8 Tips & Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016

saran

Tips & Saran Lolos SNMPTN dari Mahasiswa yang diterima SNMPTN 2016 – Halo-halo! Gimana nih rasanya naik kelas 12? Udah mulai disibukkan dengan persiapan UN dan SBMPTN? Kalo gue liat di mention twitter @info_SNMPTN sih udah pada mulai sibuk, entah di sekolah tertentu aja, atau emang di semua sekolah.

Banyak anak atau guru yang berbondong-bondong untuk menyiapkan UN dan SBMPTN sebagai fokus utama, namun banyak yang lupa bahwa SNMPTN juga penting banget buat dipersiapkan sejak dini, meskipun ga memakai tes.

Kenapa SNMPTN penting banget? Karena kuota di jalur ini paling gede bila dibanding jalur SBMPTN atau Seleksi Mandiri. Tahun 2016 kemarin, pemerintah mematok kuota untuk mahasiswa baru PTN sebesar minimal 40% untuk SNMPTN, minimal 30% untuk SBMPTN dan sisanya boleh dialokasikan untuk penerimaan seleksi mandiri PTN. Sebenernya kuota SNMPTN tahun 2016 lalu turun dibanding tahun 2015. Tahun 2015 kuota minimal 50%. Tapi meskipun begitu, dengan kuota 40% masih lebih banyak dari SBMPTN dan Jalur Mandiri. Nah oleh karena itu, SNMPTN ini merupakan kesempatan yang bagus banget untuk mendapatkan satu bangku kuliah di PTN, daripada harus berdarah-darah di SBMPTN atau mandiri nanti.

Meskipun jalur ini menyediakan kuota penerimaan terbesar, bukan berarti pula lo bakal gampang diterima begitu aja, diperlukan strategi memilih jurusan, PTN dan beberapa pertimbangan lain yang mana hal itu bakal complicated banget nanti. Oleh karena itu, belajar dari pengalaman alumni yang lolos ataupun ga lolos SNMPTN merupakan hal yang wajib. Dari pengalaman mereka, lo bisa dapet insight yang mungkin belum sempet kepikiran pada saat sekarang.

saran dan tips snmptn dari alumni

Beberapa saat setelah pengumuman SNMPTN 2016 lalu, gue sempat ngadain survei. Dalam survei tersebut, para alumni yang diterima ga lupa memberikan saran dan tips tentang pemilihan jurusan SNMPTN, pemilihan universitas, strategi milih jurusan di SNMPTN, dan lain-lain. Dari sekitar 700an responden, gue memilih 8 saran yang bisa lo contoh. Namun yang perlu diingat, semua saran dan tips di dalam ini berdasarkan pengalaman mereka, bukan berarti pasti bener atau harus diikuti. Gue juga tambahkan catatan apabila gue rasa ada kalimat yang kurang pas atau kurang jelas. Silakan dicatat poin-poin yang menurut lo penting.

Tips & Saran Lolos SNMPTN dari Alumni

Arina Galih Sulistyarini – SMAN 1 Purwokerto – Akuntansi UGM 2016

arinaMasukan ada banyaaak. Liat nilai kaka kelas yang diterima di ptn dan jurusan yang kamu pengen. Jadiin acuan/perbandingan. Semisal pengen lintas, liat temen yang dari IPS nilainya dibawah/diatas kamu, terus ada yang pengen lintas di jurusan dan ptn yang sama atau ngga, kalau ada dan kamu masih lebih tinggi nilainya, lanjut terus. Pengalaman pribadi, aku IPA, temenku ada yang mau masuk Akun Ugm juga dan dia paralel 1 IPS, sedangkan kalau dr IPA, aku plg tinggi nilainya, jadi bismillah, lanjut aja. Kalau misal udah bulet keputusan pengennya disitu aja, Ga usah peduliin lawan, kalau misal itu milik kalian, pasti bakalan dimudahin. Banyak2 berdoa, ibaratnya kalian minta sama Allah, kalian juga harus kasih yang lebih kalau bisa. Kalau liat lawan, dimana2 ada, ntar ujungnya bingung sendiri mau kemana, tetapin satu tujuan, ikhtiarin tujuan kalian, kalau bimbang, shalat, minta petunjuk. Kalau udah diusahain yang terbaik, insya Allah bakalan dikasih yang terbaik ^^

