• Home
  • /
  • Blog
  • /
  • Jurusan-jurusan Kuliah di Fisip

Jurusan-jurusan Kuliah di Fisip

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau lebih dikenal sebagai FISIP mungkin sudah sering kalian dengar. Fakultas ini menjadi salah satu fakultas favorit bagi para calon mahasiswa di Indonesia karena beberapa jurusannya menjadi idaman dan banyak sesuai dengan minat bakat para generasi penerus.

Selain itu, FISIP yang memiliki banyak ragam jurusan dan masih ada lagi peminatan untuk mempelajari lebih detail lagi tentang apa yang kalian pilih sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin menjadi penerus di bagian sosial dan masyarakat.

Jurusan-jurusan yang ada di Fisip

Secara umum, FISIP mengajarkan bidang sosial dan hubungan dengan masyarakat. Sesuai dengan kebutuhan dalam kehidupan nyata kita bermasyarakat. Nah, dalam artikel ini, aku akan memberikan ulasan singkat tentang jurusan-jurusan yang ada di FISIP:

1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara umum, segala aspek kita dalam bermasyarakat, berteman, dan lainnya pasti membutuhkan komunikasi. Ngobrol, baik verbal maupun non verbal pun merupakan sebuah proses komunikasi. Jadi, jurusan Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang mempelajari tentang komunikasi dari berbagai tingkat. Sebagai individu, komunikasi media, periklanan, siaran dan lain sebagainya. Jurusan ini diminati karena, banyak remaja saat ini yang memimpikan menjadi penyiar radio, pembawa berita, MC, jurnalis media massa hingga humas dan marketing periklanan.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, nantinya akan dibagi ke beberapa peminatan untuk mempelajari lebih detail minat kalian. Peminatan ini umumnya menjadi Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Public Relation, Audio Visual. Tetapi tidak semua kampus memiliki peminatan yang sama. Dan oleh karena itu juga, jurusan Ilmu Komunikasi sangat diminati para calon mahasiswa saat ini. Karena peminatan jurusan yang sesuai dengan lapangan pekerjaan kaum milenial saat ini.

2. Jurusan Sosiologi

Sosiologi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang perilaku sosial antar individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Karena manusia merupakan makhluk sosial, sehingga segala tindak dan laku manusia pasti berhubungan dengan interaksi sosial. Karena itulah, ruang lingkup dari Sosiologi sangatlah luas. Mencangkup segala interaksi yang terjadi dari individu maupun kelompok baik verbal maupun non verbal. Jadi, jika kalian memilih Sosiologi, maka kalian akan terjun langsung ke dalam masyarakat. Sangat cocok untuk kalian yang suka dengan interaksi, supel dan mudah bergaul. Dengan terjun langsung, maka kalian bisa menganalisa langsung bagaimana interaksi dari individu dengan sifat dan watak yang berbeda-beda dan belum pernah kalian temukan sebelumnya bisa menjadi penelitian yang menarik.

3. Jurusan Hubungan Internasional

Bidang studi satu ini juga banyak diminati di kalangan masa kini. Untuk gampangnya, Hubungan Internasional seperti namanya, yaitu mempelajari bagaimana hubungan antar negara. Jadi mempelajari bagaimana interaksi negara, Lembaga pemerintahan antar negara, dan juga non-pemerintah. Semua aspek global dipelajari, mulai dari pertahanan, hukum, sosial budaya hingga masalah diplomasi. Sangat cocok untuk kalian yang suka dengan hal-hal yang berbau dengan diplomasi antar negara. Karena beberapa kampus menerapkan sistem praktik mata kuliah dengan simulasi diskusi layaknya diplomat di berbagai negara yang sangat menarik sekali. Jadi kalian sekaligus dapat mempelajari budaya-budaya asing yang ada. Apalagi dengan prospek pekerjaan yang bisa jadi diplomat hingga bekerja di perusahaan multinasional. Cocok untuk kalian yang memiliki mimpi dapat berinteraksi dengan orang luar negeri dan mengenal budayanya bahkan secara langsung.

