May 19

78 comments

Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN

Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN – Dalam postingan kali ini gue akan coba membahas tentang Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN. Seleksi Mandiri jenis ini merupakan salah satu dari beberapa jenis atau mekanisme seleksi mandiri PTN.

Mengacu pada PERMENRISTEKDIKTI Nomor 126 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Pada Perguruan Tinggi Negeri yang tercantum pada Pasal 12 (dua belas)  ayat 2 (dua) bahwa Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh masing-masing PTN menggunakan atau memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN yang difasilitasi oleh Panitia Pusat”.

Oleh karena itu, mulai tahun 2017 ini PTN-PTN banyak yang mengubah jalur seleksinya, dari tes tertulis menjadi tanpa tes memakai nilai SBMPTN. Meski begitu, pada kenyataannya masih ada beberapa PTN yang tetap mengadakan seleksi tertulis (bisa lo lihat di jadwal ujian mandiri berikut).

Sekilas tentang seleksi mandiri PTN

Seleksi mandiri merupakan salah satu jalur masuk PTN yang diselenggarakan sendiri oleh PTNnya. Jadi mekanisme maupun sistem seleksi dari seleksi mandiri diserahkan ke masing-masing PTN penyelenggara, sehingga tiap PTN bisa beda-beda.

Beberapa bentuk seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh PTN antara lain:

1. Tes

  • Ujian mandiri: seleksi melalui tes yang dilakukan oleh kampusnya sendiri (misalnya SIMAK UI, UTUL UGM, UTM IPB dll)
  • Ujian bersama: seleksi melalui tes secara bersama-sama oleh beberapa PTN (misalnya UMB PT)

2. Tanpa tes

  • Seleksi raport: seleksi tanpa tes melalui nilai raport (misalnya PBUB dan PBUTM UGM)
  • Seleksi melalui nilai SBMPTN (misalnya Unair, ITS, UB, UPN Jakarta, UNS)

Seleksi mandiri melalui nilai SBMPTN

Okay, dalam postingan ini akan khusus membahas tentang Seleksi melalui nilai SBMPTN. Seleksi melalui nilai SBMPTN merupakan seleksi tanpa tes dengan melihat nilai SBMPTN. Tentu saja karena melihat nilai SBMPTN, maka sebelumnya lo harus mengikuti SBMPTN 2017.

Setelah lo daftar, PTN penyelenggara seleksi mandiri akan meminta nilai SBMPTN mu ke panitia SBMPTN. Lalu dari nilai yang didapat dari panitia SBMPTN, nilaimu akan diranking bersama anak-anak yang memilih di jurusan yang sama. Jika setelah diranking lo masuk kuota diterima, maka lo akan lolos, jika tidak, maka ga lolos. Jadi setelah daftar, lo cenderung pasif, ga terlibat dalam proses input nilai SBMPTN, tinggal nunggu hasilnya saja.

seleksi-mandiri-nilai-sbmptn

PTN penyelenggara seleksi mandiri melalui nilai SBMPTN

Beberapa PTN yang sudah pasti memakai nilai SBMPTN di seleksi mandirinya antara lain Unair, ITS, UB, UPN Jakarta, UNS. Kemungkinan tahun depan lebih banyak lagi. Berikut ini jadwalnya:
[table id=3 /]

Ketentuan Umum

Ketentuan untuk mengikuti seleksi mandiri ini memang beda-beda, jadi sebaiknya lo pastiin ke masing-masing web di atas sesuai dengan PTN yang lo inginkan:

  • Mengikuti SBMPTN di tahun tersebut dan ga lolos. Apabila lolos, lo ga bisa daftar seleksi mandiri ini.
  • Mendaftar sesuai dengan pilihan jurusan di SBMPTN dulu. Apabila dulu lo daftar saintek, maka di seleksi ini lo cuma bisa daftar saintek, begitu pula sebaliknya. Namun apabila di SBMPTN lo ikut IPC / Campuran, maka di seleksi mandiri ini lo bisa daftar baik rumpun saintek, soshum atau campuran.
  • Lo ga mesti memilih PTN tersebut ketika SBMPTN. Apabila lo SBMPTN ga milih Unair, misalnya, maka lo tetep bisa daftar seleksi mandiri di Unair. Namun setau gue, persyaratan ini ga berlaku untuk Unsoed.

Keuntungan dan Kerugian Ujian Mandiri Memakai Nilai SBMPTN

Nah dengan banyaknya PTN yang menggunakan sistem di atas, keuntungannya, lo bisa set target lebih tinggi di SBMPTN. Selama ini banyak yang memilih pilihan kedua dan ketiga SBMPTN sebagai pilihan yang “aman”. Karena banyak yg khawatir ga bakal diterima seandainya nilainya jelek. Nah dengan banyaknya PTN yang memakai nilai SBMPTN di seleksi mandirinya, maka lo bisa set target yang tinggi, dengan asumsi apabila lo ga lolos di target jurusan yg tinggi tersebut, nilai lo masih bisa digunakan buat daftar di beberapa PTN yg ujian mandirinya memakai nilai SBMPTN tersebut. Asalkan nilai SBMPTN lo ga jeblok.

