May 1

80 comments

Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan Ketiga

Dalam SNMPTN, lo pasti sering mengenal istilah “PTN yang ga mau dinomorduakan”. Artinya siswa yang memilih PTN di Pilihan I, akan lebih diprioritaskan untuk lolos. Hasilnya, mayoritas siswa yang diterima di SNMPTN, diterima di Pilihan I mereka. Berdasarkan survei SNMPTN, 96% diterima di PTN pilihan I, siswanya 4% diterima di PTN Pilihan II nya.

Nah apakah hal tersebut juga berlaku di SBMPTN?

Sekilas tentang aturan pemilihan jurusan SBMPTN

Dalam SBMPTN, lo dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi. Lo bisa memilih ketiga program studi tersebut di PTN yang sama, atau beda semua. Urutan dalam pemilihan program studi yang lo pilih menyatakan prioritas pilihan.

Apakah peluang diterima SBMPTN pilihan pertama, kedua dan ketiga sama?

Untuk mengetahui hal tersebut, gue melakukan survei kepada siswa yang diterima di SBMPTN 2015 kemarin. Survei ini terdiri dari 1.563 responden yang diterima di berbagai PTN di Indonesia.

Pilihan SBMPTN Pertama Kedua Ketiga

Berdasarkan hasil survei, terlihat bahwa jumlah penerimaan di masing-masing pilihan relatif berimbang. Diterima SBMPTN di pilihan pertama ada 38%, diterima SBMPTN di pilihan kedua ada 34% dan diterima SBMPTN di pilihan ketiga ada 28%.

Sekarang bandingkan persentasenya dengan SNMPTN.

Peluang Diterima SNMPTN Pilihan Pertama dan Kedua

Nah njomplang banget kan. Di SNMPTN, PTN sangat memprioritaskan siswa yang memilih PTN sebagai pilihan I. (Baca: analisis penerimaan SNMPTN) Dengan melihat perbandingan penerimaan SBMPTN tersebut, secara umum terlihat bahwa peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 adalah relatif sama besar. Artinya PTN ga terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga.

Agar tambah yakin gue mention akun official UI yang aktif di twitter




Penerimaan Berdasarkan Pilihan di beberapa PTN

Okay, sekarang secara umum sepakat ya kalo PTN ga terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga. Nah gimana dengan PTN-PTN tertentu yang menjadi favorit? apakah PTN favorit juga memperlakukan siswa yang menempatkannya di pilihan 1,2 atau 3.

Gue mencoba menyortir data di beberapa PTN favorit (yang ga ada di chart di bawah, belum tentu ga favorit ya, soalnya kalo dicantumin semua lama nyortirnya)

Persentase Penerimaan SBMPTN UI

Screen Shot 2016-05-01 at 00.01.06Dari 1.563 responden, ada 104 responden yang diterima di UI. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UI pilihan pertama ada 65%, pilihan kedua 26% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

Persentase Penerimaan SBMPTN UGM

Screen Shot 2016-05-01 at 00.13.45Dari 1.563 responden, ada 71 responden yang diterima di UGM. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UGM pilihan pertama ada 63%, pilihan kedua 27% dan pilihan ketiga 10%.

Hampir sama seperti UI, persentase siswa yang diterima di pilihan I UGM relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%).

Persentase Penerimaan SBMPTN ITB

Screen Shot 2016-05-01 at 00.19.23Dari 1.563 responden, ada 73 responden yang diterima SBMPTN di ITB. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN ITB pilihan pertama ada 73%, pilihan kedua 18% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I diatas UI maupun UGM dan tentu saja relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

Salah satu alasannya mungkin adanya program peminatan di ITB, yang mana siswa yang memilih program studi tertentu, akan diprioritaskan diterima. Nah kalo jurusan yang lo minati di ITB termasuk dalam program peminatan, lo wajib banget kirimkan form peminatan tersebut. Lebih lanjut tentang program peminatan ITB bisa lo baca sendiri di sini.

Persentase Penerimaan SBMPTN UNPAD

Screen Shot 2016-05-01 at 00.39.14Dari 1.563 responden, ada 184 responden yang diterima di UNPAD. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNPAD pilihan pertama ada 31%, pilihan kedua 43% dan pilihan ketiga 26%.

Nah data ini cukup menarik mengingat lebih banyak siswa yang diterima di pilihan kedua dibandingkan pilihan pertama. Persentase yang diterima di pilihan I bahkan setengahnya dari persentasi UI, ITB atau UGM.

Persentase Penerimaan SBMPTN UNAIR, UNDIP, IPB

Screen Shot 2016-05-01 at 01.06.39Dari 1.563 responden, ada 54 responden yang diterima di UNAIR. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNAIR pilihan pertama ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%.

