata-rata ketetatan SNMPTN UI tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015 Jurusan Saintek / IPA

No Jurusan Rata-rata ketetatan
1 GIZI 2.30%
2 PENDIDIKAN DOKTER 2.67%
3 TEKNIK KOMPUTER 2.71%
4 TEKNIK INDUSTRI 2.83%
5 ARSITEKTUR INTERIOR 2.96%
6 TEKNIK SIPIL 3.07%
7 ARSITEKTUR 3.09%
8 KESEHATAN LINGKUNGAN 3.16%
9 FARMASI 3.21%
10 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT 3.38%
11 ILMU KOMPUTER 3.54%
12 TEKNIK KIMIA 3.69%
13 TEKNIK LINGKUNGAN 3.71%
14 SISTEM INFORMASI 3.72%
15 TEKNOLOGI BIOPROSES 3.73%
16 KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA 3.74%
17 TEKNIK METALURGI & MATERIAL 4.30%
18 TEKNIK MESIN 4.35%
19 MATEMATIKA 4.73%
20 TEKNIK ELEKTRO 4.82%
21 PENDIDIKAN DOKTER GIGI 5.14%
22 BIOLOGI 5.53%
23 ILMU KEPERAWATAN 5.64%
24 TEKNIK PERKAPALAN 5.92%
25 KIMIA 6.57%
26 FISIKA 7.40%
27 GEOGRAFI 7.84%
28 GEOFISIKA
29 GEOLOGI
30 STATISTIKA

 

Rata-rata ketetatan SNMPTN UI tahun 2012, 2013, 2014 dan 2015 Jurusan Saintek / IPS

No Jurusan Rata-rata ketetatan
1 ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL 1.08%
2 ILMU ADMINISTRASI NEGARA 1.51%
3 SASTRA INGGRIS 1.57%
4 ILMU KOMUNIKASI 1.76%
5 MANAJEMEN 2.03%
6 ILMU EKONOMI ISLAM 2.23%
7 ILMU ADMINISTRASI FISKAL 2.24%
8 AKUNTANSI 2.30%
9 ILMU ADMINISTRASI NIAGA 2.36%
10 BISNIS ISLAM 2.42%
11 SASTRA JEPANG 2.44%
12 BAHASA DAN KEBUDAYAAN KOREA 2.59%
13 ILMU PERPUSTAKAAN 2.98%
14 ILMU PSIKOLOGI 3.01%
15 ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL 3.09%
16 KRIMINOLOGI 3.23%
17 ILMU EKONOMI 3.23%
18 SOSIOLOGI 3.70%
19 ILMU POLITIK 3.93%
20 ILMU HUKUM 3.96%
21 SASTRA PERANCIS 4.13%
22 SASTRA INDONESIA 4.69%
23 SASTRA ARAB 4.81%
24 SASTRA JERMAN 4.83%
25 SASTRA CINA 4.88%
26 ANTROPOLOGI SOSIAL 5.93%
27 ARKEOLOGI INDONESIA 7.47%
28 SASTRA BELANDA 7.76%
29 ILMU SEJARAH 8.46%
30 ILMU FILSAFAT 10.27%
31 SASTRA RUSIA 11.76%
32 SASTRA DAERAH UNTUK SASTRA JAWA 16.59%

Bisa lo lihat sendiri dari data di atas, jurusan gizi menjadi jurusan dengan persentase paling kecil (paling ketat) diantara jurusan lain dalam rumpun IPA atau saintek dengan angka 2,3%. Sedangkan di jurusan IPS ada jurusan Hubungan Internasional (HI) yang menjadi jurusan dengan persaingan paling sengit dengan 1,08%.

Mungkin lo bertanya-tanya nih, apakah berarti untuk masuk Gizi UI diperlukan nilai raport/prestasi lebih tinggi dari jurusan Kedokteran UI? Jawabannya BELUM TENTU. Angka di atas baru menilai ketetatan dari segi jumlah pendaftar, bukan kualitas raport para pendaftarnya. Bisa jadi meskipun jurusan Kedokteran UI ga seketat Gizi, tapi raport/prestasi para pendaftarnya lebih tinggi.

