Indikator Penilaian SNMPTN

SNMPTN-UNILA-2015

Hal pertama yang mesti lo pahami jika ingin memaksimalkan penilaian SNMPTN adalah lo mesti tau nih apa aja sih yang dinilai di SNMPTN itu. Selama ini banyak yang menganggap kalo SNMPTN itu ya cuma bagus-bagusan nilai raport, sehingga banyak sekolah yang naikin nilai KKMnya atau “meninggi-ninggikan” nilai siswanya. Banyak anak dari Sekolah antah berantah nilai Fisika atau Ekonominya 95 atau mendekati 100. Sementara di sisi lain, anak-anak dari sekolah tertentu yang cenderung disiplin pada sistem penilaian pada ngeluh karena dapet nilai 85 di sekolahnya saja susahnya minta ampun.

Nah kalo bukan nilai raport apa dong yang jadi penilaian SNMPTN?

Setiap sekolah mempunyai standar berbeda-beda mengenai nilai. Ada yang standarnya tinggi ada yang rendah. Ada juga yang dulunya pelit ngasih nilai, tapi berhubung SNMPTN memakai nilai raport, maka nilai-nilainya pada diobral. Berdasarkan hal tersebut, kalo PTN cuma melihat mentah-mentah nilai raport, tentu siswa yang lolos belum diseleksi secara fair. Maka dari itu, selain nilai raport dilihat juga faktor lain, yaitu: indeks sekolah. Dalam kalimat lain, PTN pun selain melihat nilai yang ada di raport juga akan melihat siapa pihak yang mengeluarkan raportnya.

Okay, kalo sekarang kita bicara soal indikator seleksi SNMPTN, sebenernya penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup, jadi indikator penilaian tidak akan dipublikasikan secara rinci. Tapi ada juga beberapa PTN yang mempublikasikan kriteria penilaian mereka, itupun kriteria yang umum. Berikut ini beberapa indikator penilaian dari beberapa PTN yang pernah dipublikasikan:

  1. Indikator seleksi dari Universitas Indonesia
  2. Indikator seleksi dari Universitas Gajah Mada
  3. Indikator seleksi dari Universitas Andalas
  4. Indikator seleksi dari Universitas Negeri Surabaya

Nah dari beberapa kriteria penilaian di atas, gue udah nyoba ngerangkum semua hal yang bisa jadi kriteria penilaian. Secara umum PTN lain akan menggunakan cara yang kurang lebih sama dalam menilai berkas-berkas pendaftaran kalian, meskipun tiap PTN bakal punya kebijakan tersendiri yah. Berikut ini beberapa hal yang (kemungkinan besar) menjadi kriteria penilaian SNMPTN berdasarkan publikasi di atas:

1. Faktor Kualifikasi Siswa

merupakan capaian siswa selama sekolah, dengan beberapa poin yang bisa menjadi penilaian antara lain:

  • Nilai raport, meliputi besar nilai, konsistensi, rata-rata, nilai mapel tertentu
  • Prestasi siswa: piagam tingkat internasional, nasional, propinsi, kabupaten/kota, tidak ada prestasi.
  • Nilai Ujian Nasional (sesuai dengan Surat Edaran Menteri terbaru)

2. Faktor Indeks Sekolah

merupakan nilai sekolah di suatu PTN. Indeks SMA X di PTN A bisa berbeda dengan indeks SMA X di PTN B. Beberapa poin yang bisa menjadi penilaian untuk kategori ini antara lain:

  1. Akreditasi: A, B, C, Tanpa akreditasi
  2. Jenis kelas: Akselerasi, RSBI, Reguler
  3. IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju di PTN yang bersangkutan
  4. Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  5. Banyak diterima di SNMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan
  6. Track record sekolah di PTN yang bersangkutan
  7. Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional.

3. Faktor Pemerataan Daerah

merupakan kebijakan PTN untuk memberikan kuota/jatah kepada daerah yang kelak setelah lulus diharapkan bisa memajukan/berkontribusi untuk daerah asal. Jadi bisa jadi beberapa siswa di daerah terpencil di Indonesia mendapatkan “jatah” daerah, meskipun sebetulnya nilai raport dan indeks sekolah mereka relatif tidak sebaik para pesaing peserta SNMPTN lain yang ada di kota besar.

Perlu diingat bahwa faktor penilaian yang telah gue rangkum di atas merupakan perpaduan dari berbagai PTN. Artinya bisa saja PTN A ga memperhitungkan Nilai SBMPTN tahun sebelumnya misalnya atau PTN B tidak memperhitungkan Prestasi Sekolah, atau bahkan ada kriteria penilaian lain di luar poin di atas. Tapi pada umumnya kurang lebih udah gua jabarkan di atas.

 

Aturan Khusus tiap PTN

Yang perlu kalian perhatikan juga adalah aturan khusus masing-masing PTN. Di SNMPTN untuk lintas jurusan diatur oleh masing-masing PTN, jadi kalian mesti cek di website SNMPTN apabila hendak mengambil jurusan di bidang yang berbeda dengan SMA/SMKnya.

