Jalur Masuk Undip 2020

Sebentar lagi, lulusan sekolah menengah atas akan memasuki tahap pendaftaran mahasiswa baru. Berbagai kampus / universitas di Indonesia telah mempersiapkan jadwal pendaftaran melalui beberapa jalur. Namun sebelum itu, sudahkah kamu mantap dengan kampus dan jurusan pilihanmu?

Jangan sampai deh kamu masih galau mau kuliah di mana. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua, kakak kamu, kakak kelas, atau bahkan guru BK. Kamu pun bisa memilih jurusan kuliah berdasarkan minat dan kemampuan kamu. Setelah itu, baru deh cari informasi selengkap-lengkapnya mengenai jalur masuk kampus yang kamu pilih tersebut.

Sebagian besar orang akan memilih berkuliah di kampus favorit. Namun, untuk masuk kampus favorit pun persaingannya juga ketat. Salah satu kampus terbaik di Indonesia adalah Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro yang sering disingkat Undip merupakan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Undip ini termasuk kampus berakreditasi A (sangat baik) dengan skor 361 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang berlaku sejak 2013 – 2018.

Saat ini, Undip telah memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah. Rincian lengkapnya yaitu ada 21 Program Studi Diploma III (D3), 51 Program Studi Sarjana (S1), dan 35 Program Studi Magister (S2). Selain itu, ada juga 18 Program Pendidikan Dokter Spesialis, 3 Program Profesi, dan 13 Program Studi Doktor (S3). Sebagian besar program sarjana di Undip, kampusnya terletak di Tembalang, Semarang.

Jalur Masuk Undip 2020

Apakah kamu berniat untuk kuliah di Undip? Maka simak deh beberapa jalur masuk Undip berikut ini.

1. Jalur SNMPTN

Jalur masuk Undip yang pertama ada jalur SNMPTN. Jalur ini ditujukan untuk kamu para siswa yang berprestasi tinggi dan konsisten di SMA / SMK / MA. Data dari prestasi yang akan digunakan adalah nilai rapor dan portofolio akademik dari semester 1 hingga semester 5 selama sekolah. Nah, di jalur SNMPTN ini sekolah berkewajiban mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data tersebut berisi rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa dengan lengkap serta benar. Nantinya, data tersebut akan dilakukan seleksi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

2. Jalur SBMPTN

SBMPTN adalah jalur masuk Undip maupun PTN lain melalui tahap tes / ujian tertulis. Ujian yang dilakukan sekarang sudah menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk UTBK ini, bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat. Bisa juga diikuti oleh siswa lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

Pada pendaftaran SBMPTN, kamu bisa mengakses laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id lalu mengisi data-data biodata yang dibutuhkan. Untuk tahap SBMPTN ini, ada ketentuan dalam memilih prodi dan PTN. Kamu bisa memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua prodi dalam 1 PTN atau 2 PTN. Informasi lengkap jalur SBMPTN Undip bisa kamu akses di laman https://um.undip.ac.id/archives/26/informasi-sbmptn.

3. Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB)

Selain kedua jalur di atas, Undip juga membuka peluang bagi calon mahasiswa baru program sarjana S1 dan S1 Terapan untuk masuk melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB). Jalur seleksi ini peluang besar banget lho untuk kamu yang punya prestasi selama bersekolah. Prestasi-prestasi tersebut bisa di jalur olahraga, seni, tahfidz, sains teknologi, maupun jalur sosial humaniora. Minimal kamu pernah menjadi juara 1 tingkat propinsi, atau juara 1 – 3 tingkat nasional maupun internasional.

Untuk pendaftaran jalur SBUB ini, kamu bisa mendaftarkan emailmu di https://pendaftaran.undip.ac.id/. Setelah itu, kamu bisa mengisi dan melengkapi data-data yang dibutuhkan. Kalau kamu berniat mendaftar melalui jalur SBUB, maka ingat timeline berikut ini, ya:

TahapanTanggal
Pendaftaran online1 November 2019 – 1 Maret 2020
Pengumuman hasil seleksi berkas5 Maret 2020
Tes seleksi bakat9 – 10 Maret 2020
Tes seleksi wawancara11 Maret 2020
Pengumuman akhir 25 Maret 2020

4. Jalur Ujian Mandiri (UM Undip)

Masih ada lagi nih jalur masuk Undip, yaitu melalui jalur Ujian Mandiri (UM). Untuk mendaftar UM Undip, kamu bisa mendaftarkan emailmu di https://pendaftaran.undip.ac.id/ lalu mengisi data diri dan membayar biaya pendaftaran. Nantinya, kamu akan melakukan ujian dengan materi pengetahuan umum serta materi akademik sesuai dengan kelompok program studi yang kamu pilih.

Timeline untuk jalur UM ini adalah sebagai berikut.

TahapanTanggal
Pendaftaran online1 Mei – 1 Juli 2020
Pembayaran1 Mei – 2 Juli 2020
Ujian / tes seleksi11 Juli 2020
Pengumuman hasil20 Juli 2020

Informasi selengkapnya, kamu bisa mengakses https://um.undip.ac.id/archives/28/informasi-seleksi-ujian-mandiri-s1.


Itulah beberapa jalur masuk Undip yang perlu kamu ketahui kalau ingin kuliah di Undip. Informasi dan update yang lebih lengkap bisa kamu cari di https://um.undip.ac.id/. Nah, mana pun jalur yang kamu pilih, mending persiapkan dari sekarang. Kamu bisa mulai mencari informasi dan melengkapi syarat-syarat pendaftaran. Semangat!

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus



Tags

jalur masuk, undip


{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Jalur Masuk Undip 2020

>