Berapa Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua?

Pemilihan Jurusan SNMPTN

Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua – Halo-halo. Gimana nih kabar persiapan SNMPTN? Beberapa dari lo mungkin udah mencari tau berbagai hal tentang SNMPTN, mulai dari pendaftaran, persyaratan, mekanisme seleksi ataupun jurusan yang pengen lo ambil. Nah dalam memilih PTN atau jurusan, mungkin lo sekarang mulai bingung, sebaiknya SNMPTN milih PTN mana, sebaiknya daftar jurusan apa dan berbagai pertanyaan lain. Nah dalam artikel kali ini gue cuma pengen ngasih ulasan atas hasil survei SNMPTN 2015, terutama tentang pilihan PTN dan pilihan jurusan.

Pertama gue mau ngasih tau aja kalo Halo Kampus melalui twitter @info_SNMPTN sudah ngadain survei SNMPTN tahun 2013, 2014 dan termasuk 2015 lalu. Tujuannya survei buat apa sih?

  1. Panitia SNMPTN tidak mempublikasikan indikator penilaian maupun proses penilaian SNMPTN. Jadi hasil SNMPTN itu ga bisa diprediksi.
  2. Indikator Penilaian SNMPTN yang dipublish beberapa PTN kurang memberikan informasi yang menyeluruh.

Nah, oleh karena itu gue ngadain survei kepada para siswa yang diterima di SNMPTN untuk mengetahui tren seperti apa sih siswa yang diterima SNMPTN itu. Dari sini kita bisa mengetahui persentase siswa yang diterima di Pilihan I, berapa perbandingan sekolah akreditasi A dengan B, berapa sebaran nilai, dll. pokoknya banyak banget. Nah hal-hal kayak gini lo ga bakal nemu di publikasi resmi panitia, karena memang datanya rahasia.

Sedikit cerita tentang survei ini: survei ini diisi oleh 1.931 siswa yang diterima SNMPTN 2015 dari bulan Mei sampe dengan bulan Agustus 2015. Jumlah sebenernya pas di form sih ada sekitar 2300an input data, namun dari data tersebut ada yang double, salah isi, ngasal atau palsu sehingga mesti dicut untuk pengolahan lebih lanjut. Disini gue ga bisa mengonfirmasi bahwa ke-1.931 data yang diisi 100% valid, namun gue berusaha semampu gue, berdasarkan pengalaman menjadi admin di @info_SNMPTN, kalo data-data yang diolah adalah wajar. Gue berusaha melihat kaitan-kaitan data yang diisi antar kolom, apakah wajar atau tidak. Jika tidak wajar maka akan gue cari tau permasalahannya, bisa googling atau gue mention anaknya langsung. Seperti misalnya ada anak yang diterima di UI sebagai PTN pilihan kedua. Karena gue anggap ini ga wajar, gue mention twitternya dan menanyakan hal tersebut.

Pada akhirnya semua gue kembaliin ke lo sebagai user. Mau memakai hasil survei ini atau lo tinggal aja.

Nah karena banyaknya hal yang bisa diulas, maka gue akan membagi hasil analisis survei SNMPTN 2015 ini menjadi beberapa postingan. Postingan tentang Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Kedua ini akan menjadi yang artikel pertama, selanjutnya akan ada artikel Pengaruh sekolah dan Pengaruh Nilai atau Prestasi dalam SNMPTN 2015.

 

Gambaran Umum Pemilihan Jurusan SNMPTN

Disini gue ga akan menjelaskan apa itu SNMPTN, lo bisa baca-baca sendiri di artikel-artikel di page tentang SNMPTN atau web resminya. Disini gue cuma akan ngasih gambaran umum dulu tentang pilihan SNMPTN dan pilihan jurusannya.

Seuai aturan di website SNMPTN, disebutkan bahwa:

  • Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.

Pemilihan Jurusan SNMPTNDisini gue ga akan jelasin aturan di atas secara mendetail. Kalo lo bingung tentang aturan kewilayahan di atas, lo bisa baca artikel Pengertian Wilayah SNMPTN dan SBMPTN disini.