4. Jurusan Psikologi

Semua pasti telah mengenal perihal psikologi. Namun, pasti masih banyak orang yang awam tentang ilmu Psikologi. Jadi, secara singkat, ilmu Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan mental manusia secara ilmiah. Sebenarnya Psikologi ini masih masuk ke dalam ranah sainstek, tapi masih lebih umum masuk ke dalam soshum. Karena masih mempelajari perilaku manusia sebagai makhluk sosial tentunya. Nah, ilmu Psikologi ini tidak selalu identik dengan psikiater ataupun gangguan kejiwaan, didalam ilmu Psikologi masih banyak hal-hal kompleks yang bisa dipelajari. Karena sebetulnya, ilmu ini diperlukan juga untuk kalian nanti saat melamar kerja juga lho. Jadi tidak selalu berkaitan dengan gangguan kejiwaan dan lain sebagainya.

Jurusan ini banyak diminati karena kebanyakan ingin mempelajari bagaimana perilaku setiap masing-masing individu. Karena satu individu dengan lainnya pasti memiliki sifat, pemikiran, mental yang berbeda-beda tentunya. Selain itu, akhir-akhir ini sering bermunculan isu-isu depresi dan gangguan mental melanda anak-anak jaman sekarang. Itulah mengapa ilmu Psikologi sangatlah dibutuhkan saat ini.

5. Jurusan Ilmu Politik

Sudah tidak asing kalian mendengar kata politik. Hampir dimana-mana terutama saat ramai pemilihan umum, gubernur, walikota hingga kepala desa pasti akan muncul kata politik dimana-mana. Nah, ilmu politik ini masih berhubungan dengan hal-hal tersebut. Perihal perebutan kekuasaan dalam konteks negara dan pemerintahan merupakan hal-hal yang akan dipelajari dalam jurusan Ilmu Politik. Singkatnya, ilmu politik mempelajari tentang seluk beluk politik, tentang perebutan kekuasaan. Tapi, mempelajari dari sisi ilmu, seperti mengamati hingga mencari solusi tentang fenomena terjadinya perebutan kekuasaan antar individu maupun kepentingan bersama.

Ilmu Politik tidak jauh dari Hubungan Internasional, karena masih sama-sama mempelajari tentang hubungan politik antar negara juga. Cocok sekali dengan kalian yang memiliki sifat politis dan demokrasi.

6. Jurusan Ilmu Pemerintahan

Nah, ilmu pemerintahan juga tidak jauh dari ilmu politik dan hubungan internasional. Sesuai namanya, ilmu ini mempelajari tentang pemerintahan dengan fokus dalam negara dan kekuasaannya. Mengkaji tentang permasalahan manajemen, organisasi, administrasi juga lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang berada di bawah undang-undang.

Dalam jurusan ini, kalian akan belajar bagaimana cara negosiasi, mencari solusi dari permasalahan organisasi, manajemen, badan-badan publik dengan bekal public speaking dan pengetahuan politik. Sangat cocok untuk kalian dengan karakter independen, rasional, suka analisis dan kritis. Jika kalian kedepannya ingin terjun dalam dunia politik, bidang studi ini merupakan pilihan yang tepat. Karena pemikiran muda dan semangat yang masih membara juga hasil belajar dengan solusi-solusi yang siap untuk digunakan dalam pemerintahan, merupakan hal-hal yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan negara.

Tentunya prospek pekerjaan dari lulusan Ilmu Pemerintahan berkaitan dengan politik, kalian bisa menjadi aparat pemerintahan, anggota legislatif, partai politik, hingga konsultan pemerintahan. Sangat menggiurkan sekali untuk membawakan angin segar di tengah riuh politik saat ini.


Berikut adalah beberapa contoh jurusan yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ada juga beberapa kampus yang telah menerapkan jurusan-jurusan baru seperti Kriminologi, Administrasi Negara dan lain-lain. Tapi, tidak semua kampus menerapakan ilmu-ilmu seperti itu. Jadi, pikirkan matang-matang dan segera tentukan minatmu untuk pendaftaran perguruan tinggi yang akan segera dimulai. Jangan sampai salah jurusan. Putuskan sesuai dengan bakat dan impian masa depanmu.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus



Tags

fisip, Hubungan Internasional, ilmu komunikasi, ilmu politik, sosiologi


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Jurusan-jurusan Kuliah di Fisip

>