Selain itu, khusus ITB terdapat formulir peminatan bagi calon mahasiswa yang hendak mengambil jurusan tertentu. Tidak seperti PTN lain, sistem penerimaan ITB membatasi pilihan hanya sampai ke Fakultas, namun apabila hendak memilih jurusan tertentu, maka lo bisa mengisi form peminatan ITB tersebut.

Jadi berdasarkan hal di atas, lo mesti rajin-rajin cek di di web PTN pilihanmu, apakah terdapat aturan tambahan atau tidak.

 

Seberapa pengaruhnya nilai Ujian Nasional dalam SNMPTN

Mulai tahun 2015 ini, nilai Ujian Nasional menjadi bagian dari penilaian SNMPTN. Hal tersebut terungkap dalam Surat Edaran Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menristek Dikti seperti informasi dibawah

B-rgzD6XEAE3THs.jpg_large

Oke jadi UN udah clear menjadi pertimbangan SNMPTN nih, tapi seberapa pengaruhnya?

Masa penyerahan hasil UN kepada panitia SNMPTN paling lambat 2 Mei 2015, sedangkan penilaian SNMPTN maksimal sampai tanggal 8 Mei 2015. Jadi cuma ada selang waktu seminggu bagi PTN untuk melihat nilai UN dan menganalisisnya. Waktu seminggu tersebut tentu kurang untuk melihat nilai UN puluhan ribu pendaftar. Jadi kemungkinan besar sih sebelum tanggal 2 Mei 2015 masing-masing PTN udah punya daftar awal siapa saja yang diterima PTN, lalu daftar awal tersebut diverifikasi dengan nilai UN sebelum bener-bener menjadi daftar resmi yang diterima.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • nurlaili sukmawati

    kak apakah foto yang tiddak memenuhi persyaratan itu peluang diterimanya kecil ??? atau tidak mempengaruhi persentase penerimaan SNMPTN ??
    soalnya foto yang udah difinalisasi kemarin kak. hasilnya fotonya pecah-pecah atau tidak sesui dengan persyaratan SNMPTN

  • Muhammad Aditya

    Min mau tanyakk, kan aku ad sertifikat Nasional tpi sekolahku itu swasta dengan alreditasi A dan aku ambil tek. Elektro di UB/ITS gtu gmna min apa bsa Masuk ‘ewat jalur PTN? Atau test SBM aja?
    #saran Min

  • Olivia Kurnia Wijayanti

    Kak sertifikat sbg peserta lomba yg diadakan fakultas dan PTN yg dituju lebih baik disertakan tidak yaa? Tp tidak juara….

  • HeranyN

    MIN, MOHON PENCERAHANNYA. JADI GINI MIN, GUE UDAH CANTUMIN DAFTAR PRESTASI NIH YA TAPI KOK SELALU AJA MUUNCUL”Anda belum memasukkan daftar prestasi anda sama sekali. Pengisian ini tidak wajib, tapi sangat disarankan untuk melengkapinya.
    Silahkan kunjungi halaman prestasi untuk memasukkan daftar prestasi anda” ITU GIMANA MIN? KLO GUE LOGOUT TRUS LOGIN DATA DFTAR PRESTASI GUE MASIH ADA GAK HILANG TAPI MUNCUL KALIMAT TADI

    • Anjungpaput

      Coba hapus dulu data prestasi nya, log out trs log in lagi. Nah masuk ke laman prestasi siswa nya klik dari bacaan itu. Lampirkan lagi deh prestasi dan bukti scan nya.

  • eva_nurraifa

    Kak mengenai alumni yg diterima di PTN yg bersangkutan, apakah selain itu berkaitan juga dg prodi yg diambil alumni tsb?

  • amaliali30

    Kak,kalo misalnya sertifikat peserta boleh dicantumkan ?
    Misal lomba b.ing 5 besar tp sertifikatnya peserta,lomba baca puisi rank 14 dr 44 peserta
    itu gmn kk ?
    Sama lomba yang adain sekolah gmn ? Misal menang lomba da’i gitu ?

  • dhea

    Kak, kalau nilai raport per mapelnya ada beberapa yang turun tapi nilai rata-rata sama nilai mapel yang dituju naik. Bakal berdampak besar buat SNMPTN ga kak?

  • aditya reza

    Kak saya mau nanya kalo saya domisi dijakarta , kalo snmptn kan milihnya 2 ptn 3 jurusan , dari artikel diatas peluang Pilihan 1 lebih besar. Kalo saya daftar snmptn milih 2 PTN , itu yang harus diutamakan dipilihan 1 yang dijakarta apa diluar jakarta .. atau yang dijakarta, harus dipilih diurutan pertama atau bisa sebaliknya ? Makasih

  • Cheris

    Kak kalo misal nih mau lintas jurusan gitu peluangnya sama atau beda sih?

  • nisa

    Min mau tanya, kalo kartu tes snmptn yg mana ya? Terus kalo kartu kelulusan snmptn yg mana?

  • Min mau tanya sayakan keterima snmptn. Setelah saya cek nilai rapot dengan nilai yang di upload sekolah ke snmptn ternyata ada nilainya yang beda. Terus gimana min?