Intinya yang gue mau tekankan dalam artikel ini adalah, di SNMPTN lo bisa milih maksimal 2 PTN, dan dari 2 PTN tersebut, lo bisa memilih maksimal 3 jurusan. Nah biar lo ada bayangan berikut ini gue kasih beberapa kemungkinan:

  • Memilih 1 PTN, 1 jurusan (boleh)
  • Memilih 1 PTN, 2 jurusan (boleh)
  • Memilih 1 PTN, 3 jurusan (tidak boleh)
  • Memilih 2 PTN, 2 jurusan, jadi masing-masing PTN 1 jurusan (boleh)
  • Memilih 2 PTN, 3 jurusan, PTN Pertama 2 Jurusan, PTN kedua 1 Jurusan (boleh)
  • Memilih 2 PTN, 3 jurusan, PTN Pertama 1 Jurusan, PTN kedua 2 Jurusan (boleh)

Sebaiknya lo paham bener tentang gambaran di atas sebelum membaca ke pembahasan selanjutnya.

 

Berapa peluang penerimaan SNMPTN secara nasional?

Persentase Penerimaan SNMPTN 2015Sesuai rilis dari dikti, jumlah peserta SNMPTN pada tahun 2015 sejumlah 852.093 siswa yang mendaftar di 63 Perguruan Tinggi Negeri. Dari jumlah tersebut jumlah peserta yang lolos seleksi ini sejumlah 137.005 atau 16% nya. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima ada 16 anak.

Angka 16% tersebut merupakan peluang diterima secara keseluruhan SNMPTN. Pada kenyataannya, di jurusan-jurusan tertentu, persentase penerimaan bisa kurang dari 16%. Contoh ekstrimnya misal di jurusan Ilmu Komunikasi UI yang persentase peluang diterima tahun 2014 sebesar 1%. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima cuma 1 anak. Semakin kecil persentase diterima, maka semakin ketat persaingan untuk masuk jurusan tersebut (secara kuantitas)

Sebaliknya, ada jurusan yang peluang diterima di SNMPTN di atas 16%. Contoh ekstrimnya misal di jurusan Manajemen Sumber Daya Perairan Universitas Negeri Gorontalo yang persentase peluang diterima tahun 2014 sebesar 75%. Artinya dari 100 pendaftar, yang diterima ada 75 anak!

Jadi jangan terkecoh dengan angka 16% sebagai angka diterima keseluruhan. Pelajari peluang jurusan yang kamu inginkan di berbagai PTN yang menyediakan jurusan tersebut.

 

Berapa peluang diterima di Pilihan Pertama dan Kedua SNMPTN?

Nah, dari angka 16% tersebut, gue mencoba menggali berapa sih persentase penerimaan dari hasil Survei SNMPTN 2015 lalu. Hasilnya adalah sebagai berikut:

PTN Pilihan I 1.849 95,75%
PTN Pilihan II 82 4,25%
TOTAL 1.931 100,00%

 

Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan KeduaDari 1.931 siswa yang diterima SNMPTN dan mengisi survei, tercatat sebanyak 1.849 siswa yang diterima di PTN pilihan pertama (96%). Sedangkan sisanya 82 siswa diterima di pilihan kedua (4%). Kecil banget? Bisa dibilang. Angka ini tidak mengejutkan mengingat sejak gue ngadain survei SNMPTN tahun 2013 dan 2014 lalu, jumlah yang diterima di pilihan kedua berada di sekitaran 6-8%.

Kalau begitu apakah sebaiknya pilihan 2 dikosongkan saja? Well, sejauh ini sih ga ada bukti kalau mengosongkan pilihan kedua akan memperbesar peluang diterima. Yang sebaiknya dilakukan adalah, jangan berharap banyak pada pilihan kedua. Taruh pilihan yang kamu inginkan dan yang realistis dicapai di pilihan satu (yang mana apabila diterima di pilihan ini, pasti kamu ambil).

Sebagai gambaran, dari 1.931 siswa yang diterima SNMPTN dan mengisi survei, ada 879 anak yang mengosongkan PTN pilihan keduanya. Lumayan banyak.

“Oke gue udah ngerti kalo PTN I adalah prioritas utama, namun gimana nih urutan jurusannya?”