Trus keuntungan yang kedua, lo bisa daftar di beberapa PTN sekaligus, tanpa disibukkan oleh tes. Tinggal daftar, dan nunggu pengumuman aja. Jadi usahakan lo punya simpanan duit yang banyak apabila emang pengen daftar di beberapa PTN.

Nah kalo kerugiannya sih, menurut gue cuma satu dan itu penting banget. SEANDAINYA nilai SBMPTN lo jeblok, entah karena nervous pas hari H atau ada kendala lain, maka akan susah juga diterima di seleksi ini. Oleh karena itu usahakan buat mendapatkan nilai setinggi mungkin di SBMPTNnya.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Terkait nilai SBMPTN

Karena nilai SBMPTN ga dipublish alangkah baiknya lo bikin perkiraan nilai SBMPTN lo sesuai dengan kunci jawaban dari bimbel atau internet. Dari perkiraan tersebut, lo jadi punya gambaran, apakah sebaiknya, dengan perkiraan nilai SBMPTN lo, lo ikut seleksi mandiri jenis ini atau ga.

Terkait waktu pendaftaran

Apabila lo lihat di jadwal pendaftaran beberapa PTN di atas, terlihat bahwa pendaftaran seleksi mandiri tersebut sudah membuka pendaftaran sejak jauh-jauh hari sebelum pengumuman hasil SBMPTN. Apabila lo mendaftar sebelum pengumuman dan ternyata diterima di SBMPTN, maka otomatis seleksi mandiri mu tidak akan diproses dan uang pendaftarannya hangus. Jadi untuk menghindari hal tersebut, lo bisa mendaftar setelah pengumuman SBMPTN tanggal 13 Juni 2017.

 

=============================================================

Demikian pembahasan tentang Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN, terkait biaya kuliah jalur ini, silakan baca pembahasan di artikel Biaya Kuliah PTN berikut. Semoga bermanfaat.

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus

Penulis

Ari Candra Arista

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra


Tags

ITS, seleksi mandiri, UNS


  • Bg kalo misalnya data kita di SBMPTN itu salah .. otomatis tidak di proses juga . Nah bgaimna kita tau data SBMPTN kita itu benar

    • Pilihan prodi boleh beda. Sebelumnya juga ga harus di SBMPTNnya milih PTN tersebut, yg penting ikut SBMPTN

  • Kalau semisal ikut di UNS salah ambil prodi kan tidak bisa diganti, kalau daftar lagi terus bayar lagi gimana?

  • Kalo lulus sbmptn di univ A, trus ikut um univ lain gimana, kaya uns gitu? Kalo kita ikut um di univ A lg gimana ya? Makasii

  • Mas ari, saya mau bertanya… jika saya di sbmptn sudah diterima dan saya ingin mendaftar jalur mandiri yang menggunakan nilai sbmptn sperti UNS dan ITS… apakah pendaftarannya akan hangus?

  • Mas ari, saya mau bertanya… jika saya di sbmptn sudah diterima dan saya ingin mendaftar jalur mandiri yang menggunakan nilai sbmptn sperti UNS dan ITS… apakah pendaftarannya akan hangus?

  • Mau tanya kalo UNS kan emang ada ketentuannya yg tidak lolos sbmptn kalo its apa juga ada ketentuan selerti itu ?

    • Nilai mati sendiri masih jadi misteri apakah ada atau enggak. Mending coba kamu cocokkan jawabanmu dengan kunci2 jawaban yang beredar di internet, kalo nilainya ga ancur2 banget, ga ada salahnya dicoba daftar 🙂

  • Mas ary saya mau nanya kan saya lulus sbm tuh,tapi saya mau ikut lagi tes mandiri dengan prodi berbeda apakan bisa ? Mohon dijawab mas trimakasih

    • Kalo ikut mandiri yang memakai tes gpp, seperti UM UB, UM UNAIR, UNJ, dll.

      Kalo ikut mandiri yang memakai nilai SBMPTN, seperti UNS dan ITS, ga boleh.

      Untuk prodi ga masalah sama atau beda

  • Kak kasih penjelasan dong…
    Saya kan sudah lulus sbmptn, tapi ortu nyuruh ikut mandiri yg ini lagi kak. Gimana cara jelasin ke ortu kalo yg udh lulus ga bisa ikut lagi…
    Dan apa sih dampaknya kalo kita ikut padahal udah lulus sbmptn?
    Makasih kak 🙂

    • Kalo ikut mandiri yang memakai tes gpp, seperti UM UB, UM UNAIR, UNJ, dll.

