November 1

47 comments

Pengertian Wilayah di SBMPTN, Jangan Salah Mengartikan

Pengertian Wilayah di SBMPTN, Jangan Salah Mengartikan – Di SBMPTN dan SNMPTN ada beberapa istilah yang mesti lo pahami agar lo ga kesulitan atau salah pengertian ketika daftar. Salah satu aturan yang mesti lo pahami adalah aturan tentang kewilayahan dan perbedaan aturan pemilihan jurusan di SNMPTN dan SBMPTN.

Sebelumnya disarankan buat lo membaca dulu aturan SBMPTN dan aturan SNMPTN

Wilayah dalam SBMPTN

Pengertian Wilayah di SBMPTN

Wilayah adalah pembagian PTN-PTN oleh panitia SBMPTN sesuai dengan letak geografis dan persebaran PTN. Jadi dari beberapa puluh PTN di Indonesia yang mengikuti SBMPTN, dibagi lagi menjadi beberapa grup yang disebut wilayah.

Pembagian wilayah SBMPTN

  • Wilayah I terdiri dari PTN-PTN yang berada di daerah Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Banten, + Untan Pontianak
  • Wilayah II terdiri dari PTN-PTN yang berada di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta
  • Wilayah III terdiri dari PTN-PTN yang berada di daerah Jawa Timur, Kalimantan (kecuali Untan), Madura, Bali, NTT, NTB
  • Wilayah IV terdiri dari PTN-PTN yang berada di daerah Sulawesi, Maluku, dan Papua

Nah wilayah ini nanti akan berefek pada pemilihan jurusan. Dalam SBMPTN terdapat aturan:

Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.

Contoh:

  • Contoh 1: Naomi siswi SMAN 48 Jakarta. Pilihan jurusan SBMPTN Naomi yaitu FK-UI (wilayah I), Kimia UNS (wilayah II), dan Teknik Kimia ITS (wilayah III). Maka Naomi bisa tes di salah satu panlok di wilayah I, II atau III. Bisa di Malang, Yogya, Semarang, Medan, Lampung, Jakarta, Bandung ga harus seprovinsi dengan pilihan PTN atau asal sekolah / rumah Naomi.
  • Contoh 2: Ghaida siswi SMAN 5 Surabaya. Pilihan jurusan SBMPTN Ghaida yaitu FK-UI (wilayah I) dan FK UNPAD (wilayah I). Maka Ghaida cuma bisa tes di wilayah I karena pilihannya lebih dari 1 dan semua pilihan di wilayah I. Bisa di Jakarta, Bandung, Medan,  ga harus seprovinsi dengan pilihan PTN atau asal sekolah / rumah Ghaida.
  • Contoh 3: Stella siswi SMAN 1 Bandung. Pilihan jurusan SBMPTN Stella yaitu Kimia UGM (wilayah II) saja. Maka Stella bisa tes di semua kota penyelenggara ujian SBMPTN karena cuma memilih 1 pilihan, ga harus seprovinsi dengan pilihan PTN atau asal sekolah / rumah Stella.
  • Contoh 4: Frieska siswi SMK 1 Jakarta. Frieska hendak mengikuti ujian di Surabaya (Wilayah III), maka salah satu jurusan yang Frieska pilih harus terdapat PTN di wilayah III (tidak harus PTN di Surabaya, bisa PTN di Malang seperti UB, UM malang, atau UNUD, dll. yang penting wilayah III).




Aturan Pemilihan Jurusan di SNMPTN

Kalo SBMPTN mewajibkan peserta memilih salah satu pilihan di wilayah tempat dia tes, di SNMPTN mewajibkan siswa memilih salah satu pilihan seprovinsi dengan asal SMA.

Aturan pemilihan jurusan di SNMPTN

Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, . Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.

Apa beda aturan kewilayahan SNMPTN dan SBMPTN?

Banyak anak yang salah paham tentang pengertian wilayah di dua jalur seleksi ini. Maklum, karena sebelumnya aturan di SNMPTN seperti itu, banyak yang nganggep aturan di SBMPTN sama saja. Padahal beda banget. Tidak seperti SNMPTN, aturan wilayah SBMPTN memberimu keleluasaan lebih untuk memilih.

Berikut ini perbedaan aturan kewilayaan SNMPTN dan SBMPTN

SNMPTN
1. Cakupannya provinsi
2. Acuannya asal sekolah

 

SBMPTN
1. Cakupannya beberapa provinsi (wilayah)
2. Acuannya lokasi tes/panlok yang dipilih

Jadi SNMPTN acuannya sekolah dan tentu itu sudah given, artinya kalo lo sekolah di SMA di Surabaya, yaudah berarti apabila memilih 2 PTN di SNMPTN, maka salah satu pilihannya harus di jawa timur. Kalo di SBMPTN lebih longgar, di SBMPTN acuannya Panlok (kota tempat tes) yang kamu pilih. Jadi misal SMA di Surabaya, tetapi kamu milih Panlok Jakarta (wilayah I) maka apabila memilih lebih dari 1 jurusan, salah satu pilihan tersebut harus berada di wilayah I.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra


Tags


  • kalo misalkan saja begini,

    pilihan jurusan saya Teknik Informatika – UB, dan Teknik Material dan Metalurgi – ITS, kan dua-duanya wilayah 3 nih..
    kalo misalkan saya berdomisili di samarinda, apakah saya harus ke surabaya atau malang begitu?