Nah di survei kemarin gue juga nanyain tentang diterima di jurusan pilihan keberapa, dan hasilnya analog dengan pilihan PTN, bahwa siswa yang diterima di jurusan pilihan I dibandingkan dengan jurusan pilihan II, baik di PTN pilihan I maupun II, persentasenya relatif timpang. Bisa kamu lihat di tabel dibawah:

PTN Pilihan I, Jurusan Pilihan I 1.689 87,47%
PTN Pilihan I, Jurusan Pilihan II 160 8,29%
PTN Pilihan II, Jurusan Pilihan I 81 4,19%
PTN Pilihan II, Jurusan Pilihan II 1 0,05%
TOTAL 1.931 100%

 

PTN 2Dari 1.849 siswa yang diterima di PTN pilihan I, ada 1.689 (91%) siswa yang diterima di jurusan pilihan I, sisanya ada 9% atau sebanyak 160 siswa yang diterima di jurusan pilihan II. Demikian pula pada persebaran siswa yang diterima di PTN Pilihan II, dari total 82 anak, ada 81 anak yang diterima di jurusan pilihan I (99%) dan sisanya 1 anak diterima di jurusan pilihan II.

 

==============================================================

Okay, demikian artikel tentang Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Pilihan Kedua gue harap lo bisa menyimpulkan sendiri berdasarkan ulasan singkat atas hasil survei SNMPTN 2015 di atas. Kalo gue bisa ngasih saran sih, pilihlah jurusan yang benar-benar lo minati dan membuat lo tertantang, di PTN yang lo impikan atau di PTN manapun yang mengakomodir kehausan lo akan ilmu yang dipelajari di jurusan tersebut.

β€œWherever you go, go with all your heart.”

– Confucius

 

Apabila ada pertanyaan terkait dengan topik pembahasan di atas, bisa langsung tulis di kolom komentar ya. πŸ™‚

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Muhammad Albar Rasyid

    Kak kalau seperti ini urutannya :
    A.) PTN pertama 2 jurusan, PTN kedua 1 Jurusan.
    B.) PTN pertama 1 jurusan, PTN kedua 2 Jurusan.

    Lebih baik atau lebih berpeluang yang mana kak?

  • Fazri Bahari

    saya daftar di unjani cimahi ,saya mendaftar dengan pilihan1 jurusan managemen dan pilihan 2 itu adalah informatika , tapi saya ngasal mengisi pilihan 2 karna saya bingun mau memilih jurusan apa lagj selain managemen , dan ternyata saya d terima di pilihan kedua yaitu jurusan informatika , kalau begini saya bisa minta pindah jurusan atau harus mengulang pendaftaran , mohon jawaban nya terimakasih πŸ™‚

  • shanaztya febryana

    Kak aku kan pilih agroekoteknologi UB, sama kayak 2 temanku.. tapi 2 temanku NILAINYA LEBIH TINGGI daripada aku. Tapi mereka meletakkan jurusan tsb di pilihan kedua sedangkan aku dipilhan pertama.peluangnya lebih besar mana? Terimakasih

  • Fitra Rustiadi

    kak? sy kan milih kedok Universitas hasnuddin yang pertama, dan yang kedua sy milih kedok universitas UIN alaudin Makassar,,,nah pertanyaan sy kak ap ngak ap2 klu hanya dua yang kita pilih jurusan kak

  • zsalzsa dinda

    Kak kalau daftar pilihan ptn pertama unpad, yang kedua ui. Sama aja bunuh diri gak kak?

  • Aisyah Asharini

    Bang, gue di jawa barat nih. Di luar jabar gue pilih UI dan itu emang udah sreg bgt sama jurusan geografi. Gua bingung di daerah jabarnya, soalnya ada kabar universitas ini nggak mau di pilihan kedua gitu. Gimana nih bang? Makasi sebelumnya.

  • Karin

    Kak gue baru tau loh kalau di PTN pilihan pertama cenderung banyak yang diterima daripada pilihan kedua. Tapi, umpanya kita di PTN 1 udah gak lolos dan berkasnya dioper ke PTN 2, nah itu masih tetap bisa lolos kan?