      Kalo ikut mandiri yang memakai nilai SBMPTN, seperti UNS dan ITS, ga boleh

  • Maaf mau tanya, kalo mau daftar harus sesuai soshum ya soshum, atau boleh dulu sbmptn soshum tapi mau daftar yg prodi saintek?

    • Ga bisa tau sih, tapi dikira-kira aja dengan mencocokan dengan kunci (biasanya di bimbel atau internet ada)

  • kak kalau misalnya kita keterima di salah satu pilihan sbmptn tapi ga kita ambil, terus daftar mandiri yg pakai nilai sbm ini bisa atau ngga kakk?

  • Kak kalau ikut SM unair kan pendaftarannya tutup sebelum SBM keluar, ngaruh gak kak kalau kita ikut mandiri unair sebelum hasil SBM keluar? Misalnya ngaruh ke hasil SBM?

  • Mas.. Mau nanya.. Apa kita bisa melihat atau cek nilai hasil SBMPTN kita pribadi.? Kalau bisa tolong beritahu saya apa webside nya..
    @TOLING DI BALAS SECEPATNYA..

  • Mas, kan saya pas sbm daftarnya ke uns jurusan arsitektur, ga keterima kan. Nah apa masih mungkin keterima lewat jalur mandiri kalo saya daftar lagi ke uns jurusan arsitektur?

  • Semisal ucok lulus sbmptN, tetapi dia ingin ikut um, Tetapi jika tidak lulus um dia akan tetap ambil jurusan yg lulus sbmptn, bisa atau tidak ?

    • Tergantung batas registrasi udah kelewat batas atau belum. Misal udah registrasi yg lo udah keterima sbmptn, dan masih ikut um (yang pake tes tulis/prestasi) tapi dinyatakan ga lolos, ya lo bisa balik lagi ngambil jurusan yg udah diterima di sbmptn

  • Jadi kalau sudah keterima di SBMPTN otomatis ga bisa ikut ujian mandiri yang pakai skor sbm ya?? Info resmi atau bukan min??

  • Adek saya lolos sbmptn, tapi mau coba jalur mandiri tertulis. Itu masih tetep bisa kan? Terus kalo ga diterima, apa jurusan yg lolos sbmnya bisa gugur?

    • gak tau sih kak, tapi masa adek kakak mau batalin/coba madiri kan udah lulus sbmptn …kasihan yang gak lulus padahal pengen banget lulus sbmptn…termasuk saya gak lolos sbmptn padahal pegen banget, adek kakak lulus mau nyia-nyiain gitu… coba pikir-pikir lagi deh

    • Kalo yang mandiri tes, tetep bisa kok. Kalo SBMPTN yang penting ikut daftar ulang nya aja, abis daftar ulang resmi jadi mahasiswa

  • apa peraturan kalo yg sdh lolos sbm pasti gugur di seleksi mandiri unair dan ub itu resmi? soalnya di persyaratan pendaftarannya tidak tertera, dan kalo memang yg sdh lulus gk terhitung seharusnya dicantumkan supaya org2 gk rugi bayar biaya pendaftarannya

  • kak saya mau tanya nih , univ apa aja ya yang daftar nya memakai nilai sbmptn , mohon jawaban nya kak

  • saya heran entah kenapa sudah lulus sbmptn tapi pada gak mau registrasi ulang/coba jalur mandiri, ini semua udah lulus gak ada syukurnya deh, udah di lulusin mala di sia-siakan….kan kasihan yg gak lolos pengen banget lulus, lah ini yng lulus gak mau registra ulang, apa susahnya sih registr ulang. saya yg gak lulus pengen banget….. eh yg lulus pada mau di sia-siakan

  • Min seandainya UM di terima dan tidak di ambil / daftar ulang , apakah berpengaruh terhadap sekolah asal atau kt sendiri / tdk berpengaruh sama sekali? Mengingat daftar UM bukan di satu univ saja
    -terimakasih

  • kak, jadi boleh ya ikut jalur mandiri di beberapa universitas, tergantung tanggal yang di tentuin di universitas tsb?

  • Ini adek saya gak ikut SBM di tahun ini, terus dia ingin ikut SMM, jadi klo univ gak pakai ujian melaikan nilai dari hasil SBM, bagaiMana degan calon mahasiswa yang tidak ikut SBM otomatis dia Kan tidak memiliki nilai tes di SBM

  • Kak sepupu saya lolos SNMPTN pilihan ke 3, tapi ia ingin ikut seleksi mandiri yang ia inginkan pada pilihan pertamanya apakah bisa?

  • ka boleh ngga daftar seleksi mandiri tapi sbmptnnya belum di nyatakan lolos istilahnya mau double tapi jalur daftarnya sama sama ambil blangko dari bidikmisi apakah sbmptn tidak di batlkan?

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Seleksi Mandiri dengan Memakai Nilai SBMPTN

    >