  • rifan andika

    Saya mau tanya untuk pendaftaran ulang itu hanya satu hari saja? Tanggal 9 juni saja?

    • Ari Candra Arista

      ya cuma 1 hari saja dan ga bisa diwakilkan

  • Juli tri harianto

    Permisi kak mau tanya tentang kuliah.
    Misalnyaa kita udah kuliah tahun lalu di universitas A di jurusan manajemen apa bisa saya daftar sbmptn tahun ini di universitas A dan di jurusan yg sama Makasih yaa kak sebelumnya.

  • farid

    apa kalau daftar ptn di luar kota lewat jalur SNMPTN kesempatanya kecil?

  • valdis

    Kalo telat finalisasi gimana?

  • Muhammad Hidayat

    kak saya terlambat daftar nih, padahal baru tau kalau terakhir itu tadi malem jam 10.
    saya ga bisa masuk dong ya? trus kalo smbptn. saya punya bbrp sertifikat, apa saya musti nyantumin sertifikat juga biar bisa dapet nilai lebih.?

  • Anindya Fitri

    saya punya 2 sertifikat olimpiade tingkat nasional, namun hanya sebagai peserta, sebaiknya dicantumkan atau tidak ? dan saya juga punya sertifikat juara fotografi se jabodetabek namun yang mengadakan dari sekolah, jadi saya harus mencantumkan dalam kategori seni rupa tingkat apa ?

  • Diah Puspita Ayu

    kak universitas atau institut mana yang ada jurusan manajemen bisnis ato menejemen untuk ipa ? bukan ips

  • ka kalo belum ada PIN dan KAP nya gimana bidikmisinya? tetap terdaftar atau tidak?

    • Ari Candra Arista

      harus daftar SNMPTN dengan PIN dan KAP Bidik Misi

  • dwi

    Saya punya sertifikat seminar nasional dan saya punya beberapa sertifikat peserta olimpiade. Apakah itu juga perlu dicantumkan?

  • Raynald

    Kak, aku mau nanya
    Saya lihat yg dr skolah saya dr 2 thn lalu yg lulus dr Fak.A di PTN A ad 3 org tp yg lulus thn lalu di Fak sama di PTN sama cuma 1 org
    Faktor apa aj yg mempengaruhi?
    Apakah ad faktor pembatasan rangking pararel di skolah?

  • rio

    Kak mau tanya , saya dan temen saya daftar dijurusan yang sama , disekolah cuma 2 anak yg jurusan nya sama , apakah keduanya bisa ditrima?

  • Kak, sertifikat dimasukan setelah finalisasi atau sebelum finalisasi? Lalu format sertfikatnya dalam bentuk horizontal atau vertikal? Makasih:)

    • Ari Candra Arista

      Sebelum finalisasi

      • hezron

        Jadi kalau sudah finalisasi tidak bisa ya , daftarkan sertifikat

  • Kartika Vianti

    Kak mau tanya, kalo passing grade ngaruh bgt gak buat snmptn? Misalnya aku mau bgt ambil jurusan ini tp passing gradeku msh kurang. Gimana?

    • Ari Candra Arista

      Passing grade asalnya dari SBMPTN, jadi ga nyambung ama SNMPTN sebenernya

  • theo wardana

    Ka, misalkan gua mau mask fak.A nilai raport alhamdulillah konsistem dan terjaga untuk fak yg saya tuju, namun jika nilai un pada mapel yg menyangkut fak itu kecil bagaimana?

    • Ari Candra Arista

      Penilaian SNMPTN dilakukan secara tertutup, jadi ga bisa diketahui pengaruh suatu unsur penilaian secara detail 🙂

  • Filla

    Saya mau tanya. Kalo misalnya saya gak nyantumin sertifikat sama sekali. Apa itu juga bakal mempengaruhi kesempatan saya buat dapat snmptn ?

    • Ari Candra Arista

      sertifikat salah satu unsur penilaian, tp kalo emang ga ada, ga usah dipaksain 🙂

  • Muhammad Afiq Dhuharifqi

    Terima Kasih banyak atas informasinya yang sangat bermanfaat

  • dyn

    mau nanya ka, misalkan saya mendapatkan juara 2 lomba tingkat provinsi, namun lomba tersebut diadakan sekolah saya sendiri (tapi tetap pesertanya seprovinsi), apakah lebih baik tetap diunggah untuk snmptn? Saya juga memiliki sertifikan olimpiade tingkat nasional tetapi peserta, apakah juga lebih baik tetap diunggah?

    • Ari Candra Arista

      unggah aja keduanya 🙂

      • dyn

        Terimakasih utk sarannya:)

  • kalau misalnya tahun tahun sebelumnya dari SMA si calon pendaftar nggak ada yang masuk di PTN yang di tuju gimana? nggak ada track recordnya dong ? berpengaruh nggak thd penilaian PTN pada si calon pendaftar?

    • Ari Candra Arista

      yang jelas itu akan berpengaruh, tapi indeks sekolah ga cuma dilihat dari alumni aja, seperti yg udah gue jelasin di atas 🙂

  • Pingback: Akibat Melepas SNMPTN, Blacklist atau Tidak? - Halo Kampus()