  • yenny desiani

    kak aku baru finalisasi pilih MTK UB sm teknik Bioproses UB tapi kok kalau aku cek teknik bioproses UB ga asa mulu ya

  • Bayuu_Indra

    Kak, bagaimana peluang masuk nya kalo pilihannya begini :
    1. PTN A, Jurusan B (6%)
    2. PTN A, Jurusan C (4%)

    Apakah persentasi siswa lolos tahun2 lalu juga ikut menjadi pertimbangan? Terimakasih

  • Attaufiqi_99

    kalo urutanya gini bisa gk :
    1. univ A prodi 1
    2. univ B prodi 1
    3. univ B prodi 2

  • greynaldi_gasra

    klo saya gk mau minat diluar provinsi gimana kak?

  • Halo kakak saya mau tanya, peluang masuk jurusan teknik geologi di undip sama unsoed besar mana, tolong infonya juga dong tentang jurusan teknik geologi undip sama unsoed yang lebih detail, terima kasih

    • Ari Candra Arista

      Coba cek aja berapa kuota dan jumlah pendaftarnya. Serta cek jumlah alumnimu di kedua univ tersebut.

    • greynaldi_gasra

      hay,,jurusan lu sama kayak gw…

  • Faiqo Diyana

    Kak nentuin/masukin jurusan 1 dan 2 itu harus sesuai grade ? atau memang urutan pilihan SNMPTN itu tampa melihat grade..

    • Ari Candra Arista

      sebaiknya sesuaikan dengan minatmu

  • Oryza Sativa

    Kak, jurusan akuntansi enak atau engga sih? Kekurangan serta kelebihan dari jurusan tsb apa aja? Aku mau ngambil jurusan itu nanti. Sebelumnya terima kasih

  • Nabilla

    Kakak alumni stan ya?Kan pendaftaran stan lebih akhir dari ptn ptn lain (selain kedinasan) nah yang pengen aku tanyain itu aku masih bingung kalo seumpama aku daftar di ptn A dan aku daftar di stan, apakah hasil pengumuman setiap ptn serentak,termasuk kayak stan yg kedinasan? Jawab ya kak, soalnya aku bingung pol.

    • Ari Candra Arista

      untuk STAN nanti ada pembahasan tersendiri πŸ™‚

  • sulistiana

    makasih infonya kak,

  • Gita

    Kak aku pengen ambil jurusan statistika tapi bingung antara ITS atau UNDIP, minta sarannya dong kak, pilihan pertamaku seharusnya yang mana? Tapi aku pengennya UNDIP, tp akreditasi UNDIP sama ITS bgusan ITS trs aku hrs gmna kak? Jawab pliss!!

  • Ya

    Kak aku ipa pngin kuliah ambil jurusan ips . Nah berati gimana

    • Havie L Choir

      ikut sbmptn, bisa soshum/ipc

  • lydia

    Kak mau nanya kan aku jurusan ipa nih kalau mau ambil snmptn jurusan nya ilkom lintas minas bagaimana peluangnya?

    • Ari Candra Arista

      Ini nanti akan dijelasin di tulisan selanjutnya ya πŸ™‚

  • Tata

    Aku ini jurusan ipa, tp ntar aku minatnya di psikologi, rencana pilihan pertama aku isi sesuai dengan jurusan aku yaitu apoteker, sedangkan pilihan ke dua aku isi psikologi, jd menurut kakak gmn? Apa aku harus balik posisi pilihanku? Tp aku takut gak dapet tiket snmptn kak? Kira2 sarannya bagaimana ya?

    • Ari Candra Arista

      Ini nanti akan dijelasin di tulisan selanjutnya ya πŸ™‚

  • Fakhri

    Kak gimna jadi snmptn itu pake nilai raport seutuhnya kan, gk pakenilai Un kan?? Untuk tahun 2015/2016 trims

    • Ari Candra Arista

      untuk tahun depan masih belum tau kebijakannya

  • Evendi

    Kak, kalo nilai raport aku pernah turun di smester 3, peluang ketrima di ptn masih ada pa gak..?

  • ninda

    Kak….file tabel yg isinya nilai2 rapot + skolah + isian ptn kaya yg dlu pernah di share di twitter bikin gak? Tp yg th 2014 / 2015. Trima

  • deviani fauzi

    Katanya UN dilaksanakan 3kali, gimana dong sama jadwal SNMPTNnya?

    • Ari Candra Arista

      yang UN 3 kali: 1 kali UN utama, 2 kali UN ulangan. jadwal SNMPTN ga terpengaruh