January 26

0 comments

Jalur Masuk Universitas Brawijaya (UB) 2020

Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terbaik nomer 5 dari penilaian resmi Kemenristekdikti.  Sebagai Lembaga Pendidikan tertinggi negeri di Indonesia, Universitas Brawijaya memiliki berbagai strata Pendidikan mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister dan program Doktor juga program Spesialis yang ada di dalam 15 fakultas dan 2 program Pendidikan setara fakultas.

Untuk kalian yang sedang bingung melanjutkan pendidikan, apalagi yang masih ragu-ragu untuk memilih kampus atau jurusan yang pas buat kalian. Jangan bingung, Universitas Brawijaya memliki 15 fakultas yang bisa kalian pilih. Dengan 221 program studi mulai dari program vokasi hingga dokter profesi tersedia di Universitas Brawijaya. Tentunya kalian yang ingin melanjutkan kuliah tidak perlu bingung lagi, banyak program yang sesuai dengan minat dan bakat kalian yang bisa kalian pilih.

Jalur Masuk Universitas Brawijaya

Sebagai universitas favorit para lulusan SMA saat ini, Universitas Brawijaya membuka seleksi masuk penerimaan untuk mahasiswa baru. Banyak jalur yang dibuka untuk memilah para calon mahasiswa baru, baik jalur nasional hingga jalur mandiri. Jalur nasional yang terdiri dari SNMPTN dan SBMPTN yang bisa kalian ikuti di pendaftaran yang tersedia di setiap SMA maupun SMK. Selain itu, Universitas Brawijaya juga menyediakan jalur mandiri yang bisa kalian daftarkan melalui situs resmi pendaftaran Universitas Brawijaya di selma.ub.ac.id.

Untuk kuota penerimaan masing-masing jalur, berdasarkan berita dari Malangtimes, disebutkan bahwa Kuota penerimaan untuk jalur SNMPTN sebesar 30%, SBMPTN 40%, sedangkan jalur mandiri 30%.

1. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disebut SNMPTN merupakan pendaftaran yang gratis karena seluruh biasa seleksi ditanggung oleh pemerintah. Namun dengan syarat yang harus dipenuhi. Informasi lengkap untuk pendaftaran, pengisian formulir, dan informasi tentang program studi bisa diakses melalui situs resmi SNMPTN. Dilansir dari situs resmi SNMPTN, berikut persyaratan khusus yang harus dipenuh oleh siswa pendaftar di tahun 2020 kini :

•   Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul.
•   Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
•   Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
•   Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

2. SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN juga bisa kalian ikuti sebagai pengganti tidak masuknya syarat dari SNMPTN. Dengan ujian tertulis dan tidak menggunakan prestasi selama kalian sekolah. Untuk SBMPTN saat ini telah menggunakan ujian tertulis berbasis komputer atau biasa disebut dengan UTBK. Sehingga, kalian sebagai calon mahasiswa harus memahami dulu apa itu UTBK. UTBK merupakan ujian tertulis yang semua pengerjaannya menggunakan komputer. Materi tes dari UTBK meliputi Tes Potensi Skolastik dan Tes Potensi Akademik. Untuk kelompok ujian dari UTBK meliputi 3 jenis, yaitu Sainstek (IPA), Soshum (IPS) dan campuran (IPC).

Untuk saat ini, SBMPTN 2020 memiliki beberapa syarat dan ketentuan. Berikut syarat dan ketentuan yang dilansir dari laman resmi ltmpt.ac.id :

•   Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.
•   Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 atau 2019 atau lulusan paket C.
•   Peserta yang akan memilih prodi Saintek mengikuti TPS dan TPA Saintek.
•   Peserta yang akan memilih prodi Soshum mengikuti TPS dan TPA Soshum.
•   Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti TPS, TPA Saintek, dan TKA Soshum.
•   Hasil UTBK tahun 2020 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2020.
•   Peserta tes membayar biaya UTBK.

3. Seleksi Mandiri

Selain SNMPTN dan SBMPTN yang bisa kalian ikuti, Universitas Brawijaya juga membuka jalur mandiri bagi kalian yang gagal melalui 2 jalur sebelumnya. Untuk jalur mandiri Universitas Brawijaya dapat diakses melalui situs resminya di selma.ub.ac.id. Tentunya terdapat syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi disitu. DIlansir dari situs resmi seleksi masuk Universitas Brawijaya, berikut persyaratan yang wajib kalian penuhi (dari tahun 2019) :

•   Warga Negara Indonesia (WNI).
•   Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2017, 2018 dan 2019;
•   Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2017 dan 2018 harus sudah memiliki ijazah.
•   Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto).
•   Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD.
•   Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Untuk pilihan program studi kelompok seleksi mandiri Universitas Brawijaya dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu Sainstek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPC). Dan untuk program studi Seni Rupa wajib menyertakan portofolio dengen syarat yang telah ditentukan. Untuk informasi lebih lengkap dapat kalian akses di selma.ub.ac.id.

Tingkat persaingan di jalur mandiri Universitas Brawijaya tentu saja tidak seketat seperti di SBMPTN. Karena pesertanya pastinya telah berkurang dari lolosnya peserta lain di SNMPTN dan SBMPTN. Tentunya ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kalian para calon mahasiswa.

Untuk kalian para calon mahasiswa, mulai saat ini dapat kalian persiapkan segala syarat dan ketentuan melalui jalur yang akan kalian pilih. Agar tidak kehilangan kesempatan masuk di kampus paling favorit Universitas Brawijaya. Banyaknya pilihan fakultas dan jurusan yang dapat kalian sesuaikan dengan mimpi dan bakat kalian para calon mahasiswa. Banyak cara agar kalian bisa lolos dengan jalur yang kalian ambil. Maksimalkan dengan belajar bersama teman-teman, mengikuti try out dan bimbingan belajar di daerah kalian. Dengan begitu, semoga hasil yang kalian inginkan dapat tercapai untuk masuk menjadi mahasiswa di Universitas Brawijaya.

Oke demikian informasi seputar jalur masuk Universitas Brawijaya. Semoga kalian tidak bingung lagi untuk masuk ke kampus terbaik dan paling favorit di Universitas Brawijaya.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Vino Sungepet

Vino adalah alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya


Tags

jalur masuk, UB, Universitas Brawijaya


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Jalur Masuk Universitas Brawijaya (UB) 2020

>