Pertanyaan yang Sering Ditanyakan di SNMPTN

Contoh foto SNMPTN yang benar

Dalam artikel ini, gue akan merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam proses pendaftaran SNMPTN. Sebelumnya lo bisa baca dulu panduan lengkap SNMPTN disini untuk hal-hal yang terkait dengan penilaian, piagam, pengaruh sekolah dll.

1. Bagaimana peraturan foto dalam SNMPTN?

Aturan foto SNMPTN 2016:

  • Wajah siswa terlihat jelas
  • Pakaian rapi, ga harus memakai baju sekolah, boleh memakai baju bebas asal berkerah, jadi no kaos
  • Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
  • Format JPEG (.jpg)
  • Ukuran file tidak lebih dari 1 MB
  • Ga ada aturan warna background, yang penting polos.
  • Contoh beberapa foto SNMPTN yang bener
Contoh foto SNMPTN yang benar
Contoh foto SNMPTN yang benar (1)
Contoh foto SNMPTN yang benar (2)
Contoh foto SNMPTN yang benar (2)

2. Apakah yang dimaksud UP sekolah yang ditagihkan, UP sekolah yang dibayarkan, SPP sekolah yang ditagihkan, SPP sekolah yang dibayarkan?

UP adalah uang pangkal / uang pembangunan sekolah. SPP adalah sumbangan pembinaan pendidikan sekolah yang biasanya dibayar tiap semester. Yang ditagihkan berarti besaran UP dan SPP normal, sedangkan yang dibayarkan berarti UP dan SPP yang setelah misalnya dipotong beasiswa atau keringanan dari sekolah.

Misal UP sekolah yg ditagihkan 5 juta, kamu dapet potongan 1 juta (beasiswa, rangking). Jadi UP sekolah yang dibayarkan 4 juta. Kalo ga ada potongan, ya berarti UP sekolah yang ditagihkan dan yang dibayarkan besarnya sama. Kalo sekolahnya gratis berarti tulis 0 semuanya.

Jangan lupa untuk besaran UP dan SPP ini diisi dengan bilangan bulat aja, misal 4000000. Jangan diberi Rp atau tanda titik.

3. Bagaimana apabila ada data yang salah tapi sudah finalisasi?

Setelah finalisasi pendaftaran SNMPTN, maka data udah ga bisa diganti lagi. Jadi sebaiknya jangan keburu finalisasi, cek sampai yakin bener. Kalo emang udah terlanjur banget finalisasi, tapi ada yang salah, yaudah, tinggal pasrah aja.

4. Bagaimana pengisian data orang tua yang udah meninggal?

Nama diberi keterangan almarhum (alm.) Pendidikan sesuai pendidikan orang tua sebenarnya. Pekerjaan diisi tidak bekerja atau lain-lain.

5. NIS diisi nomor induk di sekolah atau nasional?

NIS: nomor induk siswa, jadi diisi nomor induk di sekolah.

6. Bagaimana kalau terlanjur salah nulis NIS dan udah difinalisasi?

Apabila pendaftaran udah difinalisasi, maka data udah ga bisa diubah. Nah apakah kesalahan tersebut pengaruh? Harusnya sih kesalahan kecil tersebut ga pengaruh dalam proses seleksi.


Kalo masih ada pertanyaan di luar pertanyaan di atas, bisa lo tanyakan di kolom komentar atau di forum.

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Ibnu Akbar

    Kak saya kurang lengkap ngisi alamat itu berpengaruh gk kk di ujian?

  • Bayu Rendy

    tolong dijawab pliss, kalau saat seleksi sbmptn salah ngisi nisn gimana? pengaruh nggak buat daftar perguruan tinggi?

  • faris

    assalamualaikum ka
    maaf saya mau nanya, kemarin saya ada kekeliruan saat mengisi nama saat daftar untuk mendapatkan kap pin dan terlanjur mentransfer uang apa ada solusinya kah….?

  • Briyanta Immanuel

    mau nanya nih syaa pas sbmptn foto cetaknya pake baju smp ggpkan

  • Ade Fitri

    Asslm… Kak mau tnya kalo kesalahan nulis nomer ujian nasional giman?

  • kory kucyky

    Kalo file kartu peseta snmptn ny hilang gimana….
    kan belum di cetak?

  • Hanifa harumbunga

    Kalo salah menulis nik berpengaruh gak ya sama proses seleksi snmptn?:)
    Terima kasih

  • tea kirana

    kak mau nanya, jika saya cetak kartu snmptn sudah terlanjur menggunakan nomor un yang 9 digit, apakah boleh diubah ke 14 digit? tetapi jika sudah diubah tdk bisa dicetak karena terakhir tanggal 14 kemarin, bagaimana solusi nya kak? apakah berpengaruh? terima kasih

  • Bella Rahayu

    Kak aku juga salah. Yg di minta nis tapi yg ngisi nisn. Bagaimana dong kak

  • afif sena

    kak mau tanya, saya telat sehari saat memperbaiki nomor UN, gimana nih kak?

  • Aldi

    mas/mbak mau nanya nih, bgaimna cra mengubah pas fto yg dimasukan dlm pendftran sbmptn,smntra pngsian biodata sudah selesai dan kartu ujiannya sudh dicetak?

  • desi virianti

    bagaimana jika snptn telah difinalisasi tetapi terjadi kesalahan satu angka pada NIK. apakah berpengaruh pada proses seleksi?

  • Andini Ginanti Tuzzahra

    Kak kalau namanya typo itu gimana? Jadi masalah juga kah? Soalnya baru sadar setelah di finalisasi.

  • icha

    assalamualaikum.. klw misalnya nama nya kurang satu huruf gimana?? tapi semua data nya udah benar

  • Emma

    Kak, kalo nulis alamatnya salah gimana?

  • NIALL TILL THE END

    ka maaf mau tanya kalo salah mengisi NIK gimana?

  • Dody Lesmana
  • Julias Ariaji

    Kalau pengisian UP salah gimana?
    Apakah juga berpengaruh di proses seleksi?
    Please answer [email protected]

  • rio dwiyan

    maaf kak mau tanya saya mau cetak kartu peserta waktu mengisi nomer ujian tidak bisa ya kak ?mohon penjelasannya

  • Lysandra

    Gmna klo udh final, tpi ada pemberitahuan hubungi pihak sekolah karna pas photo blm memenuhi syarat, apa bisa diganti

    • Dody Lesmana

      aku juga gitu

  • sheryl anastasya uray

    mohon sebelumnya, saya ingin bertanya mengenai prestasi yang telah di finalisasi, apakah bisa di ganti atau tidak? mohon di jawab, terima kasih

  • Lisdana

    Kak, aku menggunggah photo kebesaran, jdi cuma setengah muka aku yg keliatan. Itu pengaruh gak yaak?

  • Savira Auril

    Kalau NIK ku salah dirulis kartu Keluarga gimana kak:(((

  • M hadi erya

    Kak data pribadi yang cuma salah cuman email pribadi berpengaruh gak

  • Shafira Arlina

    Kak, maaf saya mau tanya. Saya dadtar SNMPTN, Ternyata saya salah memasukkan NIK saya dan itu sudah saya finalisasi. Apakah kesalahan penginputan NIK ini akan mempengaruhi proses seleksi?

  • Farid Arsalan

    ka maaf mau tanya kalo salah mengisi NIK gimana?

  • Mavis

    Saya salah isi tgl lahir :’v

  • Muhammad Fathurrahman

    kak, nis yg di skolah pake titik jga apa gk klo mau di masukin ?

  • Mumet

    Kak kalo belum punya ktp dan harus ngisi NIK trus gimana ya ?

    • Muhammad Fathurrahman

      liat di kartu keluarga

  • Rama ian

    Kak, saya salah memasukkan NIK dan sudah difinalisasi. Saya tau saya cuma bisa pasrah, tapi apa ada antisipasi lain seperti call centernya gitu kak?
    Tetima kasih

    • Sandi Sandi

      sama brro wkwwk, saya malah masukin nik ibu wkwk. pasrah dan doa aja insyaallah gk berpengaruh dlam proses seleksi

  • Ryan Pradana P

    NIK itu apa????

  • Ryan Pradana P

    cara ngisi NIK gimana???

  • jeremias L.toruan

    Kak kalo upnya salah kayak mana ya kak? Bepengaruh tidak?

    • Ari Candra Arista

      Pastinya sih ga tau. Nanti apabila diterima, pas daftar ulang harap dijelasin kalo salah.

      • jeremias L.toruan

        Makasih kak

  • zulfiana adhelina

    Kak sy mau nanya.. bisa gak ya kalo mw nambah prestasi tp udah finalisasi.. mhon dijwb kak trimakasih.

  • Fila

    Assalamualaikum kak, foto saya tidak muncul ketika saya ngcek “lihat pendaftaran”. padahal waktu pendaftaran, syarat untuk foto sudah saya lakukan. dibawah 1mb malah. itu gimana ya kak? berpengaruh gak?

  • iDhar art

    gimana klo salah nulis NIK ???

  • Farah

    Nis saya salah. Apa akan berpengaruh nantinya? Saya harus bagaimana?

  • Ryn Chan

    Kak.. mau tanya. Saya sudah finalisasi tpi salah kode posnya. Itu pengaruh tidak??

  • Wildan Dwi

    Kak kalo udah masukin NIS dan salah ketik NISnya gimana? Soalnya aku ngisi NIS yang ada dikartu pelajar sedangkan yang buat pendaftaran SNMPTN itu beda?

  • heusty ermiyati

    Saya mau nanya ka kalo misalkan foto saya itu mukanya tidak terlihat apakah itu berpengaruh?

  • Hanifatul Fikriyyah

    Kak mau tanya kalo ngisi NIK nya salah tapi udah terlanjur finalisasi gimana?

    • Rama ian

      Saya juga kak, apa masalah besar?

  • nadya

    kak saya mau nanya kalo udah finalisasi tp mau ganti atau apus prestasi msih bisa gaakk yaaa

  • Zikra

    Kak nanya dong, alamat di formulir snmptn isi nya ikutin kk/rapot ?? Thx

  • Maya Dwi Susanti

    ka, ini sekolah negeri kan sppnya 150rb tapi tidak ada uang pangkal, adanya cuma spp ka
    lalu untuk up nya di isi apa

  • Leham Kusmayati

    Kak gimana ngisi no telepon di formulir pendaftaran tapi kita gak punya no telepon?

    • Nabila Ayu Wardani

      aku pakai no.hp bisa kok. Coba aja dulu

  • mifthahul

    kak mau tanya urgent please klo pekerjaan ortu polisi berarti dia polri di optionnya pilih apa abri atau lain lain??

  • Sheyka Allifa

    Kak, nnyak dong.
    Saya masukin fotonya itu senyum tp terlihat gigi. Terus teman2 saya pada bilang kalo seharusnya gk boleh. Jd gmana itu kak? Pengaruh gak ya?
    Terus kalo pengisian UP nya tidak sesuai jd masalah gk ya kak?

    Terima kasih.

  • 7Aurae

    udah finalisasi? aku udah finalisasi T_T gmana ni

    • Ratna Ruswidya

      Iya sama aku juga salah masukin NIS dan sudah aku finalisasi. Terus gimana yaaa?

      • desi sartika

        samaa, aku juga salah nis tu dan udah difinalisasi juga T-T

  • achmad nur iman

    kak klo kita cuman punya no hp dan nggk punya nomor telepon gmn ngisinya di pendaftaran kak?

  • achmad nur iman

    kak klo kita nggk punya no.telepon gmn?

  • Abd.Raslang

    kak, gimana kalo fotonya ke crop gak ngambil wajah sama sekali? tadinya aku kirain udah baik, setelah finalisasi malah ke crop jadinya, apa itu berpengaruh kak? gimana caranya ngatasinnya kak?

  • Vira

    Kak bagaimana jika seorang siswa tidak mempunyai nomer telepon rumah. La maka di isi hanya “-“.
    Apakah itu mempengaruhi ketrimanya atau tidak ?

  • mutia ulfah

    Kak mau nanya kalo salah ngisi UP misal hrs nya 2750000 trs kliru jadi 2500000 tpi udh di finalisasi itu pngaruh gak ya? Mksih.

  • Arfandi Bagas

    Kk klo ngisih up kan seharusnya 15000000 ,saya ngisihnya 150 jdi gimna tu kk bermasalah apa tidak?

  • yulika

    kak nik saya salah satua angka harusnya 0 malah 9, apakah itu berpengaruh kak soalnya di NIK kan pake tanggal bulan tahun lahir punya saya 9799 padahal harusnya 0799 itu ngaruh gak ya kak
    terimakasih

  • Hasim Bakti Setio

    Assalamualaikum kak , saya mau tanya kak , di raport ternyata Alamat Rumah saya salah kak , Harusnya hanya “Pondok Lakah” tapi kok malah jadi “Pondok Lakah Langka” , nah ini di form SNMPTN saya nulisnya yang mana ya kak sebaiknya ?

  • indra

    kak data prestasi di snmptn yang udah finalisasi bisa diubah apa nggak?

  • Qibti

    Assalamualaikum..
    Kak, waktu daftar snmptn NIK ku salah tapi sudah terlanjur difinalisasi. Apa itu berpengaruh ya kak pada penilaian SNMPTN?
    Trima kasih

  • Alfita Ningsih

    Kak bisa gak misalny aku ambil prodi snmptn pilihan 1.agribisnis pilihan 2. Akuntansi di universitas jambi. Itu berpengaruh gak kak sama peluang lulusnya? Soalny aku dari jurusan ipa kak

  • Putri

    Kak mau nanya ni jika ngisi snmptn jika salah satu pendidikan orang tua nya ada yang salah isi apa kah pengaruh dgn snmptn?

  • sha shasha
  • bayu

    Kak saya mau nanya, saya dalam masukin tanggal lahir salah pada formulir snmptn, jadi gimana berpengaruh pada diterima apa nggaknya nanti gak ?????

    • Lovelin Liaa

      saran gw sih.. pake cetak foto di fotografer aja. klu pake hp atau selfie justru malah rawan ditolak.

  • Ca

    Kak kalo saya merasa ada yg salah pada saat verifikasi nilai di pdss,tapi udah terlanjur terlewat. Itu gimana ya kak?ngaruh ya misalkan kita keterima di ptnnya?

  • Silcillya

    Kak mau nanya nih, kan diformulir pendaftaran ada no telepon sama no hp. Yg saya bingunya tu kan saya gak punya no.telepon, terus diisi apa ya kak??

  • Dimas p

    kalau alamat rumah salah tapi sudah terlanjur di finalisasi gimana kak? apa berpengaruh lulus tidakya di snmptn?

    • Erdin Herdian

      Sama 🙁

  • Afifah

    Assalamualaikum kak, saya mau nanya. NIK di KK saya nomornya ga sesuai dengan tanggal lahir saya. Kira2 jd masalah gak ya di snmptn?

  • apriliyakp

    Ka kalo menulis up dan spp kan seharusnya 100000 tp saya tulis 100 itu gimana ka

  • Roikhatul jannah

    assalamualaikum
    kak aku salah ngisiin nis pakenya nisn,tapi belum di finalisasi itu cara merubahnya gimana ya ko susah

    • vina

      ada kolom ubah pendaftaran

  • fenskha thaliah

    malam kak, aku mau nanya, kalau alamat ktp sama alamat rumah sekarang itu berbeda, ngisi alamat di formulir snmptnnya alamat yang mana ya kak? terima kasih kak 🙂

    • Ari Candra Arista

      Menurutku alamat rumah yang baru aja

  • Ade Rindiani

    “Yang ditagihkan berarti besaran UP dan SPP normal, sedangkan yang dibayarkan berarti UP dan SPP yang setelah misalnya dipotong beasiswa atau keringanan dari sekolah.”
    Mohon ma’af kak, mau tanya kalau dapat bos berarti diisi 0 juga kah kak?

    • Ari Candra Arista

      Iya, UP yang dibayarkan diisi 0, UP yang ditagihkan sesuai dengan SPP normal

      • Ade Rindiani

        terima kasih atas infonya kak..

        2017-02-24 21:54 GMT+07:00 Disqus :

  • M Rizky Firm

    bagaimana jika nis melebihi 10 digit , sedangkan nis sekolah saya ada 11 digit dan maksimal di pendaftaran hanya 10 digit

    • Ari Candra Arista

      Coba tanya guru BK mu ya, tanya aja tahun lalu formatnya gimana

    • Chintamy

      Nis cuma 4 digit

  • Anggun

    Ka, mau tanya kalau salah ngisi NIS gimana? Aku isinya NISN. Itu berpengaruh ga pada tahap seleksi? Makasih ya ka 🙂

    • Ari Candra Arista

      Kalo belum finalisasi, sebaiknya diganti, tapi kalo udah, gpp biarin aja

      • Kundita Muncar

        bener tidak berpengaruh kak?

  • didib putra

    Asalammualaikum
    Saya mau nanya kak

    Apakah berpengaruh mengisi formulir SNMPTN dari senjakk dibukanya pendaftaran SNMPTN dengan diterimanya SNMPTN.maksudnya siapaya yang duluan ngisi pendaftar SNMPTN dan nilainya sama sama 80 yang duluan ngisilaah yang dapat.itu ada pengaruhnya gak?

    • Ari Candra Arista

      Ga ngaruh, karena penilaiannya setelah pendaftaran ditutup

  • Ai

    kalo NIK nya dilihat di akta kelahiran boleh ?

    • Ari Candra Arista

      NIK bisa dilihat di kartu keluarga (KK)

      • Alfiyya Zahra Anisa

        Kalo ada kesalahan dengan penulisan nomor NIK apa berpengaruh dengn penilaian snmptn

      • Ai

        saya org dari kota pindah ke kabupaten kak, trus di data ngisi alamat yg di titinggali sekarang (kabupaten) tp ngisi NIK nya pake yg dari kota, boleh ga? soalnya KK yg di kabupaten masi di urus belum jadi sedangkan waktu pendaftaran sampe tgl 6 maret

  • Katrin

    Gimana kalu saya salah mengisi NIS malah saya mengisi dengan NISN

    • Devi

      Sudah difinalisasi apa belom?

  • hayyatan thoyyibah

    Kak mau nanya . .
    Uang SPP itu kan kls X, XI, XII beda2 .. Jdi ngisi ny SPP yg kelas XII atau gmna m?

  • Alda

    Kak saya mau nanya…
    Umur saya kan masih 16 tahun.. Kalau Ngisi NIK nya gimana kak??

    • Muhammadfahizal

      Di Kartu keluarga ada NIK

  • TRICHSYA

    kak, kmaren foto sy tdk muncul di kartu, bagaimana kalau mau upload ulang foto?tolong info cara nya

  • dhani

    kak kalau NIK yang saya tulis, salah 1 digit gmna kak, pengaruh ngga ?

  • catrin

    kalo ukuran foto nggak 4×6 itu ngaruh jga nggak??

  • putri

    kak kalo pendidikan ortu beda sama yang di kk bermasalah ga? apa bisa diubah di universitasnya?

  • luckyblue

    Ka, jika penulisan rt dan rw terbalik, bagaimana? Apakah berpengaruh?

    • Ari Candra Arista

      ga masalah kalo cuma kesalahan kecil

      • Achmad Revy Fachreza

        ka kalo salah masukin foto tp udh di finalisasi ngaruh ga ka? atau di diskualifikasi?

  • mzxxkiko

    Kalo uang pangkalnya salah masukin bakal pengaruh apa?soalnya salah ngerti. Jadi yang diisi cuman uang pangkal yang dibayarkan yang ditagihkan diisi kosong. dan sudah di finalisasi

  • nadijaherdwina

    alamat yang ditaro di formulir snmptn harus sesuai dgn ktp atau nggak ya? soalnya yang di ktp rumah lama, skarang udah pindah. itu gimana yaa?

    • Ari Candra Arista

      Alamat yang terbaru aja

  • Selma Fabianni

    jika saya sudah finalisasi tetapi jumlah spp dan up salah, apakah berpengaruh? jika iya, apakah masih bisa diganti?
    Dan jika foto saya tidak terlalu close up apakah berpengaruh?

    • Ari Candra Arista

      Berpengaruh atau enggak gue ga bisa pastiin, tapi kalo udah terlanjur yaudah biarin aja, soalnya emang ga bisa diganti. Atau coba lo email panitianya siapa tau bisa.

  • Daniarif18

    Semoga kita keterima snmptn 2016.. aaaaamiiiiin..

  • Ayuana07

    Assalamualaiku kak
    maaf saya mau nanya..
    kemarin saya salah ngisi, sebenarnya kan Nomer induk siswa tapi saya isi NISN..
    terus gimana dong, apakah itu juga mempengaruhi penilaian buat masuk SNMPTN ?
    terima kasih kak..
    wassalamualaikum

    • Ari Candra Arista

      Kalo udah terlanjur, biarin aja gpp

      • Anggun

        Itu berpengaruh ga ka dalam tahap seleksi?

      • Ari Candra Arista

        Harusnya sih ga pengaruh

      • Mauli Dinar

        aku juga salah masukin NIS, ngak apa apakan? sumpah aku takut banget, awalnya ngisi kedua dua nya nis ama nisn tapi, di bilaang ngak boleh lebih dari sepuluh digit angka, pas hitung nisn pas sepuluh jadi aku masukin nisn dan aku udah di finalisasi…

      • 7Aurae

        aku juga salah T_T aku masukin NISN yang harusnya NIS

      • FitriySinabung

        kak kalau aku buat nis-nya 144128 tapi ga buat titik setelah 14nya jdnya 14.4128
        itu berpengaruh ga kak?

      • Muhammad Fathurrahman

        pertanyaan yg sma, masih bingung jga

      • dannyleo

        Jadi gmana yg ngisiin nisn k nis tu kak? Apa nggak di permasalahkan?

      • Ari Candra Arista

        Harusnya ga masalah ya

      • Yusrin Ramli

        Kak, kalau ternyata lulus dan pas di cek NIS salah gimana?
        Jadi kalau misalnya lulus SNMPTN dengan NIS yg salah itu, bagusan daftar ulang atau tidak?

    • Devi Meilani

      Kak gimana hasilnya snmptn kemarin? tahun ini sya juga mengalami permasalahan yg sama. Saya salah nulis NIS jadi NISN. Apakah dipermasalahkan
      atau tidak kak?

    • hwyttyshyzzyrd

      gw juga salah, sialannnnnn, lagian gw dapet data pribadi dari sekolah ditulisnya Nomor Induk Sekolah, yaudah gw mikirnya yang dimasukin yang ada Siswanya yaitu NISN, kampret

      • dannyleo

        Terus gmana dong? Udah coba telfon call center nya? Gw salah jga

    • Meriliana Candra

      trus snmptn nya gimana kak? lulus? soalnya saya salah juga pas ngisi

    • Elyna Syafitri

      saya juga kayak gitu kak, udah finalisasi baru sadar kalo itu NIS padahal pas daftar nggak sadar, itu beneran nggak berpengaruhkan? takutnya nnti tu panitianya nggak tau kita yang mana dicari nis nya nanti nggak ketemu orangnya yg mana

    • Faskho

      Kak saya mau tanya kalau nis saya isi nisn itu gimna saya takut bngt calau itu nanti mempengaruhi…dan udh terlanjur saya finalisasi

    • Citra Nurani Jelita

      Kata guru bk gue gppa gausah takut. Salah ngisi nis pake nomer nisn gangaruh ke proses seleksi, klo diterima snmptn di uni pilihan kita baru konfirmasi data yg salah

  • ginginrahman

    Assalamualaikum..
    Mas, kuota yang ada di kolom pilihan jurusan snmptn itu adalah kuota khusus untuk jalur snmptn atau kuota total jurusannya (jalur snmptn, sbmptn, dan ujian mandiri) ?

    • Ari Candra Arista

      Kuota untuk SNMPTN aja

  • danawahyu_

    Assalamualaikum
    Kak, saya sudah finalisas. Tapi nis saa isi dengan nisn. Gimana yaa?

  • ekopst

    Assalamualaikum…
    kak Ari, saya sudah terdaftar di snmptn, tapi masih ragu milih PTN. Minat saya di bidang Elektro. Saya sudah cari info sana sini, termasuk tips nambah peluang di zenius. Nah, kan jumlah alumni berpengaruh? saya sudah sempet tanya2 ke BK. Ada 2 ptn yg menerima alumni dari smk saya, di PTN A alumni yg diterima cukup banyak. sedangkan di PTN B sebaliknya. pertanyaan saya sebaiknya saya menaruh pilihan pertama saya di PTN A atau PTN B?

    kalo saya beranggapannya, saya lebih memilih PTN B yg peluangnya lebih sedikit, toh nanti kalau ga di terima bisa seleksi di PTN A yg peluangnya lebih besar. tapi habis baca di zenius, ada saran “jangan terlalu berharap sama pilihan PTN kedua”. dr situ saya ragu mau meletakkan pilihan pertama antara PTN A & B.
    Trus, saya harus gimana? tolong dibantu kak?

    trimakasih kak, ditunggu responnya
    wassalamualaikum…