• Home
  • /
  • Blog
  • /
  • Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS?

Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS?

lintas jurusan SNMPTN

Data Nilai Raport Siswa yang Diterima SNMPTNLintas Jurusan SNMPTN – Satu hal yang sebaiknya lo lakuin sebelum dibukanya pendaftaran SNMPTN, bahkan sejak jauh-jauh hari, adalah menentukan jurusan kuliah. Memilih jurusan memang ga mudah dan memang butuh waktu. Namun saat ini gue yakin setidaknya lo pasti sudah ada bayangan/angan-angan beberapa pilihan jurusan yang menjadi kandidat yang akan lo pilih nanti.

Setelah lo menemukan jurusan yang lo inginkan, bukan berarti perkara selesai. Lo mesti menyesuaikan pilihan jurusan lo dengan salah satu peraturan SNMPTN yaitu lintas jurusan.

Apa sih lintas jurusan itu?

 

Pembagian Jurusan di SNMPTN

Setiap PTN menawarkan jumlah jurusan yang berbeda-beda di SNMPTN. Pada SNMPTN tahun 2015 kemarin, UIN Walisongo menawarkan 5 jurusan sekaligus menjadi PTN dengan jumlah jurusan paling sedikit di SNMPTN. Sedangkan jumlah terbanyak dimiliki oleh UPI yang menawarkan 74 jurusan. PTN-PTN lain berada di antara kedua angka tersebut.

Nah dari sekian banyak jurusan tersebut, setiap PTN membaginya menjadi 2 kategori jurusan: IPA dan IPS. Kategori IPA pada umumnya berisi jurusan jurusan kelompok sains dan teknologi, seperti kedokteran, teknik, MIPA, dll. Sedangkan kategori IPS pada umumnya berisi jurusan-jurusan kelompok ilmu sosial dan humaniora seperti ekonomi, komunikasi, hukum, termasuk bahasa dan sastra masuk kategori IPS. Namun begitu, pengelompokan ini nanti bisa jadi berbeda tiap PTN. Misal di jurusan Psikologi, PTN pada umumnya memasukan jurusan Psikologi dalam kategori jurusan IPS, namun beberapa PTN seperti Unpad, UNS, dan Unand memasukan Psikologi dalam kelompok IPA. Contoh lain misalnya di IPB, IPB memasukkan semua jurusannya dalam kelompok IPA, termasuk Manajemen, Bisnis dan Ekonomi Syariah, yang pada umumnya dikelompokkan dalam kategori IPS. Lo bisa mengecek kelompok jurusan di website SNMPTN berikut.

Jadi jurusan yang lo inginkan masuk kategori IPA atau IPS?
[myad]

Bolehkah Lintas Jurusan di SNMPTN?

Setelah lo mengetahui apakah jurusanmu masuk kategori IPA atau IPS, tinggal cocokan dengan jurusan sekolahmu. Kalo jurusan SMAmu sama dengan jurusan SNMPTN yang lo inginkan, berarti ya sejurusan. Kalo beda, misal lo SMA IPA tapi jurusan SNMPTN yang lo inginkan IPS, berarti hal tersebut termasuk lintas jurusan.

Nah balik lagi ke pertanyaan awal, boleh ga sih lintas jurusan di SNMPTN? Jawaban atas pertanyaan tersebut: tergantung. Panitia SNMPTN menyerahkan sepenuhnya aturan mengenai lintas jurusan ini ke PTN, jadi boleh tidaknya tergantung kebijakan masing-masing PTN. Setiap jurusan dalam setiap PTN akan memberikan keterangan berupa Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini. Jadi berdasarkan keterangan tersebut, lo bisa menentukan apakah jurusan sekolahmu sekarang, bisa mendaftar di jurusan PTN tersebut.

Oke biar ada gambaran, disini gue kasih contoh realnya aja, sebagai contoh gue pake Ilmu Komunikasi UNPAD (IPS) dan Farmasi UGM (IPA).