Meskipun kata akun officialnya UNAIR memprioritaskan pilihan I, tapi pada kenyataannya, lebih dari separuh diterima UNAIR di pilihan II dan III.

Untuk UNDIP persentase diterima di pilihan I ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%. Sedangkan IPB persentase diterima di pilihan I ada 37%, pilihan kedua 37% dan pilihan ketiga 26%.

Apa artinya?

1. Jangan menganggap remeh pilihan 2 dan 3

Ga sedikit siswa yang ga terlalu mikir ketika memilih jurusan sebagai pilihan kedua dan ketiganya. Padahal, sesuai dengan penjelasan di atas, peluang diterima pilihan 2 dan 3 juga besar. Banyak kasus salah jurusan atau demotivasi kuliah karena hal ini. Jangan asal milih pilihan 2 dan 3 agar “yang penting kuliah”, tapi pilihlah jurusan yang apabila diterima, pasti akan lo ambil dan jalani dengan suka cita.

2. Mengosongi pilihan 2 dan 3, sayang banget

Dengan peluang diterima di pilihan kedua dan ketiga yang juga gede, menurut gue sih sayang banget apabila pilihan tersebut dikosongin. Mungkin ada diantara lo yang fanatik banget dengan jurusan dan PTN yang lo incer. Misal lo pengen kuliah di FK UI, titik! Sehingga mengosongi pilihan 2 dan 3. Padahal pilihan 2 dan 3 nya bisa lo pilih FK di PTN lain yang ga kalah keren.

Kenapa Peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 ga selalu sama besar?

Kalo lo lihat di keseluruhan PTN, memang kalo di total, persentase yang diterima di PTN pilihan pertama, kedua dan ketiga secara umum berimbang. Tapi kalo lo persempit cakupannya di PTN tertentu, bisa jadi persentasenya berbeda. Seperti yang terlihat di data di atas, di PTN big three (UI, UGM, ITB), persentase diterima di pilihan I berkisar antara 67-73%. Sedangkan PTN favorit lainnya non big three, persentase diterima di pilihan I juga dominan, namun masih di bawah 50%.

Kenapa bisa seperti itu? Ada 2 kemungkinan:

  1. Jumlah pendaftar di masing-masing pilihan jumlahnya berbeda cukup signifikan. Misal di PTN big three, seperti yang udah dipaparkan di atas, mayoritas PTN big three diterima di pilihan I, tapi mungkin emang karena mayoritas anak menempatkannya di pilihan I. Misalnya gini, yg menempatkan UGM di pilihan I nya ada 6.000, menempatkan UGM di pilihan II ada 3.000, menempatkan di pilihan III ada 2.000. Kalo kayak gitu, wajar kalo mayoritas diterima di pilihan I.
  2. Ada prioritas lebih bagi yang menempatkan sebagai pilihan I. Kemungkinan ini masih terbuka mengingat keputusan penerimaan dilakukan masing-masing PTN dan ga adanya data jumlah pendaftar di masing-masing pilihan.

——————————————————————————

Okay, demikian artikel tentang peluang penerimaan SBMPTN. Moga-moga tulisan ini bisa membantu lo dalam memilih jurusan di SBMPTN 2016 menjadi lebih maksimal. Apabila ada pertanyaan atau pendapat, bisa lo sampaikan di kolom komentar.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra


Tags


  • Kak mau nanya. Pd saat mendaftar sbm, penulisan nama di kolom “nama ayah” itu gmn ya jk ayah sdh meninggal namun di skl tdk tertulis almarhum?

  • Kak mau nanya. Kalau misal sebut saja si A, SBMPTN pilihan satu nya FK Unpad.
    Si B, sama2 FK Unpad tapi di pilihan ketiga.
    Ternyata nilai akhir si B lebih besar daripd si A. Siapa yg lebih berpeluang diterima kak?

    • Menurut informasi yang saya dapat. Si B berpeluang besar ,sebab prioritas akan berfungsi apa bila terjadi nilai yang kembar

    • Tergantung akreditasi sekolahnya juga, kualitas sekolahnya sama alumni sekolah kamu yg banyak masuk fakultas itu berapa, itu juga mempengaruhi

      • Sorry nih ganggu… kalo masalah kwalitas sekolah itu masuknya ke SNMPTN, bukan SBMPTN. Jadi, yang penting skor lo cukup buat masuk jurusan dan univ. yang lo mau. Sekolah gw SNMPTN ga ada yg diterima UI kok, tapi SBMPTN ada 2 orang.
        Intinya SBMPTN itu PURE hasil ujian lo dalam sehari itu.

  • Kak, mau nanya. Misal kita ngisi pilihan 1, 2, dan 3. Nah bisa gak diterima di tiga pilihan sekaligus…..atau hanya satu

    • Tergantung nilai lo, kalo nilai lo cukup untuk masuk salah satu pilihan yang udah lo buat, maka lo akan dapet salah satu univ. itu, tapi kalo nilai lo ternyata masih kurang, di semua univ n jurusan yg lo pilih. Maka 3 pilihan lo itu gagal lu dapat. 🙂

    • Sama sekali nggak kok, masalah2 yang terkait dgn sekolah itu cuma SNMPTN, jadi SBM maupun SIMAK itu PURE hasil ujian lo.

  • Mau nanya. Kalo saya ada di Bandung, dan saya pilih seni musik UNY (Yogyakarta), bagaimana ujian keterampilannya? Apa saya harus ke UNY atau bisa tes nya di Bandung???

    • Stau gw SBMPTN itu ada regionnya masing2 jadi gak perlu ke Univ. tujuan. Dan stau gw ~ kalo UM (Ujian Mandiri) nah itu baru lo harus ke Univ. tujuan lo . 🙂

  • Pilihan ke-3 di SBMPTN : Riskan banget atau ga ya?

    Kalo pilihan jurusannya gini : *nilai ini gue hitung dari data sbmptn 2015, terus nyesuain dengan tingkat ketetatan (daya tampung/peminat) terus pake rumus yg dari Wangsit Education, jadi gini
    1. STEI – ITB (Nilai nasional : 772.769)
    2. Ilmu Komputer – UI (753.122)
    3a Teknik Informatika – ITS(701.81)
    3b. Ilmu Komputer – IPB (663.776)
    Riskan banget atau ga ya, kalo gue milih ITS-Ilkom sebagai pilihan 3?
    Fokus yang gw tanyain :
    1. Perbedaan nilai UI-ITS=40 poinan itu kira-kira, beda berapa soal ya…?
    2. Nilai nasional 800 itu “kira2” berapa soal? Nyampe 70% kah?

  • Kak, kalau pilihan 1,2,3 beda fakultas ngga papa??, contohnya :
    1: ilmu gizi undip
    2: teknik perminyakan Upn Jogja
    3: teknik Pwk UB
    Apa itu bisa dianggap main2 dalam memilih prodi?

  • Kak, kalau pilihan 1,2,3 beda fakultas ngga papa??, contohnya :
    1: ilmu gizi undip
    2: teknik perminyakan Upn Jogja
    3: teknik Pwk UB
    Apa itu bisa dianggap main2 dalam memilih prodi?

  • Mau nanya, klo pilihan pertama UI keduanya juga UI cuma beda jurusan apa tetep persentase nya jadi kecil karena ada di pilihan ke dua?

  • Kak, saya pejuang sbmptn2017, saya udah daftar, pil 1 UI Bahasa dan Kebudayaan Korea pil 2 UGM Bahasa Korea pil 3 UGM Sosiologi. Sebelumnya saya mohon doanya agar diterima disalah satu pilihan saya. Semua pilihan yg saya pilih itu karna saya suka dan saya mau jalani. Tapi saya ingin tau menurut kakak apa terlalu bahaya memilih UI dan UGM bersamaan? Banyak yg memberitahu saya jika itu terlalu mengambil resiko:( menurut kakak bgmn? Apakah ada kasus seperti saya dan diterima?

  • Kak kalau misalkan di terima di pilihan pertama, tapi mau pindah ke pilihan kedua, apakah bisa?
    Sedangkan pilihan 1,2, & 3 saya memilih di PTN yang sama

  • Kak, kalo passing grade mempengaruhi pilihan 2 sama 3 gak? mislanya pilihan jurusan saya pendidikan kimia untirta dan uin jakarta, tapi passing grade uin lebih besar. gimana pendapat kakak? yg ngerti tolong bagi pengetahuannya dong

  • Kak bisa gak pil 1,2,3 selang seling misal sy ambil pil 1 fk unpad, pil 2 biologi ui pil3 biologi unpad.

  • kak saya pejuang sbmptn2017, pil 1 UI Ilmu Adm. Niaga pil 2 manajemen pendikan UNJ / Ak UIN pil 3 teknologi pendidikan UNJ . dari urutan itu apa sudah benar strateginya kak? bila ada perbaikan, tolong sarannya ya kak

  • Kak itu prosesnya misalnya nilai kita udh lewat passig grade semua pada pilihan 1,2,3 nah kita bisa milih atau enggak?

  • Kak saya pejuang sbmptn 2017, insyaallah saya mau ngambil jurusan sastra indonesia peminat tahun kemarin 796 dan daya tampungnya 45 passing gradenya 33,70% dan ma ngambil jurusan ilmu kesejahteraan sosial peminag tahun kemaren 977 dan daya tampungnya 38 passing gradenya 28.60%. Menurut kaka pilihan 1 nya sastra indonesia atau ilmu kesejahteraan sosial?

