November 1

7 comments

Ujian Keterampilan SBMPTN

Ujian Keterampilan SBMPTN – Bagi yang memilih kelompok jurusan Seni dan Olahraga, jika di SNMPTN lo mesti melengkapi portofolio, maka di SBMPTN lo juga akan mendapat “tugas tambahan”. Di SBMPTN terdapat tes tambahan, di luar ujian tulis bagi pendaftar yang memilih jurusan seni dan/atau olahraga. Misal dalam 3 pilihan lo terdapat 1 jurusan seni atau olahraga, maka lo wajib mengikuti ujian keterampilan tersebut.

2006Ujian_Keterampilan

Ujian keterampilan SBMPTN disesuaikan dengan jenis seni jurusan yang dipilih, misal untuk jurusan seni rupa/desain, maka tes keterampilannya menggambar (bentuk, suasana, ekspresi); Jurusan seni musik menyanyi atau memainkan alat musik, dll

Yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua panlok (penyelenggara tes) menyelenggarakan ujian keterampilan juga. Misalnya di Jatim ada 3 panlok ujian: Malang, Surabaya, Jember, tapi penyelenggara ujian keterampilan cuma di Malang dan Surabaya saja. Untuk daftar panlok penyelenggara ujian keterampilan bisa dilihat di http://www.sbmptn.or.id/utama.php?hmenu=18&hitem=1&dikirim=1

Ujian keterampilan dilaksanakan satu atau dua hari setelah ujian tulis, jadi bagi lo yang berminat di jurusan yang mewajibkan ujian keterampilan, maka mau tak mau harus memilih panlok yang juga menyelenggarakan ujian keterampilan juga.

 

Catatan: Apakah jurusan arsitektur termasuk seni? Jurusan arsitektur tidak termasuk jurusan dari kelompok seni sehingga bagi yang memilih arsitektur tidak melakukan ujian keterampilan. Meskipun ketika kuliah nanti akan diajarkan nilai seni suatu bangunan (value art), namun core arsitektur adalah teknik.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra


Tags


  • Apakah kita bisa milih hari (misalnya kan ujian keterampilan hari rabu dan kamis, jadi saya milih hari rabu, apakah boleh? Apa memang udah ada yang ngaturin jadwalnya? Jika ada yang ngaturin jadwalnya agar kita tau bagaimana? )

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Ujian Keterampilan SBMPTN

    >