 

Nilai raport yang diterima di SNMPTN UI

Nah gimana nih cara mengetahui kualitas raport/prestasi anak yang tahun lalu diterima di UI? Kalo di sekolah lo ada alumni yang tahun lalu diterima di UI, gue saranin banget buat lihat nilai raport mereka. Misal lo pengen masuk jurusan akuntansi, maka bandingin nilai lo dengan alumni yang diterima di akuntansi UI. Kalo nilai lo sama atau bahkan lebih bagus, tinggal berdoa aja persaingan tahun ini sama atau lebih rendah dari tahun lalu.

Dengan membandingkan dengan alumni lo, bisa dibilang lo mengeliminasi faktor indeks sekolah, karena kalian berasal dari sekolah yang sama. Jadi tinggal bandingin raportnya aja.

Nah trus gimana donk kalo kalo ga punya alumni yang ada di UI? Ya bandingin ama anak yang diterima dari sekolah lain. Tapi kelemahannya perbandingan tersebut akan sulit akurat karena lo mesti meraba-raba indeks sekolah lo dibanding indeks sekolah anak yang lo bandingin. Nilai 90 di sekolah yang ga punya reputasi dengan nilai 90 di sekolah yang punya reputasi bagus, jelas berbeda.

Data berikut ini merupakan nilai raport siswa yang diterima di SNMPTN UI. Seperti yang udah gue jelasin di atas, selain bandingin nilai raportnya, bandingkan pula akreditasi sekolah, prestasi sekolah, jumlah alumni, dll.

Download Data nilai raport yang diterima SNMPTN UI

atau Download disini

 

Pertanyaan yang sering ditanyakan di SNMPTN UI

1. Lintas jurusan di SNMPTN UI, bisa gak ya?

Yang dimaksud lintas jurusan adalah siswa yang mendaftar di rumpun jurusan kuliah yang berbeda dengan jurusan sekolahnya. Misalnya anak yang sekolahnya jurusan IPA yang memilih jurusan Akuntansi atau Manajemen (rumpun IPS/soshum) atau misalnya anak jurusan IPS yang memilih jurusan Ilmu Komputer (rumpun IPA/saintek). Namun kebanyakan siswa lintas jurusan adalah anak yang sekolahnya jurusan IPA dan memilih jurusan kuliah rumpun IPA atau saintek.

Nah bisa ga nih SNMPTN lintas jurusan di UI? Jawaban singkatnya BISA, tapi khusus yang dulu SMA/MA nya IPA ke rumpun jurusan IPS / saintek. Kalo sebaliknya, dari jurusan IPS ke IPA, ga bisa.

Berikut ini statistik anak yang berasal dari SMA IPA yang diterima di SNMPTN UI rumpun soshum tahun 2012-2015

Tahun Jumlah Persentase thd total penerimaan
2012 125 13.43%
2013 226 19.28%
2014 161 17.81%
2015 160 14.73%

2. Apakah UI tidak mau dijadikan PTN pilihan kedua?

Pilihan SNMPTNIni juga merupakan salah satu pertanyaan yang sering banget ditanyakan ketika mendaftar SNMPTN di UI. Yang dimaksud pilihan kedua di sini adalalah PTN pilihan kedua, seperti yang bisa lo lihat di grafik.

Nah dari data survei penerimaan SNMPTN UI tahun 2016 di atas, sebanyak 87 orang yang diterima di UI, semuanya menjadikan UI sebagai pilihan I. Sedangkan pada data tahun 2015, dari 246 orang yang diterima di UI, 245 orang menjadikan UI sebagai PTN pilihan pertama dan cuma ada 1 anak yang diterima di UI sebagai PTN Pilihan kedua.

Dari data tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa hampir semua mahasiswa yang diterima di UI, menjadikan UI sebagai pilihan satu di SNMPTN.

 

Oke demikian analisis singkat tentang statistik penerimaan SNMPTN UI. Apabila ada pertanyaan, bisa lo tulis di kolom komentar di bawah. Gue harap tahun depan giliran lo yang diterima di SNMPTN dan gantian yang mengisi surveinya. 😉

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • nida

    ka,kalau kita mau daftar di PTN A tapi gaada alumni di ptn itu gimana ka? apa bisa lolos snmptn dengan nilai dan prestasi yang kita miliki walaupun gaada alumni?

  • Dony Wijaya

    Min aku rencabanya mau masuk jurusan sejarah ilmu sejarah,, tapi aku lebih suka ke sejarah politik… Benarkah min kalo ui sejarahnya itu cenderung ke sejarah politik??

    • Havie L Choir

      denger denger stressing nya sejarah ui ke politik, kalo sejarah ugm ke sosial nya gitu. cmiiw