  • kak saya mau daftar di panlok jakarta wilayah 1
    nah univ yang saya ambil tuh :
    1. UNJ : jurusan Akuntansi
    2.UPN Veteran Jakarta : jurusan akuntansi
    3. UNIV Singaperbangsa karawang : Jurusan Akuntansi

    semua ada disatu wilayah yaitu wilayah 1, dan saya juga pilih ke tiga univ jurusannya sama semua yaitu akuntan,karna saya minat sekali dengan jurusan itu.

    kira2 itu sah ga kak. katanya klo semua yg saya ambil dri wilayah 1 ya saya tesnya cuma dapet diwilayah 1 aj ga dapet wilayah lain betul ga kak.

    tolong bimbingannya

    • bantu jawab ya kak
      dari contoh 2 diatas udah jelas sama kayak persoalan kakak
      karena kakak cuma milih ptn yg di wilayah 1
      kalo misal kakak pengen tes di panlok wilayah 3 ya kakak harus milih salah satu ptn yang ada di wilayah 3.

  • Kak aku kan SMA cirebon (jabar). Sbmptn aku milihnya di unnes (jateng) dan upn yogyakarta. Tesnya dimana? di panlok brebes (jateng) bisa gak ka?

  • kak jadi tuh kalo misalnya aku dr jkt pilihannya nanti its its undip berarti nanti testnya antara di surabaya atau di semarang gt bukan sih maksudnya?

  • mau nanya. saya berada di MKS, saat pemilihan PTN di SBMPTN dan jika saya milih UNIBRAW – HI, UNHAS – HI, UINSA SURABAYA – HI itu boleh ga? siapapun mohon jawabannya ya

    • bantu jawab kak 🙂
      persoalan kakak udah dijelaskan di halaman website ini
      kakak boleh milih pilihan seperti yang kakak sebut diatas

  • kak,saya tinggal di jakarta. saya mau milih di sbm UNPAD psikologi, UNDIP gizi, UNDIP kesmas. bisa kan ya kak? oh iya itu urutannya sesuai sama prioritas kita atau gimana? siapapun tolong jawab yah, makasih 🙂

  • min, saya ingin tanya seputar sbmptn. disitu peraturannya harus membawa skhun sementara dengan cap sekolah dan foto berwarna, tetapi di skhun sementara saya fotonya tidak berwarna, apa saya tetap membawa skhun sementara atau surat keterangan lulus ? tolong jawabannya ya min, makasih

  • @alrFiann: @SekreSBMPTN saya ingn merubah prodi sy, jd saya harus membayar lg kan dr awal (Peserta snm) apakah sy daftr mnggunakan kap yg sm? Atau gmn?

  • siapapun yang baca tolong jawab pertanyaan saya ini yaa : saya telah memilih 3 pilihan di SBMPTN , pilihan 1 di unsri, pilihan 2 di unila, pilihan 3 di unsri juga, tapi saya memilih tempat test nya di Jakarta. Bagaimana solusinya tolong jawab saya karena besok hari terakhir pendaftarannya

  • min, saya kan di bpp kalimantan timur, kalo saya mau coba misalkan unmul (kalimantan), ITS, ama UB itu bisa ga min?
    kalo bisa, saya bsa tes di balikpapan gitu? trims

  • min mau nanya , saya kan sbmptn ambil di univ UB,ITS sama IPB , UB ITS (Wilayah 3) sedangkan IPB (Wilayah 1) , saya test nya di UB ITS atau IPB? atau bisa tests di wilayah 3 seperti Kalimantan( saya di balikpapan) , Bali , NTT , NTB , Dan Madura?

  • Kak saya kan daftar SBMPTN dengan ketiga jurusan semuanya ambil di IPB, sedangkan IPB berada di Panlok Bogor. Tetapi saya salah ga kalau ujiannya di Panlok Bandung ? Mohon jawabannya kak dan Makasih banyak kak

  • Saya kan asli medan dan mau ikut SBM lagi tapi ujiannya di Jogja. Tapi saya hanya mau ambil satu pilihan aja di usu,medan . Apakah saya bisa ujiannya di Jogja?

    • bantu jawab boleh?
      lokasi ujian yang kita pilih itu yang ada pilihan kita di wilayah tersebut
      misalkan, saya ambil UI berarti saya ikut test di wilayah 1 yang include Jakarta yang notabene nya satu wilayah dengan UI
      jadi kalo kaka mau masuk usu, ambil wilayah setempatnya aja ka..

  • Berarti milih 3 PTN boleh dong ya? kalau 3 PTN peluangnya kecil apa gede ?
    Bener gak sih kalau 3 PTN itu beda-beda nanti kampusnya nggak mau ngoreksi ?

  • kak, saya dari SMK di jateng mau ambil 2 jurusan di unair. dan mau ikut ujian sbmpt di wilayah sby. boleh kah itu ??? atau saya harus menambahkan 1 univ lagi yang se wilayah sama saya smk. plisss kak bales

  • kak kalau milih sbmptn lebih baik milih universitas asal kita atau diluar kak??
    trus lebih besar mana peluang kita lulus sbmptn diluar daerah atau di daerah asal kita???

  • Min, kan saya daftar 2 ptn di banten (wil1), nah panlok yg hrs saya pilih itu apa hrs dibanten jg atau di daerah manapun yg penting(wil1). Tolong bantu jawab

  • Assalamualaikum Kak mau nanya misal peserta itu dari sulawesi bisa nggak pilihan 1 itu FK. UI
    Terus pilihan 2 nya itu UNHAS
    Mohon tanggapannya kak

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Pengertian Wilayah di SBMPTN, Jangan Salah Mengartikan

    >