• Home
  • /
  • Daftar 25+ Beasiswa Kuliah Populer untuk D3, D4, S1, S2 dan S3 Tahun 2021

Daftar 25+ Beasiswa Kuliah Populer untuk D3, D4, S1, S2 dan S3 Tahun 2021


List beasiswa ini akan terus ditambah dan akan aku update secara berkala. So, jangan lupa bookmark atau simpan halaman ini untuk dibuka-buka lagi di lain waktu ya.

Daftar beasiswa kuliah yang sedang membuka pendaftaran

BeasiswaJenjangPendaftaranLink
Beasiswa Penelitian ASCEES1 & S2s.d. 1 Januari 2021https://bit.ly/2Iayakc

Daftar Beasiswa Kuliah di Indonesia

Beasiswa S1, D4 dan D3 untuk mahasiswa baru (saat ini SMA sederajat atau alumni)

Beasiswa S1 dan D3 untuk mahasiswa baru

Beasiswa khusus untuk kelas 12 atau alumni yang akan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Beberapa beasiswa yang tersedia:

1. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa dari pemerintah untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi untuk kuliah di PTN dan PTS jenjang D3, D4 dan S1. Beasiswa KIP Kuliah merupakan beasiswa dengan penerima terbanyak di Indonesia. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Januari s.d. November.

Website: https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

2. Beasiswa OSC

Online Scholarship Competition (OSC) merupakan kompetisi beasiswa program kolaborasi antara Medcom.id dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai penyedia beasiswa. Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan beasiswa kuliah S1 di 19 PTS atau beasiswa kuliah S2 di 7 PTS mitra OSC. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Agustus s.d. November.

Website: https://osc.medcom.id/tentang

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa untuk mahasiswa baru yang telah diterima dan terdaftar sebagai mahasiswa/i aktif semester 1 untuk program S1 reguler di perguruan tinggi mitra. Biasanya pendaftaran dibuka pada pada bulan Agustus s.d. September.

Website: https://tanotofoundation.org/id/news/program-beasiswa-dan-kepemimpinan-teladan-2021/

4. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri dari Kemendikbud untuk jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 2 pada saat mendaftar. Biasanya pendaftaran dibuka pada pada bulan September s.d. Oktober.

5. Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU)

KJMU adalah program pemberian bantuan beasiswa penuh dari Pemrov DKI untuk calon/mahasiswa PTN dari keluarga tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik. Calon penerima harus mendaftar di PTN dan dinyatakan lulus seleksi masuk PTN. Bantuan biaya sebesar Rp1,5 juta per bulan dan biaya penyelenggaraan pendidikan. Pendataan KJMU biasanya dilaksanakan mulai sekitar Februari-Maret (tahap 1) dan September-Oktober (tahap 2).

Website: https://kjp.jakarta.go.id/

6. Beasiswa Permprov Jabar – Jabar Future Leaders Scholarship

Jabar Future Leaders Scholarship merupakan program bantuan biaya pendidikan tinggi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mahasiswa baru atau mahasiswa aktif asal Jawa Barat yang menempuh pendidikan jenjang D3, D4, S1, S2, dan S3 yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Biasanya pendaftaran dibuka pada pada bulan Juli s.d. Agustus.

Website: https://beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id/

7. Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa APERTI BUMN adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN, yaitu Telkom University, STT PLN, Universitas Pertamina, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, BRI Institute, dan IT Telkom Surabaya (ITTS). Beasiswa ini ditujukan untuk siswa SMA/SMK/MA kelas 12 atau alumni tahun sebelumnya. Fasilitas beasiswa berupa BEASISWA PENUH sampai LULUS. Biasanya pendaftaran dibuka pada pada bulan Mei s.d. Juli.

Website: https://apertibumn.org/

8. Beasiswa S1 PPM School of Management

Beasiswa kuliah S1 sampai lulus di PPM School of Management untuk jurusan Manajemen Bisnis dan Akuntansi Bisnis. Beasiswa ini ditawarkan untuk siswa kelas 12/sederajat.

Website: http://ppmschool.ac.id/id/beasiswa-program-sarjana/

9. Beasiswa Eka Tjipta Foundation (ETF)

Beasiswa ETF adalah program beasiswa pendidikan dari Eka Tjipta Foundation untuk mahasiswa/i berprestasi yang memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S1. Fasilitas beasiswa berupa biaya kuliah (maksimum sampai dengan Semester 8), tunjangan hidup per semester hingga semester 8.

Website: http://ekatjipta.org/beasiswa-etf/


Beasiswa S1, D4, dan D3 untuk mahasiswa aktif

Beasiswa S1, D4, dan D3 untuk mahasiswa aktif

1. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa dari Djarum untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Strata 1/Diploma 4 di semester 4, dari semua disiplin ilmu. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Maret s.d. Mei.

Website: https://djarumbeasiswaplus.org/

2. BRILiaN Scholarship

BRILiaN Scholarship adalah beasiswa dari Bank BRI untuk mahasiswa terpilih yang sedang menempuh pendidikan S1 pada semester 5-8 dan memiliki IPK minimal 3.25. Fasilitas yang diberikan berupa biaya bantuan pendidikan per semester, uang saku setiap bulan, laptop, Pelatihan Character Building dll. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juni.

Website: https://e-recruitment.bri.co.id/beasiswabrilian/

3. Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa bakti bca diberikan selama 1 tahun bagi mahasiswa semester 5 & 6 yang berprestasi secara akademik dan memiliki kendala finansial. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juli s.d. Agustus.

Website: https://www.bca.co.id/id/Tentang-BCA/Korporasi/csr/solusi-cerdas-bca/beasiswa-bakti-bca

4. Beasiswa Pembangunan Jaya

Beasiswa dari Yayayan Pembangunan Jaya untuk mahasiswa/i aktif di semester 5 dengan IPK minimal 3.5 atau mahasiswa/i yang tidak mampu secara finansial namun berprestasi baik dengan IPK minimal 3.0. Beasiswa ini diperuntukan untuk 15 Perguruan Tinggi yang bekerja sama dengan Yayayan Pembangunan Jaya. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juli s.d. Agustus.

Website: http://beasiswa.margajaya.org

5. Beasiswa Wijaya Karya

Program beasiswa dari PT Wijaya Karya untuk mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Arsitektur dan Akuntansi. Fasilitas beasiswa terdiri dari biaya kuliah selama satu tahun, uang saku Rp1.000.000 per bulan, uang skripsi, dll. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Agustus s.d. September.

6. Beasiswa CIMB Niaga

Program Beasiswa CIMB Niaga 2020 diselenggarakan oleh PT Bank CIMB Niaga untuk mahasiswa S1 aktif yang sedang menjalani studi di semester 5. Fasilitas beasiswa berupa biaya kuliah dan/atau operasional pendidikan selama 4 semester, biaya pengembangan diri atau fasilitas penunjang pendidikan, dan biaya penyusunan skripsi atau penelitian. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juli s.d. Agustus.

Website: https://www.kejarmimpi.id/beasiswacimbniaga2020/proses_seleksi

7. Beasiswa XL Future Leader

XL Future Leader merupakan program terpadu bagi mahasiswa semester 1 – 4 yang diselenggarakan oleh XL Axiata. Penerima beasiswa akan mendapatkan Gadget serta pulsa XL selama 2 tahun dan program pelatihan soft skills selama 2 tahun. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juli s.d. Agustus.

Website: https://register.xlfutureleaders.com/

8. Tokopedia Scholarship

Tokopedia Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Tokopedia untuk mahasiswa yang berkuliah di bidang data dan teknologi. Syarat mendaftar beasiswa ini yaitu merupakan mahasiswa semester 5 jurusan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Statistik, Teknik Komputer atau Teknik Industri. Fasilitas beasiswa meliputi biaya kuliah selama 2 semester, uang buku, uang bulanan, dll.

Website: https://www.tokopedia.com/scholarship/

9. KPMG 4SEAS Scholarship

Program beasiswa KPMG 4SEAS adalah beasiswa yang ditawarkan oleh KPMG, salah satu perusahaan terbesar di bidang jasa profesional Audit, Tax, dan Advisory, untuk mahasiswa yang sedang menjalani semester 1 s/d 4 di bidang Akuntansi atau Bisnis. Fasilitas beasiswa berupa bantuan dana kuliah maksimal 3 tahun serta kesempatan magang di kantor KPMG dan kesempatan bekerja di KPMG setelah lulus. Biasanya pendaftaran dibuka pada Februari s.d. April.

Website: https://home.kpmg/id/en/home/careers/kpmg-scholarship.html

10. Beasiswa Cendekia Baznas

Beasiswa Cendekia BAZNAS adalah program penyaluran beasiswa oleh BAZNAS kepada mahasiswa PTN mitra yang diprioritaskan untuk ashnaf fakir, miskin atau fi sabilillah. Mahasiswa semester 4 saat mendaftar. Fasilitas beasiswa meliputi bantuan SPP/UKT maksimal 4 juta rupiah, uang saku bulanan 400 ribu rupiah/bulan, pembinaan, dll. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan April – Mei.

Website: https://beasiswa.baznas.go.id/program-detail/beasiswa-cendekia-baznas-dalam-negeri

11. Beasiswa TNI

Beasiswa TNI adalah program beasiswa untuk jenjang S1 dalam negeri untuk jurusan-jurusan tertentu. Fasilitas beasiswa berupa tunjangan beasiswa Rp1 juta setiap bulan dan bantuan biaya skripsi. Mahasiswa yang terpilih dan telah lulus nantinya akan langsung mengikuti seleksi Tingkat Pusat Perwira Prajurit Karier TNI. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Maret s.d. Juni.

Website: https://rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/mahasiswa-beasiswa

12. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Yayasan KSE memberikan kesempatan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang telah menempuh pendidikan minimal semester kedua. Beasiswa diutamakan diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Fasilitas beasiswa berupa tunjangan biaya hidup sebesar Rp.750 ribu per bulan nya. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan April.

Website: https://kse.or.id/info_and_news/information/Pembukaan-Beasiswa-Baru-Tahun-Akademik-2020-2021

13. Beasiswa Adaro

Yayasan Pelayanan Kasih AA Rahmat (YPKAAR) melalui Adaro Foundation akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa D4 & S1 (MIPA, Kedokteran, Kehutanan, Pertanian, Perikanan, Teknik) dan D3 (Politeknik). Beasiswa ditujukan untuk mahasiswa minimum semester 3 atau menjalani tahun kedua perkuliahan. Fasilitas beasiswa berupa tunjangan Rp750 ribu per bulan selama 1 tahun. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan April s.d. Mei.

14. Beasiswa Sobat Bumi Pertamina

Beasiswa Pertamina Foundation merupakan program beasiswa dari Yayasan Pertamina untuk mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan S1 semester 4 di kampus-kampus mitra Pertamina Foundation. Fasilitas beasiswa berupa bantuan UKT maksimal sebesar Rp 5 juta/ semester dan biaya hidup Rp 500 ribu / bulan. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan April s.d. Mei.

Website: https://beasiswa.pertaminafoundation.org/program/detail/1

15. Beasiswa PPA & BBM

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa PPA) merupakan beasiswa yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa S1, D4, dan D3 aktif yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik yang baik. Sedangkan Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (Beasiswa BBM) diberikan kepada mahasiswa aktif yang tidak mampu secara ekonomi. Mahasiswa yang mengajukan beasiswa minimal berada di semester 2 dan maksimal Semester 6 (bagi S1 & D4) atau maksimal semester 4 (bagi program D3). Tahun 2020 kemarin, pemerintah tidak membuka pendaftaran Beasiswa PPA & BBM. Untuk tahun 2021, belum ada info lebih lanjut.

16. Beasiswa Penerbit Erlangga

Beasiswa dari Penerbit Erlangga untuk mahasiswa minimal semester 2 dan maksimal semester 6 jengan S1 atau D4. Fasilitas beasiswa sebesar Rp15 juta per tahun dengan peruntukan : UKT, Uang Saku, Uang Transport dan Uang Buku yang diberikan sampai semester 8 atau kelulusan (jika mahasiswa lulus sebelum semester 8 selesai). Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Juni.

17. Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa dari Bank Indonesia provinsi untuk mahasiswa minimal semester 3 di S1 atau D3 PTN. Fasilitas beasiswa berupa bantuan biaya kuliah sebesar Rp 6 juta per semester selama 4 semester. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Februari s.d. Maret.

Website: https://bak.undip.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/Poster-Penawaran-Beasiswa-BI.pdf

18. YBM BRI Smart Scholarship

Beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia bagi mahasiswa muslim/muslimah S1 di PTN (semester 2). Fasilitas beasiswa berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu per bulan yang diberikan selama 24 bulan atau 2 tahun. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Maret s.d. April.

Website: https://ybmbri.org/

19. Wardah Scholarship Program

Beasiswa dari Wardah untuk mahasiswi semester 3 dari 30 PTN mitra. Fasilitas beasiswa berupa bantuan senilai senilai Rp750 ribu per bulan yang akan diberikan setiap semesternya hingga lulus (maksimal semester 8), program Pengembangan Diri, dll. Biasanya pendaftaran dibuka pada bulan Oktober s.d. November.

Website: https://scholarship.wardahbeauty.com/

About the Author

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra

Ari Candra Arista

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Daftar 25+ Beasiswa Kuliah Populer untuk D3, D4, S1, S2 dan S3 Tahun 2021

 
>