Pandu Dewa Nata – SMAN 1 Kotagajah – Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA

bsalnakfSaran buat adik kelas pokoknya pilih prodi sesuai dengan minat kamu jangan sampe jebol snmptn tapi dijurusan yang asal pilih, sesuain juga apa yang kamu ambil sama nilai raport, indeks sekolah dan pesaing lo semua, realistis aja jangan banyak menghayal kalo emang dirasa gak yakin jebol mending gak usah, dan menurut gue isilah semua pilihan 3 3nya jangan dengerin kata orang kalo cuma ngisi 1 prodi kesempatan jebolnya semakin tinggi it’s bullsh*tt, dan juga jangan terpengaruh terhadap alumni di kampus yang lo tuju, alumni SMA gue banyak banget yang di PTN di satu propinsi SMA gue dan biasanya pertahun adalah sekitar minimal 40/50an anak masuk situ dan tahun ini (2016) apa yang terjadi? Anak IPA di SMA gue yang notabennya SMA paling fav di kabupaten gak ada satupun yang jebol padahal tahun lalu di satu PTN itu jebol sekitar 40-50 anak gak tau itu kesalahan sistem apa PTNnya yang emang gak nerima dari SMA gue entahlah ada juga PTN di Timur Jawa yang taun kemaren ngambil dari SMA gue 5 orang tahun sekarang juga nihil, jadi disini gue tekankan sekali lagi pilih jurusan yang bener bener lo minati dan tetep realistis dengan apa yang lo dan sekolah lo capai selama lo di SMA dan jangan lupa lo juga  berdoa sama tuhan contohnya buat yang muslim sholat 5 waktu gak boleh telat apalagi bolong perbanyak sedekah sholat sunnah puasa senin kamis & minta restu kedua orang tua lo terutama ibu lo itu bener bener manjur gue didoain ibu gue supaya lulus di pilihan 2 dan apa yang terjadi? Gue udah yakin bakal lolos pilihan 1 ternyata doa ibu gue dikabulin, percaya gak percaya sih tapi itu nyata, selamat berjuang generasi penerus bangsa 😊

Shofie Azzahrah – SMAN 12 Jakarta – Ilmu Ekonomi Islam UI

WhatsApp Image 2017-01-12 at 17.12.02Banyak cara cara aneh yang harus dilakuin buat lolos snmptn. Yang jelas, ga perlu takut nilai fluktuatif karena nilai gue fluktuatif banget. Ini tips yang gue saranin banget
1. Cari alumni yang ada di ptn dan jurusan yang lo mau, kalo di jurusan tertentu gaada, minimal fakultas. Dan berhubungan baiklah sama dia. Sering-sering minta doa sama dia. Dan yang terakhir, minta dia buat bisa ningkatin IPKnya. Karena selain rapor lo, IPK dia juga ngaruh banget buat kelulusan lo.
2. Fokus ke pelajaran yang lo suka. Lo suka ekonomi, mau masuk fak.ekonomi, gedein nilai ekonomi lo. Jadi ambislah disana.
3. Sering-sering ikut lomba walau ga menang. Karena biasanya tiap lomba nyediain sertifikat buat peserta walau ga menang
4. Banyak berbuat baik sama orang lain. Perbanyak juga sedekah. Sedekahnya justru sebelum pengumuman ya..
5. Jangan berharap sama snmptn. Karena momen dimana lo berharap, lo gabakal belajar buat SBM. Belajar buat SBM dimulai dari awal semester 5. Ga perlu maksain diri naikin nilai. Belajar aja buat SBM sekuat tenaga.
6. Yang terakhir, doa pasti pengaruh ya. Ini faktor paling utama. Lakukan amalan ibadah yang belum pernah lo lakukan sebelumnya misal tahajjud, dhuha, dll. Kencengin doanya. Tapi inget ya, Allah ngasih sesuatu ke hambanya sesuai kapasitas hambanya. Orang yang doa dan ga usaha biasanya kapasitasnya masih rendah dan Allah bakal ngasih yg sesuai kapasitas orang tersebut. Kalau lo bener-bener punya PTN impian, lo harus doa dan usaha, biar Allah merasa kapasitas lo cukup di PTN impian lo itu. Caranya adalah, dengan belajar SBMPTN 😉