[su_box title=”Disclaimer” box_color=”#e9b1b1″]Data yang disajikan disini adalah data penerimaan SNMPTN sampai dengan tahun 2014. Untuk data tahun 2015 saat ini belum tersedia.[/su_box]

Ilmu Komunikasi UNPAD1. Ilmu Komunikasi UNPAD. Jurusan Ilmu Komunikasi UNPAD termasuk dalam jurusan kategori IPS, namun apabila lo melihat kolom Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini, yang boleh memilih jurusan ini bukan hanya anak IPS aja, tapi boleh juga IPA dan SMK yang jurusannya relevan dengan ilmu komunikasi (misalnya SMK multimedia, pertelevisian, dll)

Farmasi UGM2. Farmasi UGM. Jurusan Farmasi UGM termasuk dalam kategori IPA, namun apabila lo melihat kolom Daftar Jurusan yang Dapat Memilih Program Ini yang boleh memilih jurusan ini bukan hanya anak IPA aja, tapi boleh juga SMK yang jurusannya relevan dengan farmasi (misalnya SMK farmasi, atau jurusan kesehatan lain). Jurusan IPS tidak bisa mendaftar di Jurusan Farmasi UGM.

Setiap kampus berbeda perlakuan tiap-tiap jurusan, jadi misal aturan untuk jurusan Farmasi UGM mungkin beda dengan Farmasi UI, mungkin juga beda lagi dengan Farmasi Unair. Begitu pula Ilmu Komunikasi Unpad, mungkin beda aturan dengan Ilmu Komunikasi di PTN lain. Pada dasarnya lintas jurusan itu ga cuma dari yang SMAnya IPA trus pas SNMPTN milih jurusan IPS, bisa saja sebaliknya, dari IPS ke IPA, namun memang kasus yang kedua lebih sedikit persentasenya. Lo bisa melihat-lihat jurusan lain sekaligus apakah jurusan yang lo inginkan menerima lintas jurusan di website SNMPTN berikut.

 

Bagaimana Peluang SNMPTN Lintas Jurusan

Ngomongin peluang di SNMPTN sama aja kayak ngomongin sesuatu yang ga jelas. Pertama karena seleksinya tertutup, kedua karena peluang tiap sekolah juga berbeda-beda. Namun begitu kita bisa mengawang-awang apakah peluang bagi siswa yang ingin lintas jurusan itu gede atau tidak dari data Sebaran Siswa Diterima SNMPTN di masing-masing jurusan PTN.

akuntansi-uiPertama contoh disamping adalah Sebaran Siswa Diterima di SNMPTN Akuntansi UI. Dari data tersebut bisa lo lihat bahwa pada tahun 2014, dari 73 anak yang diterima di Akuntansi UI, 15 anak diantaranya atau 20% diantaranya berasal dari jurusan IPA. Jika lo bandingkan pada tahun 2013, bisa lo lihat bahwa persentase siswa IPA yang diterima adalah 24% dan pada tahun 2012 angkanya cukup tinggi yaitu 30%.

Dari sini lo bisa mengawang-ngawang peluang anak IPA diterima di akuntansi UI. Termasuk tinggi atau tidak? Ya relatif, apabila ga lo bandingkan dengan kampus lain.

akuntansi-unjSekarang mari kita bandingkan dengan Akuntansi UNJ. Dari data tersebut bisa lo lihat bahwa pada tahun 2014, dari 40 anak yang diterima di Akuntansi UNJ, 3 anak diantaranya atau 7,5% diantaranya berasal dari jurusan IPA. Jika lo bandingkan pada tahun 2013, bisa lo lihat bahwa persentase siswa IPA yang diterima adalah 16,7%. Sedangkan pada tahun 2012 Akuntansi UNJ tidak menerima anak yang berasal dari jurusan IPA.

akuntansi-unairNah sekarang gue kasih angka yang agak ekstrim ya. Di Akuntansi Unair, bisa lo lihat sebagaimana data disamping, terlihat bahwa peluang siswa diterima yang berasal dari jurusan IPS sama tingginya dengan yang berasal dari jurusan IPA. Bahkan pada tahun 2014, jurusan IPA lebih mendominasi dengan 57% penerimaan dari total kuota 175 kursi. Tahun 2013 juga relatif tinggi dengan 48% dari total penerimaan.

Jadi untuk bisa menilai seberapa welcome sih PTN terhadap siswa lintas jurusan, lo bisa menganalisis dengan melihat data Sebaran Siswa Diterima seperti yang gue contohkan di atas. Lo bisa mencari-cari sendiri jurusan yang lo inginkan di website SNMPTN berikut.

