October 2

51 comments

Jurusan Ilmu Keperawatan

Jurusan Ilmu Keperawatan – Ketika lulus SMA atau sederajat, biasanya selalu banyak anak yang berminat untuk menekuni pendidikan tinggi di bidang kesehatan. Namun banyak yang bingung, “sebaiknya ambil jurusan apa nih?”. Gimana ga bingung, di bidang kesehatan sendiri ada cukup banyak program studi, beberapa diantaranya yang dikenal antara lain Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Farmasi, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Hewan, termasuk pula Ilmu Gizi dll. Nah dalam artikel ini aku akan mencoba mengupas salah satu jurusan dalam bidang kesehatan tersebut dan yang sedang aku tekuni sekarang ini, yaitu Ilmu Keperawatan.

Sebelumnya perkenalkan, namaku Alex Susanto, mahasiswa baru Pendidikan Ners/Keperawatan (Ilmu Keperawatan) UNAIR 2015. Dalam artikel aku ini ingin membagi pengalamanku ketika masuk dan β€œbaru” mengenyam pendidikan mengenai basic keperawatan. Sedikit cerita, awalnya aku diterima sebagai maba Unair melalui jalur SBMPTN. Dulu sih nggak kepikiran mau kuliah di jurusan keperawatan, tapi setelah mendapat ilmunya justru makin membuat penasaran untuk mempelajarinya.

Apa sih perawat itu dan bagaimana pendidikan untuk menjadi perawat?

Jurusan Ilmu KeperawatanPerawat adalah profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal dan kualitas hidup dari lahir sampai mati.

Pendidikan keperawatan di Indonesia di golongkan menjadi 4 kelompok besar yakni:

  1. Pendidikan vokasi, ditempuh dalam waktu 3 tahun untuk diploma 3 dengan gelar ‘Ahli Madaya Keperawatan (Amd.Kep) dan diploma 4 tahun untuk vokasi khusus dengan gelar Sarjana Sians Terapan (S.ST)
  2. Pendidikan profesional, ditempuh dalam waktu 4 tahun untuk program Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan tambahan 1 tahun untuk pendidikan profesi Ners (Ns)
  3. Pendidikan Master dan Spesialis, yakni Master Keperawatan (M.Kep) dan terdapat pesialis keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan medikal bedah
  4. Pendidikan doktoral, ditempuh untuk melakukan riset tentang keperawatan

Nah buat kamu para siswa/i lulusan SMA/sederajat, kamu bisa melanjutkan pendidikan tinggi di Pendidikan Vokasi atau Pendidikan Profesional. Bedanya apa nih? Perawat vokasi lebih cenderung ke praktika (praktek langsung), sedangkan kalau profesi kita diajarkan secara menyeluruh baik teori dan praktek. Pendidikan vokasi perawat biasanya ditempuh di Politeknik Kesehatan atau Akademi (Diploma 3 atau Diploma 4). Sedangkan Pendidikan Sarjana atau Profesi biasanya ditempuh di Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi. Buat yang belum tau bedanya Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik atau Akademi bisa baca disini.

Ilmu Keperawatan UNAIR termasuk jenis perawat profesi, dimana mahasiswa dituntut belajar selama 4 tahun untuk masa akademik, dan ditambah 1 tahun (2 semester) untuk pendidikan profesi. Pendidikan keperawatan sekarang sudah lebih maju dan terutama sudah memiliki legalitas yaitu UU no. 38 tahun 2014 tentang keperawatan.

Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan?

Banyak orang yang bilang kalau keperawatan itu nanggung, lebih baik jadi dokter. Pendapat tersebut SALAH, karena konsep pendidikan dan pelayanan antara dokter dan perawat itu berbeda. Di keperawatan, kita bisa belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Gak hanya sekedar sains, tapi kehidupan sosial juga kita pelajari. Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan efektif, memberikan pelayanan kesehatan yang menunjang untuk kesembuhan, dan sebagainya. Meskipun begitu, beberapa materi kuliah yang dipelajari antara Pendidikan Dokter dan Ilmu Keperawatan ada yang sama juga.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini antara lain ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan, dll.

Prospek Kerja lulusan Ilmu Keperawatan

Lulusan pendidikan profesi perawat atau yang juga disebut Ners (Ns) pada dasarnya bisa membuka praktik mandiri. Namun apabila kamu pengen berkerja di institusi kesehatan, beberapa pilihan yang bisa diambil diantaranya sebagai berikut:

  1. Pelayanan kesehatan di dalam negeri : Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Asuransi Kesehatan (Askes), Tenaga Kesehatan Bandara, Tenaga Kesehatan Pelabuhan, dll.
  2. Pelayanan keperawatan profesional di Luar Negeri.
  3. Pelayanan Keperawatan Mandiri (Home Care, dll)
  4. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Pendidikan : Institusi Pendidikan Keperawatan (Dosen)
  6. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  7. Perwira karir pada lingkungan TNI/POLRI

Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan S1 Ilmu Keperawatan / Keperawatan

Di Indonesia, ada cukup banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan S1 Ilmu Keperawatan / Keperawatan. Beberapa PTN maupun PTS yang menyediakan jurusan tersebut antara lain:

  1. Universitas Padjadjaran (Unpad), Akreditasi A
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM), Akreditasi A
  3. Universitas Indonesia (UI), Akreditasi A
  4. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Akreditasi A
  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Akreditasi A
  6. Universitas Riau (Unri), Akreditasi A
  7. Universitas Airlangga (Unair), Akreditasi B
  8. Universitas Andalas (Unand), Akreditasi B
  9. Universitas Diponegoro (Undip), Akreditasi B
  10. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Akreditasi B
  11. Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Akreditasi B
  12. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Akreditasi B
  13. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Akreditasi B
  14. Universitas Brawijaya (UB), Akreditasi B
  15. Universitas Hasanuddin (Unhas), Akreditasi B
  16. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Akreditasi B
  17. Universitas Jember (Unej), Akreditasi B
  18. Universitas Sumatera Utara (USU), Akreditasi B
  19. dll.

Pesan buat adik-adik maba 2016, jangan bingung dan ragu untuk memilih jurusan ya. Semua prodi itu baik kok, tergantung minat kalian dibidang apa. Pokoknya turuti kata hati kalian, jangan ikut-ikutan temen ^^ Ners jangan dipandang sebelah mata, karena dengan mempelajari ilmu keperawatan kita tidak hanya bisa mengobati, tapi juga bisa mencegah dari resiko penyakit yang akan menyerang tubuh kita.

Demikian review singkat mengenai Jurusan Ilmu Keperawatan, semoga bermanfaat. Apabila ada komentar atau pertanyaan mengenai jurusan ini, bisa kamu tulis di kolom komentar ya.

 

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Perawat
http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-keperawatan/(gambar)
http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-keperawatan/prodiilmu-keperawatan/

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Alex Susanto

Alex adalah mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ners di Universitas Airlangga, Surabaya


Tags

jurusan ilmu keperawatan, jurusan ilmu keperawatan UGM, jurusan ilmu keperawatan UI, jurusan ilmu keperawatan UNAIR, jurusan ilmu keperawatan UNDIP, jurusan ilmu keperawatan UNPAD, jurusan keperawatan, keperawatan


  • Kalo kita sudah menempuh jurusan s1 ilmu keperawatan Dan mau kerja langsung gampang atau harus melanjutkan studio s2 dulu?

    • Kalo s1 buat kerja nanggung. Harus ambil profesi dl Yaitu ners. Karena kalo tidak ners kita tidak boleh pegang pasien.

  • Jadi dengan gelar Ners kita udah bisa buka praktik sendiri ya kak? Untuk praktiknya, hal apa aja yang bisa dilakukan perawat? soalnya banyak yang bilang kerjaan perawat itu selalu bergantung dokter..

    • Tergantung minatmu mana sih. Kalo kesmas lebih umum, menangani kesehatan masyarakat luas. Kalo bidan dan perawat lebih ke personal.

      • Aku minat di bidan sama perawat sih, tapi kebetulan aku smk keperawatan. jadi kaya nya lebih baik nerusin ke perawat aja kali ya ka?

  • permisi admin, mau tanya, saya sedang kuliah di S1 keperawatan, nah setelah lulus dari s1 keperawatan kan ada ners profesi ya, didalam pendidikan ners itu nanti kita dididik secara keseluruhan ilmu keperawatan apa kita ambil minat kita diapa? misal aku ambil keperawatan gawat darurat, berarti di ners itu aku fokus ke perawat gawat darurat apa gimana?

    • Ners itu semua stase kita lewati. Tidak pilih satu. Kalo mau konsen ke satu pilihan. Bisa ambil spesialis. Tp biasanya di s2

  • Min tanya, perawat anastesi itu untuk lulusan SMA gimana ? Masuk kuliah D3 perawat atau langsung D4 perawat anastesi ?

  • halo kak,mau nanya. Perawat itu juga butuh beli alat kayak dokter ga sih? Trus pendidikan ilmu keperawatan itu sama ga kayak dokter? makasih sebelumnya

    • Gak harus beli. Nanti udh d kasih sama pihak kampus.
      Pendidikannya beda sama dokter. Walau ada beberapa yg sama. Tp pendidikan perawat lebih berfokus ke asuhan keperawatannya.

  • Maaf , saya mau nanya antara PTN di atas adakah yg menerima lulusan smk kesehatan untuk masuk jurusan ilmu keperawatan?

    • Kalo kerja nanti biasanya agak susah. Karena minimal akred B. Tp itu semua tergantung kebijakan dr RS masing2

  • Consultan ijazah sarjana Melayani Jasa Kepengurusan Ijazah SMU, S1 dan S2
    (melayani pembuatan ijazah resmi )

    Kejujuran dan kepercayan adalah modal utama kami. Masa depan tergantung apa yang anda lakukan hari ini. Dan kesuksesan menunggu bagi anda yang berjiwa optimis. Anda yakin silahkan transaksi, tidak yakin jangan transaksi.
    ( SIMPLE ) . Kami tidak menyediakan ijazah aspal atau palsu. Ketentuan kami mengikuti ketentuan dan hukum di Universitas masing-masing yang berlaku. bagi anda yang ingin mendapatkan ijazah untuk mendapat pekerjaan yang layak, kami dari
    consultan Ijazah sarjana, Siap membantu anda yang ingin mengubah masa depan menjadi lebih baik .!!

    Persyaratan :
    1. Nama :
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone
    9. Semua data di email ke: [email protected]

    contact : 0853 9824 5012
    email : [email protected]
    website : http://ptmandalaconsutanijazah.blogspot.com

  • Min saya mau tanya. Saya lulusan smk mau nerusin ke perawat anestesi, apa saya harus dapet gelar s1 keperawatan dulu baru bisa meneruskan ke anestesi atau bisa langsung ambil gelar s1 perawat anestesi ya min? Dan juga saya minta recomended tempat stikes perawat anestesi kalo dibolehkan. Saya sangat berterima kasih min sebelumnya karna saya sangat minim info mengenai ini

  • permisi kak admin, mau tanya… kalau jurusan ilmu keperawatan itu berat gk si kak dijalaninya? misalnya butuh otak yg pinter banget? dan kalau misalnya udh keterima susah untuk lulusnya gk kak?

    terimakasih kak, maaf kalau pertanyaannya aneh…

    • Gak harus pintar kok. Yg penting rajin dan bisa mengikuti atau bisa beradaptasi. Itu intinya .
      Kalo untuk lulus ya itu tergantung masing2 orang. Kalo rajin ya pasti gampang lulusnya.

      Intinya rajin dan mau bertanya. Nanti juga kamu akan bisa mengikuti

  • Min saya mau tanya? Kalau di pendidikan ners ini kalau untuk yang tingginya tidak sampai 150cm (untuk cewek) apakah boleh mendaftar min?

  • saya mau bertanya min kalo saya kuliah di universitas yang akreditasinya B keperawatannya .kalo saya mau ambil nersnya di universitas yang akreditasinya A kayak UGM DLL bisa pa enggak ya?

  • Kak, saya mau tanya kalo misalkan saya mau masuk fakultas keperawatan trus saya pilih yang pendidikan profesional itu bisa gak ngambil prodi yang 4 tahun untuk dapat S. Kep aja tanpa lanjut 1 tahun buat ners?

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
    >