Catatan: “Lo suka ekonomi, mau masuk fak.ekonomi, gedein nilai ekonomi lo. Jadi ambislah disana.” lo ga mesti ambil jurusan yang pas SMA lo sukai atau pas SMA dulu nilainya bagus. Ada berbagai jurusan yang bisa lo eksplore. Misalnya di bidang ekonomi nih ada berbagai jurusan yang bisa lo pelajari selain ilmu ekonomi sendiri seperti manajemen, bisnis, agribisnis, kewirausahaan, ekonomi islam, dll. Atau bisa juga lo nyebrang ke bidang lain yang pengen dan minat buat lo pelajari.

Clara Renny Kartika – SMAN 1 Waru – Hukum Unair

ueh3yl73Bagi saya, semua hasil kerja keras dan jerih payah itu tidak perlu ada yang disesali. Saya masih percaya dan berkeyakinan kuat bahwa Tuhan dan doa restu dari orang tua sangatlah membantu. Sejujurnya ketika saya memilih jurusan dan di PTN yang saya pilih, saya amatlah sangat bingung. Terlebih orang tua belum merestui saya untuk kuliah di luar kota. Sehingga, saya dengan kedua orang tua saya berpikir keras ketika memilih jurusan dan PTN yang sesuai untuk saya. Dan ketika sudah final, awalnya saya sempat khawatir. Kenapa tidak di tempat ini saja yang daya tampungnya lebih banyak? Kenapa harus di sini dan lagi, banyak murid di sekolah saya yang memilih PTN ini, saya amat pesimis dikala waktu itu. Ibu saya dan Bapak saya, seketika itu menatap saya dengan kedua mata mereka masing-masing dan mengukir sebuah senyuman. Mereka berkata, serahkan semuanya pada Tuhan. Ketika sudah pasti dalam memilih, banyak teman sekelas saya yang meremehkan saya terlebih sahabat saya pula. Mereka kaget akan pilihan saya yang terlalu amat tinggi dan guru saya sendiri juga sempat heran pada saya yang berani mengambil pilihan-pilihan yang tinggi tersebut. Dan ketika hari H pun tiba, saya senang bukan main. Saya langsung memeluk ibu saya dengan penuh tangis bahagia dan memberitahu kabar gembira ini pada Bapak saya. Ternyata benar, doa restu dari orang tua serta berdoa selalu pada Tuhan memang sangat penting sekali. Dan jangan pernah kecewa akan nilai UNAS yang seandainya belum memenuhi target. Karena poin penting dalam UNAS adalah kejujuran. Semangat dan semoga sukses untuk para adik kelas pejuang SNMPTN 2017! Jangan ragu untuk memilih prodi yang sangat kalian inginkan dan jangan berkecil hati apabila nilai kalian tidak sebagus si A ataupun si B. Kalian adalah kalian, kalian yang berhak menentukan masa depan kalian masing-masing. Tetap optimis!

Indri Sri Cahyani – SMAN 1 Blora – Kimia UNS

Buat adik kelas, SNMPTN merupakan jalur impian yang paling didambakan. Kalo adik kelas pengen ketrima di jalur snmptn, aku saranin buat milih ptn dan jurusan jangan2 asal2an. Dibutuhin strategi yang tepat buat bisa tembus lewat jalur snmptn. Pertimbaangin banget  ptn yang pingin kamu ambil. Kalo adik2 termasuk anak yang notabenenya termasuk murid biasa, milih ptn dan jurusan emang perlu dipikir mateng2, soalnya pilihan yag terlaalu tinggi, justru bisa ngerugiin kamu sendiri nanti. Tapi perlu diinget, jurusannya tetep yang sesuai sama minat kalian yaa. Aku dulu termasuk anak yang biasa aja, piagam aja nggak punya. Jadi aku bener2 merhatiin banget jurusan dan ptn yang ku ambil. Buat adik kelas, aku juga mau ngasih saran, jangan sekali2 ngejadiin jalur snmptn sebagai satu2nya jalur. Kamu juga harus perlu persiaapan buat belajar sbmptn nanti. Gini, kamu nganggep aja kalo buat masuk ptn favorit kalian itu jalur sebenernya adalah jalur sbmptn, nah tapi kalo kalian ketrima di jalur snmptn, anggep aja itu sebagai hadiah buat kamu. Semangat!

Rizky Octaviani – SMAN 48 Jakarta – FTI ITB

dpz_leigPerisiapkan SBMPTN pas lo udah masuk kls 12 semester 2. Setinggi apapun nilai rapor lo, jangan terlalu berharap sama undangan, undangan itu 90% bonus. Kalo lo diterima Alhamdulillah, kalo ngga diterima ya udah lo masih bisa ikut SBMPTN, dan lo gabakal kaget juga kan soalnya lo udah nyiapin dari jauh hari.

Masukin pilihan-pilihan lo buat SNMPTN itu yang pengen banget lo dapetin. Serius. Jangan takut gaditerima, inget, SNM cuman bonus. Lo harus tetep belajar buat SBM. Soalnya kalo di SNM lo cari aman, dan lo masukin pilihan yang ga terlalu lo pengen, dan pas lo diterima, lo bakal nyesel. Karena itu bukan mimpi lo.

Gue yang nilainya super pas-pasan, punya mimpi setinggi langit; masuk FTI ITB jurusan Teknik Fisika. Di sekolah gue ada 5 org yang daftar undangan ke FTI, dan 2 orang diantaranya anak OSN kimia, dan ranking mereka jauh di atas gue. Tapi gue tetep hantem aja, karena FTI mimpi gue. Gue jg pasrah, yaudah lah gue juga lagi persiapin buat tes tulis. Alhasil? Miracle do happen. Gue dapet mimpi gue, gue dapet bonus dari Allah. Dan gue bener-bener bersyukur atas apa yang udah gue dapet. Itu bener2 mimpi gue!:) Sedangkan temen gue yang lain, yang nyari aman di undangan, milih yang ga terlalu dia suka. Padahal nilai dia sangat di atas gue dan dia pengen banget ITB. Pada akhirnya dia ga terlalu bahagia, dan pastinya menyesal.

Jadi, balik lagi sih, itu tergantung lo. Pilihan ada di tangan lo. Jangan sampe salah milih ya.

Olivia Kurnia Wijayanti – SMAN 8 Jakarta – FKG UI

1. Rajin ke BK, pantau peringkat kamu dimana di jurusan yang kamu mau, ini penting bgt karena kamu bisa lihat posisi kamu dimana dan masih bisa ngatur strategi!
2. Bimbel yang genah (rajin) dari KELAS SATU, ini penting bgt sih kalau emang kamu mau fokus snmptn ya kurang2in lah ke mall/cabut les/ kongko2 gak penting.
3. BERDOA
4. Minta restu Ibu & Bapak
5. Attitude

Monica Eigit Christanti – SMA Sugar Group – Ilmu Komputer Unila

tat5-lnpSaran saya buat adik-adik yang punya kesempatan mengikuti SNMPTN:
1. Pilih PTN yang berada satu provinsi sekolahmu, karena menurut pengalaman PTN akan mendahulukan dan memberikan kuota lebih banyak bagi putra putri provinsinya untuk bersekolah di PTN tersebut. See, mereka semua memprioritaskan kita kan? Manfaatkan peluang yang ada 🙂

2. Sesuaikan nilaimu dan ranking kamu dengan jurusan yang kamu pilih. Kalo dijalur SNMPTN kita harus banyak intropeksi diri dan sadar diri juga. Sudah tahu kita tidak pernah mendapat ranking atas disekolah dan  tidak punya nilai yang gede mau ambil jurusan kedokteran atau jurusan yang PG-nya gede banget. Peluangnya kecil tu. Tapi kalo mau coba-coba silahkan aja deh:) who's know?