Nah udah bisa melihat-lihat sendiri kan?

Hal di atas cuma sedikit dari banyak faktor penilaian SNMPTN lain yang mesti lo perhatikan juga.

=======================================================

Oke demikian penjelasan singkat tentang Lintas Jurusan SNMPTN. Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan tentang lintas jurusan SNMPTN, bisa lo tulis di comment section di bawah. 🙂

Bacaan selanjutnya:

Follow social media Halo Kampus untuk mendapatkan informasi dan insights seputar pendidikan, kampus, dan pengembangan diri:
- Instagram halokampus
- Twitter halokampus


About the Author

Ari adalah alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Tahun 2011 spesialisasi Akuntansi Pemerintahan. Follow Instagram Ari di @aricandra | Twitter: @aricandra

Ari Candra Arista


Tags

Lintas jurusan, lintas jurusan SNMPTN, lintas jurusan ugm, lintas jurusan ui, lintas jurusan unair, lintas jurusan unpad, SNMPTN


  • kak kalo upn itu sudah masuk ptn baru, tapi dia gk ada di daftar ptn lintas jurusan brrti dia gk buka snmptn utk lintas jurusan ya kak ?

    • UPN tahun 2015 memang belum ikut SNMPTN, jadi datanya memang belum ada, tunggu aja nanti pas pendaftaran SNMPTN 2016 dibuka 🙂

  • kalo saya baru penjurusan kelas 2 maka yang diambil nilai semester berapa ya?
    terus saya jurusan ipa ingin ngambil ekonomi pembangunan usu tapi saya memiliki sertifikat olimpiade ekonomi tk nasional itu bagaimana?

  • mau nanya dong, saya kan anak IPA, nanti pas undangan ato SBMTPN bisa gak saya milih jurusan IPS? saya matokin Sastra Jepang dan Antropologi soalnya

    • Bantu jawab, ini aku ambil dr contoh kaka tingkat aku, jd dia tu kan sekolah sebelumnya k13 nah sekolah ku itu ktsp,dia pindah kesekolah ku pas aku kelas 10 dan dia kls 11. Jd pas diakhir dia baru ngecek kalo ada nilai mapel kelas 10 dia yg kosong (kayak tik ada di ktsp tp k13 gaada) jd dia gabisa gt, jd kalo siswa pindahan aplg beda kurikulum, harus dipersiapin mateng2 buat bisa snmptn. tp gatau juga kalo misal kebijakan masing2 ptn gitu.

      • Hmm… sumber yg saya dapatkan berbeda2 kak. Lembaga bimbel X mengatakan lintas jurusan snmptn harus memilih 1 jenis jurusan saja (misal ingin IPS, pilih IPS semua). Tetapi lembaga bimbel Y mengatakan bahwa yg lintas jurusan harus memilih prodi yg sesuai jurusan awalnya (misal saya dr IPA dan ingin lintas jurusan, berarti saya HARUS memilih prodi IPA juga)

      • Ah ga juga dek. Temen sekelasku (aku dulu ipa), dia snmptn pilihan 1 fk (jelas ya ini ipa), terus pil ke 2 nya pend. sejarah (notabene ini ips), dia malah dapet yang pilihan kedua…

      • Hmm… sumber yg saya dapatkan berbeda2 kak. Lembaga bimbel X mengatakan lintas jurusan snmptn harus memilih 1 jenis jurusan saja (misal ingin IPS, pilih IPS semua). Tetapi lembaga bimbel Y mengatakan bahwa yg lintas jurusan harus memilih prodi yg sesuai jurusan awalnya (misal saya dr IPA dan ingin lintas jurusan, berarti saya HARUS memilih prodi IPA juga)..

      • Saya misalkan aja ya, kak. Di snmptn saya akan lintas jurusan. Lalu saya akan memilih pilihan: 1. Psikologi 2. Sumber daya perairan
        Lembaga bimbel X mengatakan bahwa jika ingin lintas jurusan ke ips, maka tidak boleh memilih prodi ipa. Jadi, saya tdk boleh memilih sumber daya perairan.
        Sementara, lembaga bimbel Y mengatakan bahwa jika ingin lintas jurusan ke ips, maka saya harus memilih 2 atau 3 pilihan yg mencakup prodi ipa dan ips.