  • Kak, saya pejuang sbm 2017, saya menaruh pilihan kedua fkh ipb dan pilihan ketiga fkh unair, apakah peluang diterima pilihan ketiga sama dengan pilihan 1 dan pilihan 2??? Apakah jarak PG nya terlalu dekat? Mohon sarannya, terimakasih…

    • Nilai anda dipersaingkan dengan nilai saingan anda di pil1,jika nilai anda kuat dan bertahan, maka anda dinyatakan lulus di pil1, jika nilai anda kalah oleh pesaing lain, maka anda akan di drop ke pil2 dst

  • Kak , bisa gak kalau kita mau daftar sbm tahun depan tapi saat ini kita sedang terdaftar sebagai salah satu mahasiswa ptn lain (lulus 17 mau ikut sbm 18)

  • apakah peluang di pilihan pertama lebih besar dibandingkan pilihan kedua dan ketiga? saya ingin lulus di pilihan pertama saya.

  • Kak aku mau nanya nih. Aku msh bingung bs lulus ga ya sbmptn nya. Jadi sebenernya total nilai nya nnti itu dibandingkan sama berapa persen nya peluang di terima di msing2 ptn nya?

  • Kemaren aku ngeliat temen temen seruangan ku itu mengisi jawaban nya banyak banget kak. Aku jd minder. Lah aku isinya cuma yg aku yakin aja. Aku ga tau dia emg beneran tau semua jawaban nya atau dia ga tau sistem penilaiannya. Jd sebenernya gpp kan ya isi yg yakin aja meskipun dikit?

  • Kak waktu sbm saya pilih: 1. Ugm-Psiko 2.UGM-HI 3.Undip-Psiko
    Mungkin gak kalo saya lolos ke pilihan 2, yg PG nya lebih tinggi drpd pilihan1
    Mohon responnya ya kak 🙂
    Thank u

  • Kak, kira” peluang keterimanya snm fk unair sm fk undip dr sma swasta lbh besar mana ya? Karna saya dr luar provinsi jd pilih salah satu aja. Makasih

  • Kak mau tanya dong kalau misalkan kita pejuang sbmptn 2017 yang mencoba lagi tahun 2018 itu mempengaruhi penerimaan di Univ yang di tuju ngga ya?

  • Kak misal sayasaya snmptn pil 1 keperawatan ui, pil 2 kesehatan masyarakat ui, kan itu pil 1&2 ptn nya ui semua, apakah peluang keterima di kesehatan masyarakat sangat kecil?? Terimakasih.

  • kak kalau misal saya pilih 3 ptn semua jurusannya sama. itu peluang untuk masuknya besar gak? atau malah mending setiap ptn beda jurusan?

    • Tidak ada pengaruhnya. Peluang masuk itu ditentukan dari persaingan dengan orang lain. Kalau jurusan yang kita ambil memang jurusan favorit sudah pasti persaingannya ketat dan peluang lulusnya kecil

  • kak saya mau nanya, misalnya nih saya keterima di Univ A jalur SNMPTN, tapi saya coba sbmptn juga di univ A tapi berbeda jurusannya. apakah bisa seperti itu kak? atau bakalan ada kerugian yg diterima

  • Kak bener gasih kalo misalnya kita masukin ui dan ugm buat sbm kita gabakal dapet dua2nya karena mereka gamau dibandingin?

    • Hoax itu mah. Kampus besar seperti ITB, UGM, UI, dll ga akan bertindak irasional begitu. Asal lo ada kemampuan, pasti diterima. Gue dulu daftar ITB sama UI, diterima di ITB akhirnya.

  • kak mau nanya kalo misalkan pilihan 1: unair ilmu dan teknologi lingkungan, pilihan kedua: unibraw teknik lingkungan, pilihan 3: Univ. Negeri Malang Biologi dan panloknya di palangkaraya bisa ngga kaya gitu kak?

  • kakak, saya pejuang sbm 2018, nah saya kan mau ambil ilmu lingkungan, prodi uns yang baru dibuka, kira2 gimana ya kak? kan belum terakredetasi gitu, terus saya kan juga ambil teknik pwk, bagusan ambil pwk undip atau pwk ugm?

  • Kak katanya kalau kita milih universitas kita harus cari aman, ambil pilihan pertama yang aman-aman aja, jangan tinggi-tinggi, katanya pilihan ke-3 gak di anggap, itu bener gak sih kak? Jujur aku agak gak percaya, tapi takut juga, gimana nih kak? Minta solusi nya. Makasih kak

  • Kak, Saya mau tanya… Bener gak kalau ndaftar pilihan 1 FTMD ITB sama pilihan 2 teknik mesin UGM tidak disarankan?

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Peluang diterima SBMPTN Pilihan Pertama, Kedua dan Ketiga

    >