skip to Main Content
1-800-987-654 [email protected] Open 7AM - 8PM
Contoh Foto SNMPTN Yang Benar

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan di SNMPTN

Dalam artikel ini, gue akan merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam proses pendaftaran SNMPTN. Sebelumnya lo bisa baca dulu panduan lengkap SNMPTN disini untuk hal-hal yang terkait dengan penilaian, piagam, pengaruh sekolah dll.

1. Bagaimana peraturan foto dalam SNMPTN?

Aturan foto SNMPTN 2016:

  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi, ga harus memakai baju sekolah, boleh memakai baju bebas asal berkerah, jadi no kaos
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB
  • Ga ada aturan warna background, yang penting polos.
  • Contoh beberapa foto SNMPTN yang bener
Contoh foto SNMPTN yang benar

Contoh foto SNMPTN yang benar (1)

Contoh foto SNMPTN yang benar (2)

Contoh foto SNMPTN yang benar (2)

2. Apakah yang dimaksud UP sekolah yang ditagihkan, UP sekolah yang dibayarkan, SPP sekolah yang ditagihkan, SPP sekolah yang dibayarkan?

UP adalah uang pangkal / uang pembangunan sekolah. SPP adalah sumbangan pembinaan pendidikan sekolah yang biasanya dibayar tiap semester. Yang ditagihkan berarti besaran UP dan SPP normal, sedangkan yang dibayarkan berarti UP dan SPP yang setelah misalnya dipotong beasiswa atau keringanan dari sekolah.

Misal UP sekolah yg ditagihkan 5 juta, kamu dapet potongan 1 juta (beasiswa, rangking). Jadi UP sekolah yang dibayarkan 4 juta. Kalo ga ada potongan, ya berarti UP sekolah yang ditagihkan dan yang dibayarkan besarnya sama. Kalo sekolahnya gratis berarti tulis 0 semuanya.

Jangan lupa untuk besaran UP dan SPP ini diisi dengan bilangan bulat aja, misal 4000000. Jangan diberi Rp atau tanda titik.

3. Bagaimana apabila ada data yang salah tapi sudah finalisasi?

Setelah finalisasi pendaftaran SNMPTN, maka data udah ga bisa diganti lagi. Jadi sebaiknya jangan keburu finalisasi, cek sampai yakin bener. Kalo emang udah terlanjur banget finalisasi, tapi ada yang salah, yaudah, tinggal pasrah aja.

4. Bagaimana pengisian data orang tua yang udah meninggal?

Nama diberi keterangan almarhum (alm.) Pendidikan sesuai pendidikan orang tua sebenarnya. Pekerjaan diisi tidak bekerja atau lain-lain.

5. NIS diisi nomor induk di sekolah atau nasional?

NIS: nomor induk siswa, jadi diisi nomor induk di sekolah.

6. Bagaimana kalau terlanjur salah nulis NIS dan udah difinalisasi?

Apabila pendaftaran udah difinalisasi, maka data udah ga bisa diubah. Nah apakah kesalahan tersebut pengaruh? Harusnya sih kesalahan kecil tersebut ga pengaruh dalam proses seleksi.


Kalo masih ada pertanyaan di luar pertanyaan di atas, bisa lo tanyakan di kolom komentar atau di forum.

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra