• Home
  • /
  • Blog
  • /
  • Seluk Beluk Fakultas Kedokteran Undip

Seluk Beluk Fakultas Kedokteran Undip

Seluk Beluk Fakultas Kedokteran Undip – Kamu ingin masuk kampus di Fakultas Kedokteran? Atau ingin nanti di masa depan bekerja sebagai dokter, perawat, ahli gizi, ahli farmasi, maupun tenaga kesehatan lainnya? Tentunya, kamu harus cari tahu dulu dong mengenai Fakultas Kedokteran di kampus favoritmu. Salah satunya adalah Universitas Diponegoro. Fakultas Kedokteran Undip memang banyak diminati lho, Guys. Persaingannya juga ketat abis.

Kalau kamu tertarik dengan Fakultas Kedokteran, khususnya di Undip, banyak banget yang perlu kamu cari tahu. Tujuannya supaya kamu bisa lebih siap. Daripada salah masuk jurusan kuliah atau kaget karena jurusan kuliah yang kamu masuki ternyata jauh di luar ekspektasimu, bukan? Kamu nggak mau ‘kan udah membayar mahal, malah nggak semangat kuliah? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Fakultas Kedokteran Undip:

Departemen dalam Fakultas Kedokteran Undup

FK Undip didirikan pada 1 Oktober 1961 dan mempunyai 4 departemen lho, Guys. Jadi nggak jurusan Pendidikan Dokter aja. Nih beberapa departemen di FK Undip:

1. Departemen Kedokteran

Yang pertama, di FK Undip ada Departemen Kedokteran. Departemen ini memiliki beberapa program studi / jurusan, yaitu:
• Program Pendidikan Sarjana Kedokteran (PPSK)
• Program Studi Kedokteran Gigi
• Program Studi Farmasi
• Program Profesi Dokter
• Program Studi Magister Ilmu Biomedik
• Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

2. Departemen Keperawatan

Nggak cuma kedokteran, ada juga lho departemen keperawatan untuk kamu yang memang kurang berminat di jurusan pendidikan dokter.
• Program Studi Ilmu Keperawatan
• Magister Keperawatan

3. Departemen Gizi

Sementara itu, di Departemen Gizi ada beberapa program studi berikut ini:
• Program Studi Ilmu Gizi
• Magister Ilmu Gizi

4. Departemen Kedokteran Spesialis

Nah, bagi yang ingin memasuki pendidikan kedokteran spesialis, di FK undip ada beberapa prodi juga nih:
• Program Studi Ilmu Kesehatan Anak
• Program Studi Ilmu Bedah
• Program Studi Ilmu Kedokteran Forensik
• Program Studi Psikiatri
• Program Studi IK THT-KL
• Program Studi IK Mata, dan lain sebagainya.

Jadi, jika kamu mencari program studi untuk sarjana, ada Program Pendidikan Sarjana Kedokteran (PPSK), Program Studi Kedokteran Gigi, Program Studi Farmasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, dan Program Studi Ilmu Gizi.

Akreditasi Program Studi di Fakultas Kedokteran Undip

Dalam memilih jurusan kuliah, kadang kamu harus memperhatikan akreditasi jurusan tersebut, bukan? Ya, sebab akreditasi yang bagus mencerminkan kualitas pendidikan yang bagus pula. Selain itu, fasilitas yang menunjang kegiatan kuliah juga lengkap. Nah, berikut ini adalah daftar akreditasi beberapa program studi di FK Undip:

Nama Jurusan / Program StudiAkreditasi BAN-PT
Pendidikan DokterA
Kedokteran Gigi
Ilmu KeperawatanA
Ilmu GiziA
Farmasi

Oh ya, Program Studi Kedokteran Gigi dan Farmasi untuk pendidikan sarjana di FK Undip masih termasuk baru. Jadi, nilai / peringkat akreditasi yang belum ada mungkin karena PTN belum mengajukan visitasi dan penilaian dari BAN-PT dan Lembaga LAM-PTKes. Atau bisa jadi pengajuan akreditasi tersebut masih dalam proses penilaian. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mencari tahu di BAN-PT maupun LAM-PTKes.

Alamat FK Undip

Penting sekali lho Guys untuk mengetahui alamat kampus di jurusan kuliah yang kita pilih. Sebab meski masih satu kota, nggak jarang ada kampus yang terbagi dalam beberapa area. Contohnya adalah kampus FK Undip ini. Kampus FK Undip terbagi di daerah Tembalang dan di lingkungan RSUP Dr. Kariadi.

Namun, untuk pendidikan sarjana, semuanya ada di kampus Undip Tembalang kok. Alamatnya ada di Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275. Nah, untuk beberapa pendidikan pasca sarjana maupun pendidikan spesialis, kampusnya ada di lingkungan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Kalau alamatnya sudah benar, maka kamu nggak bakalan salah cari kosan deh!

Berapa sih biaya kuliah di FK Undip?

Yups, mungkin ini adalah informasi yang bakalan kamu butuhin banget ‘kan? Soal biaya memang harus dipertimbangkan matang-matang dalam memilih jurusan kuliah. Apalagi kuliah kedokteran kata orang-orang biayanya mahal. Masa sih?

Sebenarnya biaya kuliah tiap jurusan di FK Undip bisa berbeda-beda Guys, karena fasilitas penunjang kuliah yang diperlukan juga berbeda-beda. Untuk mahasiswa program sarjana di FK Undip yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN akan dibebani biaya UKT. Biaya UKT ini diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor :185/Un7.P/Hk/2019. Biaya UKT yang dibayarkan tiap semester di FK Undip, besarannya sekitar Rp 500.000 – Rp 19 juta. Penggolongan biaya UKT akan ditentukan berdasarkan penghasilan wali mahasiswa dan data-data terkait.

Nah, jika kamu masuk FK Undip melalui jalur UMPTN, sebenarnya biaya UKT sama saja dengan mahasiswa yang masuk jalur SNMPTN dan SBMPTN. Akan tetapi, pada jalur mandiri ini mahasiswa akan dikenai biaya sumbangan pengembangan institusi (SPI) sebanyak 1 kali selama masa studi. Biaya SPI FK Undip sendiri adalah Rp 25 juta – Rp 150 juta. Soal biaya, pertimbangkan matang-matang dengan orang tuamu, ya!

Apa sih yang dipelajari di FK Undip?

Kamu udah mantap untuk memilih kuliah di FK Undip? Denger-denger sih di FK itu kuliahnya berat, tiap hari cuma belajar. Bener nggak sih seperti itu?

Guys, nggak ada kuliah yang seenak di film, sinetron, atau FTV. Namanya juga belajar, jadi kita nggak bisa santai-santai dan rebahan aja, dong? Namun bukan berarti kita nggak bisa enjoy kuliah di FK Undip karena harus belajar terus.

Nah, kegiatan utama kuliah memang belajar. Akan tetapi, kamu tetap bisa kok mengikuti berbagai kegiatan untuk pengembangan dirimu. Kamu bisa ikut organisasi seperti BEM, Himpunan Mahasiswa, organisasi keagamaan, dan lain sebagainya. Kamu bahkan bisa mengembangkan hobimu dengan mengikuti beberapa UKM seperti paduan suara, pecinta alam, jurnalistik, basket, dan banyak lagi.

Kalau soal mata kuliah yang akan kamu pelajari di FK Undip, simak nih ulasan berikut.

Mata Kuliah di Program Studi Pendidikan Dokter

Hai calon dokter, di prodi Pendidikan Dokter ini kamu akan belajar beberapa hal menarik mengenai tubuh manusia lho. Kamu akan belajar Anatomi, Biologi Seluler, Genetika, Ilmu Bedah, Ilmu Penyakit Dalam, dan masih banyak lagi. Tentunya kamu juga akan belajar tentang penyakit-penyakit pada manusia dan juga pengobatannya. Sepertinya seru, ya? Apalagi kamu akan melakukan praktikum yang menantang abis dengan melakukan bedah cadaver. Itu lho, mayat manusia yang telah diawetkan. Gimana? Kalau ingin masuk kedokteran, nggak boleh takut dong!

