Data Nilai Raport Siswa yang Diterima SNMPTN 2016

SNMPTN 2017

Selama ini banyak banget anak yang kesulitan memetakan peluang mereka di SNMPTN. Mau milih PTN dan jurusan anu, takutnya ketinggian, trus mau milih yang persaingannya rendah, ga terlalu minat.

Trus gimana donk?

Salah satu cara paling ampuh mengetahui peluang lo lolos SNMPTN adalah dengan membandingkan nilai raport lo dengan nilai raport siswa yang tahun lalu diterima. Bener ga? Kalo tahun lalu anak yang nilai raportnya sekian bisa diterima, tahun ini, kalau persaingannya sama, maka kemungkinan diterimanya juga besar.

Nah gimana nih cara mengetahui kualitas raport/prestasi anak yang tahun lalu diterima di SNMPTN? Kalo di sekolah lo ada alumni yang tahun lalu diterima di SNMPTN di PTN yang lo incer, gue saranin banget buat lihat nilai raport mereka. Misal lo pengen masuk jurusan akuntansi UI, maka bandingin nilai lo dengan alumni yang diterima di akuntansi UI tersebut. Kalo nilai lo sama atau bahkan lebih bagus, tinggal berdoa aja persaingan tahun ini sama atau lebih rendah dari tahun lalu.

SNMPTN 2017

Dengan membandingkan nilai rapor lo dengan nilai rapor alumni lo, bisa dibilang lo mengeliminasi faktor indeks sekolah, karena kalian berasal dari sekolah yang sama. Jadi tinggal bandingin raportnya aja. (Inget, selain nilai raport nilai indeks sekolah juga dijadikan acuan dalam penilaian SNMPTN. Baca artikel indikator penilaian SNMPTN berikut apabila masih bingung)

Nah trus gimana donk kalo kalo ga punya alumni yang ada di PTN yang gue inginkan?

Ya bandingin ama anak yang diterima dari sekolah lain. Tapi kelemahannya perbandingan tersebut akan sulit akurat karena lo mesti meraba-raba indeks sekolah lo dibanding indeks sekolah anak yang lo bandingin. Nilai 90 di sekolah yang ga punya reputasi dengan nilai 90 di sekolah yang punya reputasi bagus, jelas berbeda.

Bulan Juni 2016 lalu, Halokampus mengadakan survei ke 700an siswa yang diterima di SNMPTN 2016. Mereka mengisi form seperti data diri, pilihan, nilai raport, rangking, piagam yang dilampirkan, dll.

Data Nilai Raport Siswa yang Diterima SNMPTN UI, ITB, UGM, ITS, IPB, UNPAD, UNAIR dan UNDIP

Data berikut ini merupakan nilai raport siswa yang diterima di SNMPTN UI, ITB, UGM, ITS, IPB, UNPAD, UNAIR, UB dan UNDIP. Untuk PTN lain, karena keterbatasan jumlah responden, maka ga gue bikin.

Seperti yang udah gue jelasin di atas, selain bandingin nilai raportnya, bandingkan pula akreditasi sekolah, prestasi sekolah, jumlah alumni, dll.

*) Untuk download, klik aja icon download di kanan atas.

Perlu gue tegaskan bahwa data yang paling baik adalah data dari alumni sekolah lo sendiri. Tapi apabila emang bener-bener ga ada data alumni, lo bisa melihat data survei di atas sebagai gambaran.

Sebenernya data di atas rencananya akan gue bikinin analisisnya seperti analisis penerimaan SNMPTN UI, tapi karena keterbatasan waktu, maka lo bisa analisis sendiri dengan data mentah di atas.

Oke semoga data-data tersebut bermanfaat dan tahun depan gue harap giliran lo yang mengisi survei SNMPTN dari Halo Kampus. 🙂

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • farhan

    Admin, tahun 2017 belum ada ya?

  • Bagaz Reza Tri Julianto

    UNS min tolong cantumin dong thx

  • Lutfiah

    uns gak ada min?

  • fafa

    Kak cantumin data nilai rapot uns tahun kmaren ya

  • Dapski

    Uns gak ada min?