  • Kak cara baca yg peluang dan persentase siswa ipa/ips yg keterima disuatu jurusan itu dibag mana website nya?-_- ko gaada ya?

  • Bagi anak-anak usia sekolah (SMA) tentu belum mengetahui dunia kerja itu seperti apa.
    Saya sudah merambah dunia kerja 21 tahun lamanya shg tahu seluk beluknya.
    Berikut yang saya alami :

    1. Lulusan teknik sulit cari kerja lagi jika kena PHK (walaupun S1). Rata-rata perusahaan beralasan bahwa usia makin tua (diatas 40 tahunan) tidak produktif lagi kerja lapangan.

    2. Pekerjaan tenik terlalu banyak resiko (kec kerja, sikut-sikutan, rebutan proyek lebur dll) sehingga suasana kerja menjadi kurang nyaman.

    3. Lulusan teknik sulit masuk blok kantor (manajemen) karena dianggap tidak bisa ngurusi masalah ekonomi (padahal banyak rekan kerja lulusan teknik justru paham accounting).

    4. Jika kena PHK dan melamar kerjadi tempat lain yang dilihat hanyalah ijazahnya saja (tanpa mempedulikan pengalaman sebelumnya (padahal sejak kerja awal tdk pernah berurusan dengan teknik). Contohnya saya (lulusan teknik elektro yang sejak awal kerja justru mengurusi manajemen gudang).

    Setelah PHK yang didapat malah maintenance electrical (katanya sesuai ijazah lulusan electro) sehingga nggak saya jalani. Tetapi alhamdulillah dapat kerja lagi di bagian yang sama dengan sebelumnya (Acc Inventory) tetapi perusahaan kecil dengan gaji yang jauh dari memadai

    5. Banyak lulusan teknik korban PHK sekarang jadi tukang ojek, PK5, jualan bakso, bubur ayam, sopir truk ekspidisi dll karena seperti point 1

    Nah dari beberapa contoh di atas bisa menjadi gambaran kenapa anak SMA IPA malah memilih IPS khususnya akuntansi? Bisa jadi dari pengalaman orang tuanya dulu (termasuk saya). Sekarang ini saya mengarahkan anak saya untuk lintas jurusan ke IPS Karena para korban PHK yang lulusan ekonomi (akuntansi,manajemen) ternyata lebih mudah menadpatkan kerja dengan bidang sama dengan pekerjaan sebelumnya.

    Pengecualian : Lulusan teknik tetapi saat pertama kali kerja ditempatkan pada bagian yang berbau ekonomi (purchase, acc inventory) mungkin masih lebih mudah cari kerja lagi jika PHK. Tetapi ini kemungkinannya kecil. Bisa jadi dari 100 lulusan teknik (Mesin, electro, metalurgi) yang beruntuk dapat posisi tsb hanyalah 10 orang

  • Kak PTN2 yang memasukkan psikologi ke jurusan IPA nantinya pas seleksi yang diujikan IPA apa IPS atau malah keduanya? secara psikologi itu lahannya anak IPS

  • kak cek data penerimaan snmptn yang dr jurusan ipa masuk ke jurusan ips buka dmn ya? minta link lengkapnya boleh nggak

  • Kak saya mau nanya. Saya lintas jurusan dari IPA ke IPS. Soalnya mau ngambil Ilmu Komunikasi. Ngomongin sertifikat, kira2 sertifikat penyiar radio dan sertifikat reporter saya berpengaruh gak kak pas penilaian SNMPTN nanti?

  • Kak mau nanya. Aku IPA dan pengen banget ambil sastra inggris di UGM. Otomatis aku harus lintas jurusan. Tp sertifikat debat bhs inggris sbg The Best speaker dan sertifikat english course bisa membantu nilai aku ga kak?.

  • Kak saya sewaktu di SMA mengambil jurusan bahasa. apakah jurusan bahasa termasuk rumpun soshum? dan bisa mengambil jurusan ips di jalur snmptn.. mohon jawabannya .. terima kasih ka

    • Tergantung PTN kalo Jurusan SMA nya Bahasa, bisa jadi di univ sini gk bisa di sana bisa, jadi intinya tergantung sana PTN nya mbak

  • {"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

    Lintas Jurusan SNMPTN, Bolehkah Anak IPA Daftar Jurusan IPS?

    >