Penjelasan Seputar Aturan SNMPTN

EE_Image_20160117_232343

Penjelasan Seputar Aturan SNMPTN – SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor serta Portofolio Akademik, tanpa ujian atau seleksi tertulis. Jadi di SNMPTN ini kamu tinggal mendaftar, apabila lolos, maka tinggal daftar ulang dan menjadi mahasiswa.

Persyaratan SNMPTN

Siapa aja yang boleh ikut SNMPTN?

Mereka yang berhak mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN adalah siswa SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta yang:

  • memiliki prestasi unggul yaitu: calon peserta masuk peringkat terbaik di sekolah pada semester tiga, semester empat dan semester lima, dengan ketentuan berdasarkan akreditasi sekolah sebagai berikut:
    1. akreditasi A, 50% terbaik di sekolahnya;
    2. akreditasi B, 30% terbaik di sekolahnya;
    3. akreditasi C, 10% terbaik di sekolahnya;
    4. belum terakreditasi, 10% terbaik di sekolahnya.
  • akan lulus dari satuan pendidikan yang diikutinya (contoh : yang boleh ikut SNMPTN 2017 adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2017)
  • memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS, untuk cek NISN bisa di cek di Website NISN. Bila nomor NISN di web NISN berbeda, kamu perlu segera konsultasi sama BK masing-masing sekolah.
  • memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK Tiga Tahun) atau nilai rapor semester 1 sampai semester 7 (bagi SMK/MAK Empat Tahun) yang telah diisikan pada PDSS
  • memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN (dapat dilihat pada laman PTN bersangkutan).

Bagaimana sistem pemeringkatan siswa masing-masing sekolah?

EE_Image_20160117_232343Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) pada semester tiga, semester empat dan semester lima. Setelah diperingkat, maka diambil nilai-nilai terbaik sesuai dengan akreditasi masing-masing sekolah.

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Pemeringkatan dilakukan oleh sistem, jadi kamu atau sekolahmu tinggal terima daftar siswa siapa aja yang bisa mengikuti SNMPTN.

Perlu diketahui bahwa nilai dan semester yang dilakukan untuk pemeringkatan dan untuk penilaian beda. Lebih jelasnya bisa kamu lihat di tabel dibawah:

Untuk Pemeringkatan Sekolah Untuk Penilaian
Semester 3-5 1-5
Mapel Yang di UN kan saja Semua mapel diinput, penilaian tergantung masing-masing PTN

 

Cara mengetahui akreditasi sekolahmu bisa kamu cek di web BAN SM, tapi kayaknya datanya kurang lengkap. Atau tanyain aja ke guru BK sekolahmu.

Tata cara pendaftaran SNMPTN

Tata cara pendaftaran SNMPTN secara umum ga berbeda dibandingkan tahun lalu:

  1. Login ke laman SNMPTN untuk melakukan pendaftaran menggunakan NISN dan password yang diberikan pada waktu verifikasi data di PDSS.
  2. Mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  3. Siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni, wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Pedoman portofolio bisa kamu lihat di sini ya >> pedoman portofolio SNMPTN
  4. Cetak kartu bukti pendaftaran

Jadwal Penting SNMPTN

Jadwal kegiatan SNMPTN 2017

Pengisian PDSS 14 Januari – 10 Februari 2017
Verifikasi PDSS 15 Januari – 12 Februari 2017
Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2017
Pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN 14 Maret – 14 April 2017
Proses Seleksi 15 Maret – 15 April 2017
Pengumuman Hasil Seleksi 26 April 2017

Peraturan Pemilihan Jurusan SNMPTN

Peraturan pemilihan jurusan ditentukan sebagai berikut:

  • Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Hal yang perlu kamu perhatikan secara khusus selama periode pendaftaran di website SNMPTN ini adalah: Dalam proses itu ada rincian jurusan di masing-masing PTN berikut persyaratan masing-masing jurusan.

Misalnya, jurusan Akuntansi di PTN A hanya boleh didaftari oleh SMA/MA IPA, IPS, SMK Akuntansi, SMK Jurusan Bisnis Manajemen. Contoh lain misal jurusan Informatika di PTN A yang cuma bisa didaftari oleh anak SMA IPA. Sementara jurusan kedokteran di PTN B, dapat didaftari oleh anak jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa. Berhubung persyaratan setiap jurusan bervariatif tergantung kebijakan universitas masing-masing.

Sistem Seleksi Penerimaan SNMPTN

Pada prinsipnya, proses seleksi SNMPTN ini dilakukan secara “seri”, bukan “paralel”. Artinya penilaian tidak dilakukan di 2 PTN bersamaan, tapi urut sesuai prioritas pilihan PTN. Apabila tidak diterima di PTN pilihan I, maka berkas/dokumen kamu akan dioper ke PTN pilihan II yang kamu inginkan. Jadi kalo kamu udah diterima di PTN pilihan I, berkas/dokumen kamu udah gak akan dioper lagi ke PTN pilihan II untuk dinilai.

Info tentang apa saja yang dinilai di SNMPTN bisa kamu baca disini.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Pramutama

    Kak saya siswa pindahan (mutasi) saya dan masuk dari sekolah A ke sekolah B pada semester 3, saya bercita cita dapat snmptn ke itb. Kata temen saya, siswa mutasi itu tidak bisa mengikuti SNMPTN di sekolah yg baru, apakah benar kak? Lalu bagaimana langkah awal saya untuk mencari info ttg snmptn u/ pendaftaran tahun depan?

    • Ari Candra Arista

      Bisa. Asalkan nilai raport di sekolah sebelumnya juga diinput. Mungkin aja sekolah lama “males” ngurusinnya. Kalo nilai dari sekolah lama ga diinput, ga bisa ikut SNMPTN.

  • Yeremia Pesireron

    Kak aku mau tanya , aku salah satu peserta snmptn 2017, aku dri jurusan IPA tapi pengennya nnti lanjut ke akuntasi, kira2 nilai mapel apa aja sih yg berperan penting untuk lolos snmptn untuk akuntansi. Apalagi kan aku gak belajar ekonomi akuntasi slma di sklh. Trus brpa persen aku bisa lolosny?

  • Vella Dwi Sukma

    kak, saya rangking 20 dikelas, tapi kelas 1 dan 2 saya rangking 10 besar. kata teman teman saya, saya gak bisa ikut snmptn karena kuota snmptn untuk sekolah hanya 50%, jadi katanya yang ikut cuma anak anak yang rangking 18 besar aja perkelas. benar gak kak????

  • 2017 kuota snmptn berkurang.
    Akreditasi A jadi 50%.

    • Ari Candra Arista

      Iya nih, kayaknya panitia masih menilai kalo SNMPTN 2016 terlalu banyak pesertanya

  • Annisa Komala

    Min, aku mau nanya jadi pas penilaian snmptn nya itu dari semester 1-5 nilai un aja ya?

    • Ari Candra Arista

      Kalo penilaian tergantung masing-masing PTN yang menilai. Bisa semua mapel atau mapel tertentu yang diprioritaskan

  • Ayuana Kartika Dewi

    assalamualaikum kak mau nanya , tekhnik kelautan ITS sama Tekhnik perkapalan ITS itu yang diperioritaskan dulu yang mana ?
    terimakasih, di tunggu responnya kak..
    Wassalamualaikum..