Mata kuliah di Program Studi Ilmu Keperawatan

Nggak hanya jurusan kedokteran yang seru. Kamu calon perawat yang akan kuliah di Ilmu Keperawatan pun akan mempelajari banyak hal menarik untuk menjadi perawat yang hebat. Sepanjang kuliah sarjana, kamu akan belajar tentang bagaimana agar bisa mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kualitas kesehatan seorang individu. Beberapa mata kuliah yang akan kamu hadapi misalnya Dasar Ilmu Keperawatan, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Psikologi dalam Keperawatan, dan lain sebagainya. Kamu pun juga akan belajar bagaimana cara berkomunikasi yang baik dalam keperawatan. Menarik, ya?

Mata kuliah Program Studi Ilmu Gizi

Jadi calon ahli gizi pun nggak kalah menarik pengalamannya. Kamu akan belajar mengenai makanan, zat-zat gizi makanan, dan beberapa penyakit akibat gangguan gizi. Seru abis, karena related banget dengan kehidupan sehari-harimu. Kamu juga akan belajar bagaimana diet menaikkan / menurunkan berat badan, bahkan juga belajar mengenai gizi pada atlet lho. Beberapa mata kuliah di prodi ini antara lain ada Ilmu Gizi Dasar, Biomedik, Manajemen Pelayanan Makanan, Kuliner, Gizi Atlet, Gizi Daur Kehidupan, dan lain sebagainya. Oh ya, salah satu praktikum di Ilmu Gizi ini yaitu memasak. Nggak heran deh kalau prodi ini peminatnya juga banyak!

Mata kuliah Program Studi Kedokteran Gigi

Para calon dokter gigi, di prodi Kedokteran Gigi ini yang akan kamu pelajari menarik-menarik abis lho. Kamu akan bertemu dengan mata kuliah Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kedokteran Gigi Dasar, Anatomi Gigi, Kelainan / Penyakit pada Gigi, dan lain sebagainya. Menariknya lagi, kamu juga akan belajar tentang skill pembuatan gigi tiruan. Ya, nggak cuma belajar terkait kedokterannya, kamu juga akan belajar ilmu estetika.

Mata Kuliah Program Studi Farmasi

Bagi kamu yang suka tentang kimia dan obat-obatan, sepertinya cocok deh kuliah di jurusan Farmasi. Kamu akan mempelajari berbagai hal tentang obat-obatan. Mulai dari bahan kimia di dalamnya, proses pembuatan obat, proses pengemasan obat, fungsi obat, dan lain sebagainya. Mata kuliahnya antara lain Farmasetika, Farmasi Fisik, Anatomi Fisiologi Manusia, Kimia Farmasi, dan masih banyak lagi mata kuliah seru lainnya. Di sini sepertinya kamu bakalan sering nge-lab alias praktikum lho!

Prospek kerja FK Undip

Selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah prospek kerja. Nah, memilih jurusan kuliah aja nggak cukup, Guys. Prospek kerja juga harus kamu pertimbangkan supaya nantinya di masa depan nggak salah jalan.

Tiap prodi di FK Undip ini memiliki prospek kerja yang tentunya beda-beda. Kamu bisa menyimak tabel berikut ini.

Jurusan / ProdiProspek Kerja
Pendidikan DokterDokter Umum
Dokter Spesialis
Kepala Rumah Sakit
Peneliti
PNS
Wiraswasta
Bekerja di perusahaan di bidang kesehatan
Ilmu KeperawatanPerawat Rumah Sakit
Asisten Dokter
Paramedis dan Teknisi Medis
Perawat Homecare
Peneliti
PNS
Ilmu GiziAhli Gizi Rumah Sakit
Ahli Gizi Atlet
Wiraswasta
PNS
Bekerja di perusahaan makanan
Peneliti
Pengusaha Kuliner
Konsultan Gizi
Kedokteran GigiDokter Gigi Rumah Sakit
Dokter Gigi Klinik
Peneliti
Dosen
Dokter Gigi Militer
Dokter Gigi Kepolisian
FarmasiFarmasi Industri
Peneliti Farmasi
Farmasi Manajemen
Farmasi Rumah Sakit
Farmasi Apotek dan Laboratorium Klinik
Peneliti

Itu dia Guys hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang FK Undip. Gimana, udah siap masuk FK Undip belum?

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus



Tags

undip


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Seluk Beluk Fakultas Kedokteran Undip

>