3. Jangan males-males buat survei alumni yang keterima jalur SNMPTN di PTN mana aja. Siapa tau alumni berprestasi dan menunjukan keaktifan di PTN tersebut. Mungkin PTN akan mempertimbangkan buat ngambil kita.

4. Banyak berdoa itu yang sangat penting. Kalo yang beragama katolik coba deh ikutin cara saya berdoa Novena tiap pagi, minta pertolongan Bunda Maria. Who's know permohonan kita dikabulkan. Buat yang beragama lain coba deh buat berdoa memohon supaya diloloskan pada jalur SNMPTN, serta semakin mendekatkan diri dengan sang pencipta.

Catatan: Untuk kalimat “Pilih PTN yang berada satu provinsi sekolahmu, karena menurut pengalaman PTN akan mendahulukan dan memberikan kuota lebih banyak bagi putra putri provinsinya untuk bersekolah di PTN tersebut.” biasanya memang dalam persebaran siswa yang lolos, mayoritas provinsi yang sama dengan PTN nya. Misalnya UI masuk provinsi DKI Jakarta dan memang mayoritas yang diterima berasal dari DKI Jakarta. Tapi itu belum tentu bisa disimpulkan bahwa UI memprioritaskan anak DKI Jakarta. Bisa aja memang yang daftar dari DKI Jakarta udah banyak banget dibanding provinsi lain sehingga proporsi diterima juga lebih banyak. Tetep saran gue lihat historis alumni di sekolah lo.

==========================================

Demikian 15 saran dan tips dari alumni yang bisa lo ambil poin-poinnya. Nah sebenernya masih ada banyak saran dan tips lain dari anak-anak lain, tapi menurut gue saran di atas udah cukup mewakili yang lainnya. Sedangkan untuk hasil survei SNMPTN 2016 akan diposting dalam waktu dekat.

Apabila ada pertanyaan seputar SNMPTN, silakan mengajukan di kolom komentar. Thanks 🙂

Avatar

Ari Candra Arista

Author Since:  Sep 17, 2014

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan.

Facebook: fb.com/acandraarista | Twitter: @aricandra | ask fm: @ari_candra

  • Dita

    kak, aku mau tanya. Kan ada sertifikat yang tingkatanya itu se-Jawa. sedangkan di snmptn itu tingkat se-Jawa nya nggak ada. jadi itu gimana ?

  • Divaa Nafisha

    Kak mau nanya nih, sertifikat itu ngaruhnya seberapa besar sih kak? Soalnya aku mau ngambil jurusan Ilmu Komunikasi. Dan kebetulan aku punya sertifikat penyiar radio dan juga reporter. Kalau itu dimasukin pas snmptn ngaruh gak sih?

  • Isma Imanda

    Ka aku pengen banget masuk snmptn dan aku sebenarnya masuk rangking 5 besar trus disekolah. Waktu kelas 10, rapot ku sistem nya pakai nilai 0-4 aku pernah test ngitung rata rata, setelah dihitung nilai rata rata ku naik trus ,tapi setelah nilai kelas 10 dikonversi ke 0-100. Ternyata rata rata ku keseluruhan sem1-5 itu naik turun, 84.33 , 87.33, 83.64, 84.92, 88. Jadi kira kira peluang aku lulus snmptn ada gakk?

  • Riska Triayani

    Kak mau nanya, kira2 ngaruh gk indeks sekolah kalo seandainya sekolahnya negeri tapi belum akreditasi belum ada alumni yang daftar snmptn dan baru ada angkatan pertama alias sekolah baru buka. Makasih ya sebelumnya

    • Ari Candra Arista

      Kalo belum ada alumni dan akreditasi, bakal susah buat dapet jurusan yang tingkat persaingannya tinggi. Jadi kalo indeks sekolah rendah, usahakan punya prestasi lain di luar sekolah. Apabila emang ga ada prestasi, usahakan milih jurusan dengan tingkat persaingan rendah (di atas 10% misalnya)