Akibat Melepas SNMPTN, Blacklist atau Tidak?

blacklist

Fenomena yang umum terjadi setelah pengumuman SNMPTN salah satunya adalah banyaknya peserta yang diterima SNMPTN namun mengundurkan diri/tidak melakukan daftar ulang.

Alasannya macem-macem, tapi yang paling umum adalah mereka (yang ngelepas/ga daftar ulang di SNMPTN) ngerasa nggak cocok dengan jurusan yang mereka pilih sendiri.

Nah pertanyaannya adalah, boleh ga tuh melepas atau ga daftar ulang jalur SNMPTN?

Seorang peserta SNMPTN yang lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang (ke PTN tempat dia diterima) yang dilaksanakan pada hari yang sama dengan pelaksanaan ujian SBMPTN. Jadi jadwal daftar ulang bagi yang diterima SNMPTN dan Jadwal tes SBMPTN dilakukan bersamaan, dan daftar ulang nggak boleh diwakilkan. Oleh sebab itu, jika tetap ingin mengikuti Jalur Ujian Tertulis SBMPTN, lo mesti melepaskan status penerimaan di Jalur SNMPTN.

Di samping itu, perlu dipahami juga bahwa mungkin ada aturan tambahan yang diterapkan di PTN tempat lo diterima, yang dapat merugikan lo sebagai individu atau sekolah lo. Misalnya pengurangan indeks sekolah lo di PTN yang lo tinggal. Atau lo nggak bisa daftar di PTN tersebut lagi di jalur lain.

blacklist

Tapi yang jelas apabila lo melepas SNMPTN sekolah lo nggak akan di blacklist. Blacklist cuma akan diberikan panitia SNMPTN buat sekolah yang curang (udah masuk ranah crime). Adapun apabila ngelepas atau nggak daftar ulang, akibatnya seperti yg telah gue jelasin diatas, yaitu MUNGKIN adik kelas lo semakin sulit diterima di PTN yang lo lepas tersebut dan MUNGKIN lo juga ga bisa daftar di PTN tersebut di jalur mandiri. (kebijakan ini tergantung masing-masing PTNnya)

Jadi misal si Melody dari SMA 48 Jakarta diterima SNMPTN di ITS trus dilepas, maka bisa jadi/kemungkinan adik kelasnya di SMA 48 Jakarta nanti akan lebih susah diterima di ITS saja (bukan di semua PTN), sebagai akibat dari nilai indeks sekolah dikurangi. Bisa jadi/kemungkinan disini berarti nggak pasti. Karena indeks sekolah adalah konsumsi intern bagian penerimaan kampus.

Bukan berarti misal tahun lalu kakak kelas lo ada yang melepas SNMPTN trus indeks sekolah langsung turun. Indeks sekolah sendiri terdiri dari banyak unsur, ga cuma track record, tapi ada Akreditasi, Jenis kelas, IPK dan prestasi alumni di PTN yang dituju, Nilai SBMPTN tahun sebelumnya di PTN yang bersangkutan, Banyak diterima di SNMPTN tahun sebelumnya, Prestasi sekolah dalam perlombaan tingkat daerah/nasional/internasional, dll. Lebih lanjut bisa dibaca disini tentang Indikator Penilaian SNMPTN.

Terlepas dari itu semua penting bagi lo buat nentuin jurusan yang benar-benar lo pengen, atau jurusan yang pasti lo ambil apabila diterima. Jangan asal-asalan milih jurusan, sesuaikan dengan passion dan hati nurani.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra