Statistik Lintas Jurusan SNMPTN di UI, UGM, UNPAD, UNDIP, UB dan UNAIR

statistik snmptn

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN – Setiap tahun pasti banyak banget anak-anak IPA yang berbondong-bondong untuk melanjutkan kuliah di rumpun soshum (IPS). Fenomena itu biasanya disebut sebagai lintas jurusan. Sebenernya lintas jurusan ga cuma anak-anak IPA yang ngambil jurusan soshum di SNMPTN, bisa jadi sebaliknya, anak-anak IPS yang mengambil jurusan saintek, atau anak SMK. Tapi di artikel ini aku akan fokus pada anak IPA aja yang mau ngambil soshum di SNMPTN, karena relatif jarang anak IPS yang pengen melanjutkan di jurusan saintek.

Nah pertanyaannya gimana nih peluang anak-anak IPA diterima di jurusan soshum atau IPS tersebut? Kalo mungkin, kira-kira berapa persentasenya? 

Sebelumnya aku udah nulis artikel: Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS, kalo kamu belum baca artikel itu, aku saranin baca dulu sih, agar lebih paham nanti. Singkatnya sih disitu aku jelasin bahwa bisa atau enggaknya lintas jurusan itu tergantung kebijakan dari masing-masing PTNnya.

Nah di artikel ini udah aku coba rangkum statistik penerimaan anak IPA di jurusan SNMPTN IPS di beberapa PTN seperti UI, UGM, UNPAD, UB, UNAIR dan UNDIP sebagai bukti dan acuan dalam memilih PTN nanti.

Karena keterbatasan waktu jadi aku prioritaskan PTN yang banyak peminatnya dulu. Selain PTN di atas, kamu bisa cek sendiri dengan melihat website SNMPTN. 

Data ini diambil dari website SNMPTN dan diolah oleh aku pribadi. Data yang tersedia cuma tahun 2012-2015, sedangkan tahun 2016 dan 2017 saat ini belum tersedia

statistik snmptn

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UI

Jumlah anak IPA yang diterima di semua jurusan soshum UI 2012-2015

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 160 1086 14.73%
2014 161 905 17.79%
2013 226 1172 19.28%
2012 125 931 13.43%

Secara umum, persentase jumlah anak IPA yang diterima di jurusan soshum UI berkisar antara 13-20% dari total penerimaan. Secara umum persentasenya stabil selama empat tahun tersebut.

(Ulasan penerimaan SNMPTN UI lebih lengkapnya bisa kamu baca di sini: Analisis Penerimaan SNMPTN UI)

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UGM

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 272 993 27.39%
2014 245 923 26.54%
2013 321 974 32.96%
2012 171 976 17.52%

Persentase penerimaan anak IPA di jurusan soshum UGM cukup rendah apabila dibandingkan dengan tahun-tahun setelahnya. Tahun 2012 dulu merupakan tahun SNMPTN pertama. Setelah itu persentasenya cenderung stabil antara 25-33%. Dengan persentase tersebut, bisa dibilang bahwa satu dari empat sampai satu dari tiga anak soshum UGM yang diterima melalui SNMPTN berasal dari jurusan IPA.

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UNPAD

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 0 1475 0.00%
2014 0 1205 0.00%
2013 514 1814 28.34%
2012 0 266 0.00%

Berdasarkan data di atas, cuma tahun 2013 UNPAD menerima siswa IPA di kelompok jurusan soshumnya. Setelah itu, tahun 2014 dan 2015, UNPAD SAMA SEKALI ga menerima anak IPA di SNMPTN soshum.

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UB

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 7 2081 0.34%
2014 1 2116 0.05%
2013 8 2218 0.36%
2012 0 885 0.00%

Berdasarkan data di atas, sebenarnya UB menerima anak IPA di jurusan soshum, tapi persentasenya kecil banget ga pernah sampai 1% dari total siswa yang diterima soshum.

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UNAIR

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 481 1365 35.24%
2014 525 1345 39.03%
2013 443 1375 32.22%
2012 179 1036 17.28%

Persentase anak IPA yang diterima di SNMPTN Unair mirip dengan UGM. Di tahun 2012 relatif rendah, namun tahun setelahnya cukup tinggi, malah lebih tinggi dari UGM, berkisar antara 32-40%.

Statistik Lintas Jurusan SNMPTN UNDIP

Tahun Jumlah Anak IPA Jumlah Kuota Jurusan Soshum Persentase
2015 110 1195 9.21%
2014 191 1303 14.66%
2013 295 1596 18.48%
2012 11 446 2.47%

Berdasarkan data di atas, persentase penerimaan siswa IPA di SNMPTN Undip cenderung ga stabil. Di tahun 2012 cuma menerima 2% lalu naik sampai 18%, lalu di tahun 2015 turun menjadi 9%.

Kesimpulan

Dari statistik di atas, bisa kamu lihat, apabila kamu berniat lintas jurusan SNMPTN dari SMA IPA ke soshum (IPS) maka peluang diterima paling besar di Unair, UGM ataupun UI. Sedangkan UNPAD dan UB ga disarankan dipilih karena berdasarkan statistik, sedikit sekali atau bahkan ga ada yang diterima. Tapi perlu diingat bahwa data di atas adalah data tahun 2012-2015 aja, bisa jadi tren atau kebijakan tahun 2016 dan 2017 berbeda.

Nah buat kamu yang pengen mendapatkan insight banyak tentang SNMPTN, kamu bisa baca artikel Panduan SNMPTN

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra